21.7.16

Intip Berapa Biaya Lamaran / Khitbah / Pinangan / Tunangan

Intip Berapa Biaya Lamaran / Khitbah / Pinangan / Tunangan

Nah, Alhamdulillah saya selalu antusias menulis perihal pernik pernikahan. Semoga bermanfaat bagi sidang pembaca sekalian. Jua akhirnya meriah keberkahan bagi kita semua.

Lamaran atau Khitbah atau tunangan atau barisan, dll, merupakan salah satu rangkaian pra nikah. Ini bagian penting, tahap yang tak boleh terlewatkan. Inti dari kegiatan ini adalah menanyakan apakah si wanita masih singel atau sudah dikhitbah orang lain. Jika sudah ya wassalam. Jika belum tinggal ditanya ketersediaannya dinikahi atau tidak.

Saran saya sih sebelum Khitbah cari info dulu. Nelangsa amat kalau sudah repot-repot lamaran eh dianya sudah dipinang orang lain. Sudah cape-cape datang eh nyatanya si dia gak mau dinikahi. Berabe toh.
Baik, itu tadi pembuka. Sebelum inti ke masalah pembiayaan berapa biaya Pinangan atau Khitbah, mari kita bahas dulu susunan acaranya.
Pertama biasanya adalah pembukaan
Lantas berikutnya adalah penguasaan maksud dari tamu / rombongan yang akan melamar
Ketiga jawaban atau penerimaan dari yang dilamar
Keempat semacam simbolis lamaran, pengikat, misal pemberian cincin
Kelima doa
Keenam tutup

Selepas itu acara lain-lain. Makan-makan, ramah tamah, dll. Dalam acara lain-lain itu juga biasanya rundingan perihal waktu /tanggal yang tepat. Termasuk kalau sempat konsep resepsi, dll.

Baik, sekarang mari kita intip berapa biaya lamaran / pinangan / khitbah / tunangan

Sebenarnya sih saya gak bisa pastikan berapa berapa nya, lha wong itu mah tergantung konsep acara. Kalau banyak orang biayanya ya besar. Kalau sedikit dan sederhana ya murah. Pada kesempatan ini kita berkaca saja pada biaya khitbah kami. Pertengahan lah.

Inilah hasil intipan berapa biaya lamaran
A. Biaya Hantaran
Kita ngelamar biasanya sambil bawa sesuatu. Budaya timur memang demikian. Apa yang dibawa? Bermacam-macam, mulai dari beras, kue2, pakaian, makanan, dll. Harganya? Ya relatif lah. Namun hitungan biaya satu juta sudah terbilang mantap.

B. Biaya Pembelian Tanda Mata
Biasanya sih cincin. Bisa satu atau sepasang. Harga tentu tergantung kuantitas dan kualitas nya.
Emas dua gram, 500.000 an juga sudah oke juga.

C. Biaya Subsidi
Subsidi maksudnya membantu pembiayaan acara di rumah calon istri. Ya biaya bantu suguh lah. Kan kita ke sana juga pasti disuguhi. Subsidi besarnya yang tergantung. Kalau saya dulu Rp1.000.000.

D. Biaya Akomodasi
Maksudnya biaya transportasi dari rumah kita ke rumah yang akan dilamar. Ini tergantung jauh dekat dan berapa orang yang diajak. Taruhlah jarak menengah. Habis Rp 500.000 misal.

Total hasil intip biaya tunangan standar menengah adalah Rp3.000.000
Sekali lagi ini tergantung sikon lho.

Oya satu lagi, rumah cewek yang dilamar juga pasti harus keluar biaya. Salah satunya biaya makan dan suguh / kudapan. 1.000.000 habislah. Kemudian biaya petugas acara, mc dll, 150.000 habis lah. Kalau keluarga sih bisa gratis.

Nah kami berharap artikel ini membantu minimal sebagai gambaran awal. Gak mutlak benar memang namu. Semoga bermanfaat.

Oya, bantu share ya, siapa tahu ada temanmu juga yang perlu.

Demikian artikel intip berapa biaya lamaran khitbah tunangan pinangan.

Info CPNS PPPK 2019 & Pelajaran Bahasa Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...