Menu

6.6.15

Proposal Bisnis Lapangan Futsal


Proposal Bisnis Lapangan Futsal

PROPOSAL RENCAANA BISNIS
LAPANGAN FUTSAL
Diajukan untuk memenuhi tugas pelajaran bahasa Indonesia


OLEH :
HERY TRIONO
DIDIT NUR R.A.
GURU :
PRITO WINDIARTO
Telah mendapat izin publikasi.
Perhatian: Materi dalam makalah ini bisa jadi ada yang copas dari blog lain, maklum masih siswa, jika kurang berkenan silakan komplain via kolom komentar. Ridokan ya jika ada tulisan saudara yang dicopas, semoga jadi amal kebaikan. Aamin

SMK MUHAMMADIYAH MAJENANG
KAMPUS 7 DAYEUHLUR


Kata Pengantar

                Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya, para penulis dapat menyelesaikan proposal kewirausahaan ini tepat pada waktunya. Tak lupa shalawat berangkaikan salam penulis hadiahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari  zaman kebodohan menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan.
            Adapun latar belakang penulis membuat proposal Usaha Bubur kacang ( “Penyewaan Lapangan Futsal”) ini. Para Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada beberapa pihak yang telah membantu dalam rangka penyelesaikan proposal ini, selain itu kerja sama yang baik diantara para penulis membuat proposal ini dapat terselesaikan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
            Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, masih banyak hal yang kurang dalam penulisan proposal ini. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar penulis dapat memperbaikinya. Harapan penulis, semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber ilmu yang baru bagi kita semua. Amin.

Penyusun
                                                                                                            Dayeuhluhur, April 2015




Daftar Isi

Kata pengantar ……………………………………………………………..… i
Daftar isi ………………………..……………………………………..……... ii
Bab I Pendahuluan …………………………………………………1
- 1.1. Latar belakang ………………………………………..2
- 1.2. Visi dan misi ………………………………………….3
- 1.3. tujuan ………………………………………………... 4
Bab II Aspek pasar dan pemasaran ………………………………..5
- 2.1. Analisis kecenderungan ………………………………..6
- 2.2. Analisis kebutuhan pasar ………………………………7
- 2.3. Analisis Competitor ……………………………………8
- 2.4. Analisis SWOT ………………………………….……..9
- 2.5. Analisis keunggulan bersaing ………………………....10
Bab III Aspek teknis dan oprasional …………………………..…….11
- 3.1. Alat yang digunakan …………………………………12
- 3.2. Lokasi usaha ………………………………………….13
- 3.3. Design green futsal ……………………………….….14
- 3.4. Proses bisnis ……………………………………….…15
Bab IV Manajemen dan organisasi .……………………………..… 16
Bab V Aspek keuangan ……………………………..……………...17
Bab VI Kesimpulan ………………………………………………….18



