CONTOH PROPOSAL RENCANA USAHA KERIPIK TALAS
KERIPIK
TALAS
Diajukan
untuk memenuhi tugas pelajaran Bahasa Indonesia
Disusun
oleh:
1.
Kusniati
2.
Vera Rosalinda
Diolah
dari berbagai sumber, maaf jika kurang berkenan. Izin publikasi telah diberikan
pada
Prito
Windiato
SMK
MUHAMMADIYAH MAJENANG
Jalan
Raya Padangjaya No. 261
TAHUN
PELAJARAN 2014/2015
Kata
Pengantar
Alhamdulillah
segala puji kita panjatkan kepada Allah atas nikmat yang tak terhingga. Kami
telah berusaha dengan kemampuan, tenaga, waktu, dan pikiran guna menghasilkan
karya tulis ini dalam rangka meningkatkan daya serap atau pemahaman mata
pelajaran, khususnya pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuannya agar kami lebih mengutamakan konsep ilmu yang
diberikan karena hal tersebut merupakan masalah utama dalam proses belajar.
Berbagai
informasi dan referensi telah kami baca guna menunjang penulisan proposal rencana
usaha yang lebih mendalam bagi siswa siswi.
Semoga
proposal sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca yang ingin
terus mendalami bidang keilmuannya. Kami senantiasa menanti saran dan masukan
demi perbaikan di masa dtang. Selamat belajar semoga Allah SWT meridhoi kita
semua. Aminnn
Dayeuhluhur, 17 Mei 2015
Daftar
Isi
Kata
Pengantar ..................................................................................................i
Daftar
Isi .............................................................................................................ii
Bab
I Pendahuluan ...........................................................................................iii
1.1
Latar Belakang Masalah ........................................................................1
1.2
Rumusan Masalah .................................................................................2
1.3
Tujuan Penyusunan Proposal
................................................................3
Bab
II Pembahasan ..........................................................................................iv
2.1
Analisis SWOT ....................................................................................4
2.2 Perencanaan Usaha
...............................................................................5
Bab
III Simpulan ...............................................................................................v
Bab
I
Pendahuluan
1.1 Latar Belakang Masalah
Di
zaman moderng ini kita memasuki era globalisasi
yang menawarkan banyak hal-hal yang
instan, tidak terkecuali makanan. Proses yang instan inilah yang cenderung
menurunkan kualitas makanan. Meski begitu menjamurnya makanan-makanan instan
menyebabkan beberapa makanan tradisional sering terabaikan dan menurun
jumlahnya di pasaran. Pada gilirannya hal tersebut menyebabkan para pembuat
makanan tradisional merugi.
Ketatnya persaingan di pasar makanan
tidak menyurutkan langkah kami guna mencoba memproduksi suatu makanan tradisional
yang tidak kalah menarik dengan makanan instan. Tentunya dengan harapan mampu
bersaing dalam pasar makanan. Produk tersebut adalah “keripik talas”.
Jenis
usaha yang akan kami jalankan ini akan kami modifikasi dari segi bentuk maupun
rasa sehingga mampu menghasilkan makanan yang berkualitas dan menarik. Adapun produk
makanan ini kami beri nama “KERIPIK TALAS SEDAP”.
1.2 Visi Usaha
Visi usaha kami yakni memperkenalkan
dan mempertahankan kualitas produk makanan Indonesia “keripik talas” sehingga
mampu menjadi makanan yang berkualitas, menarik dan diterima oleh kalangan
masyarakat sebagai makanan cepat saji atau cemilan.
1.3 Misi Usaha
Adapun misi yang coba kami terapkan adalah :
·
Memperkenalkan
produk pada masyarakat luas
·
Memberikan
kepuasan pada pelanggan
·
Memanfaatkan
bahan baku utama, talas sehingga menjadi makanan yang berkualitas
·
Mencari
keuntungan dari modal yang kecil
·
Selain ingin
mendapatkan keuntungan kami ingin mendapatkan berkah dalam usaha ini dengan
moto “berbisnis juga beramal”.
1.4
Analisis Peluang Usaha
Semua proses produksi telah dilakukan,
dari mulai pemilihan talas yang baik sampai kepada packing, kemudian yang akan kami lakukan yaitu mencari peluang
usaha. Dalam memulai usaha apapun, maka yang harus diketahui adalah peluang
pasar yang dapat menerima produk kami ini. Peluang usaha sudah merupakan kunci
penting dalam proses pemasaran karena pemasaran akan berjalan dengan lancar
apabila sudah mendapatkan peluang usaha yang kita inginkan.
Sistem pemasaran kami akan mampu
menganalisis keunggulan dan kelemahan pesaing kami dan sejauh mana kemampuan kami
untuk bersaing dengan mereka dalam segala aspek, baik itu dari sisi harga, pelayanan
maupun kualitas yang kami berikan kepada para konsumen. Kami akan mensurvei dan
meneliti pesaing-pesaing kami bagaimana caranya membuat keripik talas ini agar
berbeda dengan keripik talas lainnya yang sudah beredar di pasaran. Bukan hanya
rasanya saja yang berbeda namun kami akan membuat keripik talas ini berbeda
dari segi packing, dan cara
pemasarannya juga, yang pasti akan lebih unik dari pada yang lainnya, dengan
seperti itu para konsumen tidak akan mengalami yang namanya kejenuhan dalam
mengonsumsi makanan ini.
Kami akan menjual keripik talas ini di tempat yang cukup ramai, yang
banyak dikenal dan dilalui banyak orang, dengan seperti itu maka keripik kami
ini akan lebih cepat dikenal banyak lapisan masyarakat.
1.5
Marketing Mix (Bauran Pemasaran)
Dilihat dari promosi makanan yang cepat
laku adalah pada tempt ramai seperti pasar, sekolah, kampus, kantor, itu adalah
tempat yang paling strategis untuk mempromosikan barang dagangan. Berikut ini
ada beberapa cara promosi makanan yang akan kami lakukan :
1. Pertama
adalah lewat brosur, plakat, atau spanduk. Cara ini cukup efektif untuk
memperkenalkan makanan yang kami jual, biasanya makanan sampai dikonsumen
melalui pesan antar atau sering disebut delivery.
2. Direct selling. Melalui
penjualan langsung, cara ini lumayan efektif karena langsung bertemu dengan
pembelinya dan bisa langsung promosikan makanan yang dijual.
3. Melalui
internet cara ini semoga saja efektif walau tak semua orang memakai internet. Tapi cara ini cukup memberikan informasi yang
lebih kepada orang karena saat ini orang banyak membuka internet seperti
facebook, twitter, yahoo, BBM, dan lain-lain, tak ada salahnya bila dicoba.
4. Melalui
iklan radio, cara ini cukup lumayan walau tak ada gambar visual yang dapat
terlihat tapi setidaknya pesannya dapat tersampaikan kepada masyarakat.
Bab II
Pembahasan
2.1 Analisis
SWOT :
1. Kekuatan
:
·
Harga kripik
talas ini cukup terjangkau oleh kalangan masyarakat
·
Kualitas dari
kripik talas ini sangat terjamin, karena dalam proses pembuatannya diutamakan
kebersihan dan sesuai standar kesehatan
·
Rasa yang bervariasi
memancing minat pembeli
·
Keripik talas
dapat menjadi salah satu alternatif makanan ringan yang praktis dan hemat
2. Kelemahan
:
·
Talas masih
dipandang sebelah mata dan tidak banyak orang yang mengenal, sehingga diperlukan
promosi yang masif
·
Minimnya modal
untuk tenaga kerja sehingga bahan yang diproduksi kurang banyak
·
Bahan baku
kripik talas yang mudah rusak
·
Kripik talas
akan mudah rusak jika penyimpanan yang dilakukan sembarangan atau di tumpuk
3. Peluang
:
·
Kondisi
masyarakat yang semakin konsumtif sehingga mempermudah kami untuk memasarkan
produk
·
Permintaan pasar
yang semakin meningkat, Banyak diminati setiap orang dari mulai anak-anak, dewasa
maupun orang tua
4. Tantangan
:
·
Jumlah
kompetitor yang terus meningkat
·
Munculnya produk
baru yang lebih ungggul
·
Kenaikan harga
bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas.
2.2
Cara Pembuatan Keripik Talas
Langkah-langkah
dalam pembuatan kripik talas :
·
Talas yang
dipilih usahakan berukuran besar untuk mempermudah proses pembuatan dan hasil
bisa lebih bagus
·
Kupas talas
tersebut dari kulit hingga bersih, dan setelah bersih dari kulit cuci dengan
air bersih
·
Iris tipis-tipis
talas yang telah bersih tersebut,bisa juga menggunakan alat bantu pemotong
kripik agar hasil potongannya lebih bagus dan rapih
·
Setelah diiris
tipis-tipis jemur di terik matahari kurang lebih 3 jam, bertujan untuk
menghilangkan getah pada umbi talas, getah pada umbi talas apabila tidak hilang
saat dimakan akan menyebabkan hasil
kripik talas terasa gatal di tenggorokan
·
Rendam irisan
talas yang sudah kering ke dalam air yang sudah di campur kapur,sirih dan
garam, tambahkan bawang putih agar rasanya lebih gurih
·
Siapkan minyak
goreng yang sudah dipanaskan, kemudian goreng talas yang sudah di rendam air
kapur dan garam tersebut hingga kering dan matang
·
Setelah matang
anggkat dan tiriskan serta tunggu sampai dingin
·
Tambahkan gula
jika ingin manis, dengan cara menaburkannya ke hasil gorengan yang sudah
kering, tambahkan juga bumbu balado sesuai selera
·
Siapkan pada
tempat kering dan tertutup.
2.3
Perencanaan Usaha
1. Bahan dan Alat
Bahan Harga
Ø Talas 70 kg Rp.280.000
Ø Minyak goreng Rp.100.000
Ø Bumbu Rp.20.000
Ø Pembungkus Rp.10.000
Ø Gula Rp.50.000
Ø Gas Rp.80.000
Ø Wajan Rp.40.000
Ø Pemotong talas Rp.10.000
Ø Cutik Rp.8.000
Ø Penyaringan Rp10.000
Ø Kompor Rp.350.000
Ø Promosi (Hanya
Bulan Transfort pertama)
Ø Gaji karyawan Rp.100.000 +
Jumlah RP.1058.000
B 1.
Anggaran :
Ø Modal
lancar = Rp.500.000 per hari dalam 1
Bulan memproduksi 20, jadi modal 1 Bulan adalah Rp.500.000 × 20 = 10.000.000
Ø Modal
investasi
Peralatan produksi Rp.1.000.000
Ø Biaya
produksi
Harga 1 kg talas = Rp.4.000
Harga 1 kg minyak goreng = Rp.12.000
Penyedap rasa :
·
1 pak atom = Rp.7.500
·
1 set aida =
Rp.10.000
·
1 pak balado =
Rp.8.000
Ø 1
hari produksi
A. Biaya produksi
10 kg talas = 10
× Rp.4.000 = Rp.40.000
5 kg minyak goreng = 5 ×
Rp.12.000 = Rp.60.000
5 bungkus atom = 5 × Rp.750 =
Rp.3.750
1 bungkus aida = 1 × Rp.2.000 =
Rp. 2.000
1 bungkus balado = 1 × Rp.1.600 =
Rp.1.600
Total = Rp.107.350
B. Biaya pengepakan
1 pak plastik kemasan = Rp.5.000
Kertas kemasan = Rp.2.000
Total = Rp.7.000
C. Biaya pekerja
2 pekerja = 2 × Rp.25.000 = Rp.50.000
Total biaya seluruhnya = Rp.164.350
2. Penetapan harga
10 kg talas menghasikan 50 bungkus kripik
dengan harga jual perbungkus Rp.4.500. Jadi total pendapatan kotor adalah
Rp.225.000. Total biaya produksi Rp.164.350.Penghasilan bersih adalah
Rp.60.650.
Bab
III
Simpulan
Dari beberapa uraian sebelumnya kini
penulis dapat menyimpulkan. Tujuan yang paling utamanya adalah dibalik
Berbisnis juga beramal.
Analisis peluang usaha, perhitungan modal dan
penetapan harga jual, perhitungan rugi/laba dan terakhir analisis keuntungan
sangatlah penting dan berpengaruh terhadap baik buruknya suatu bisnis atau naik
turunnya perusahaan yang kita jalani ini akan terlihat.
Setelah kami selisik dengan seksama
peluang usaha kripik talas ini menjanjikan keuntungan yang cukup lumayan.
Demikianlah yang dapat kami sampaikan semoga dapat bermanfaat untuk ke depannya. Aamiin.
Demikianlah CONTOH PROPOSAL RENCANA USAHA KERIPIK TALAS