BAB I

PENDAHULUAN

Proposal Bisnis Lapangan Futsal

1.1 Latar Belakang
Meningkatnya prestasi dalam olahraga merupakan sebuah fenomena yang menarik bagi masyarakat dan pecinta olahraga. Pencapaian prestasi olahraga yang baik perlu didukung oleh adanya prasarana dan sarana yang menunjang. Untuk itu perlu adanya persiapan dana yang cukup besar guna mencapai prestasi yang maksimal. Selain daripada itu peningkatan prestasi olahraga tidak hanya di dukung oleh adanya dana, namun perlu adanya pelatihan secara rutin dari tingkat SD hingga SMA bahkan jika perlu intensitas penyelenggaraan kejuaraan / even – even kegiatan di daerah lebih  ditingkatkan. Hal ini belum cukup namun perlu adanya perhatian dan campur tangan pihak pemerintah. Maka dari itu tepatlah kiranya bila pemerintah mencanangkan program yang berbunyi “Memasyarakatkan Olahraga dan Mengolahragakan Masyarakat.“ Pencanangan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali semangat dalam melakukan olahraga. Selain itu juga dapat digunakan untuk menggali potensi yang ada dan tersebar di seluruh wilayah nusantara pada umumnya dan di desa dayeuhluhur khususnya.
Di Indonesia olahraga Futsal saat ini sangat digemari oleh semua kalangan masyarakat dari mulai usia anak-anak, dewasa hingga orang tua. Keterbatasan lapangan sepak bola di Indonesia, di sisi lain minat masyarakat akan olahraga bola semakin meningkat, Hal ini mengakibatkan terjadinya kesenjangan antara ketersediaan lapangan bola dengan permintaan dari para pengguna lapangan olahraga bola.
Lapangan Futsal hadir untuk menjembatani kesenjangan tersebut, bahkan di tahun-tahun terakhir ini olahraga futsal sangat booming di Indonesia dan tentunya memberikan konstribusi keuntungan yang menggiurkan bagi mereka yang berada di bisnis ini sebagai Pemilik Lapangan Futsal. Sehingga kami memutuskan mendirikan sebuah lapangan futsal dengan keistimewaan lapangan rumput sintetis dan lapangan biasa yang kami namakan  “Green futsal”.
Futsal mulai digemari sekitar tahun 2005 meski sejak tahun 1999 hingga 2000¬ sudah mulai banyak dirintis. Futsal dapat dikatakan sebagai sepak bola mini sebab meski aturan permainan hampir sama dengan sepak bola, namun lapangan yang digunakan lebih kecil dan pemainnya lebih sedikit. Bagi masyarakat yang tinggal diperkotaan sulit mendapatkan lapangan cukup luas untuk bermain bola, futsal dirasa dapat menjadi alternatif olahraga yang tepat. Tak heran bila futsal tidak hanya digemari dari kalangan pelajar, mahasiswa, tapi juga karyawan dan selebritis. Olahraga mampu menghilangkan stress mulai banyak dipertandingkan, baik secara lokal, regional maupun tingkat dunia.
Dalam pembuatan Arena Futsal, kami mempunyai kompetensi khusus dalam  pelayanan terhadap konsumen. Kita akan membentuk anggota club futsal yang anggotanya adalah pelanggan. Setiap tiga bulan diadakan pertandingan antar anggota club. Apabila berjalan dengan lancar, maka skop pertandingan akan ditingkatkan mencakup pertandingan tingkat propinsi.
Selain itu kami juga menyediakan kartu member untuk menarik para pelanggan kami dan akan diberi discount sebesar 10%. Tentu kami berharap dari sepak bola mini ini, akan hadir generasi penerus bangsa yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah sepakbola internasional.

1.2 Visi dan Misi
Visi : Membentuk anak-ank mda yang berkarakter, bermental kuat, berjiwa sportif dalam suasana kebersamaaan dalam rangka meraih prestasi tinggi. Menjadikan olahraga futsal sebagai pelayanan olahraga yang membawa dampak buat banyak orang
Misi:
Ø  Adanya saling mendukung di pelayanan futsal
Ø  Menjadikan komunitas futsal sebagai keluarga
Ø  Menjadikan arena futsal berskala nasional
Ø  Menjalin persaudaraan yang kokoh di antara anggota club
Ø  Menerapkan mode pelatihan futsal yang baik dan terarah
Ø  Memajukan futsal sebagai penyalur hobi yang baik
Ø  Mempunyai perusahaan futsal

1.3 Tujuan
Studi ini dimaksudkan untuk menganalisis secara jelas dan detail semua aspek dari segala bidang guna mencari tahu kelayakan dan manfaat bagi masyarakat dalam usaha pendirian sebuah usaha bisnis futsal, dan mengetahui apakah bisnis ini adalah investasi yang menguntungkan atau tidak. Tujuan dari studi kelayakan ini adalah untuk menghindari terjadinya risiko kegagalan atau mengurangi kemungkinan keterlanjutan investasi yang merugikan. Dan tujuan lainnya dibuat usaha futsal ini adalah untuk penyediaan sarana olahraga dan tempat kumpul untuk meningkatkan kesehatan dengan harga dan tempat yang mudah dijangkau. Disamping itu dapat juga untuk menjalin silaturahmi antar divisi dan mempererat kekeluargaan.




BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
Proposal Bisnis Lapangan Futsal

2.1  Analisis Kecenderungan
Dalam kondisi pasar, ada faktor-faktor yang berubah dalam lingkungan sekitar. Faktor-faktor yang berubah dalam lingkungan ini bisa dilihat seperti di bawah ini :
      a.       Ekonomi
Kondisi ekonomi negara akan mempengaruhi tarif yang akan ditetapkan untuk konsumen dan juga akan mempengaruhi banyaknya konsumen yang akan menyewa lapangan. Kondisi ekonomi berpengaruh langsung terhadap pendapatan masyarakat mengakibatkan konsumen menyewa lapangan akan berubah, apabila ekonomi negara menurun, maka konsumen juga akan menurun dan sebaliknya.
Dalam menanggapinya, Green futsal  menyesuaikan keadaan dengan kondisi yang terjadi pada saat itu. Apabila perubahan ekonomi yang menurun dan pendapatan masyarakat ikut turun, maka harga sewa lapangan juga ikut turun dan sebaliknya.
      b.      Teknologi.
Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap minat konsumen untuk menyewa lapangan. Masyarakat akan mencari lebih berkembang dari yang ada. Apabila ada pemain baru atau pesaing baru yang mempunyai peralatan yang berteknologi lebih berkembang dari pada bisnis yang kita jalankan, maka kecenderungan akan penurunan pendapatan, tetapi peurunan yang terjadi tidak besar, karena Green futsal juga akan mengikuti teknologi perkembangan di tengah masyarakat.
      c.       Lingkungan
Perubahan lingkungan juga akan mempengaruhi jumlah konsumen. Apabila cuaca buruk atau hari hujan dan banjir, maka konsumen yang akan datang akan berkurang dan apabila cuaca baik maka konsumen akan meningkat. Perubahan lingkungan juga mempengaruhi kondisi fisik lapangan futsal.

2.2  Analisis kebutuhan pasar
Analisis kebutuhan pasar, data yang diambil berdasarkan tempat yang terdapat bisnis penyewaan lapangan futsal. Data yang diambil adalah di desa dayeuhluhur yaitu Green futsal.
Dari data tempat usaha yang ada di desa dayeuhluhur, adanya peningkatan peminat  dalam permainan futsal dari bulan ke bulan berikutnya. Peningkatan ini menunjukkan prospek yang sangat menarik dalam bidang bisnis penyewaan lapangan futsal.
 
  Ø  Permintaan dan penawaran
Data permintaan pada penyewaan lapangan futsal.
No. Bulan (2014) Permintaan  / jam
1. Agustus 389
2. September 409
3. Oktober 370
4. November 429
5. Desember 498
                 Sumber : Levi Futsal

Data penawaran  pada penyewaan lapangan futsal
No. Bulan (2014) Penawaran  / jam
1. Agustus 372
2. September 360
3. Oktober 372
4. November 360
5. Desember 372
                 Sumber : Levi Futsal
Dari data di atas dapat dilihat permintaan dari bisnis ini tinggi. Dapat dilihat dari kekurangan penawaran terhadap permintaan pasar yang sangat banyak. Sehingga bisnis ini akan dapat berjalan hingga tahun-tahun seterusnya.

2.3  Analisis kompetitor
Dalam pembuatan lapangan futsal di desa dayeuhluhur, sekarang hanya ada tiga pesaing di majenang, yaitu Mahakam JM Futsal, Levi Futsal, dan Suryanata Futsal.

Nama Perusahaan Pesaing Keunggulan Kelemahan
Mahakam JM Futsal Menggunakan lapangan rumput sintetis
Lokasi jauh dari pusat kota/sulit dijangkau
Lapangan Standar
Levi Futsal Menggunakan lapangan rumput sintetis Daya cengkeram permukaan tidak terlalu kuat
Lokasi jauh dari pusat kota
Suryanata Futsal Menggunakan lapangan rumput sintetis dan semen
Permukaan agak keras dan rentan mengakibatkan cedera

2.4  Analisis SWOT
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap bisnis apabila adanya pesaing :
  Ø  Strength
Dalam mencapai profit, Green Futsal mempunyai kelebihan-kelebihan yang tidak kalah oleh para pebisnis penyewaan lapangan futsal yang ada seperti :
a.   Green futsal menyewakan lapangan dengan fasilitas yang lengkap, nyaman dan lantai tempat bermain merupakan rumput sintesis yang belum banyak dimiliki oleh lapangan futsal ada di tempat lain.
b.  Green Futsal mempunyai anggota dalam penyewaan lapangan sehingga kami mempunyaip elanggan tetap.
c.  Kami akan mengadakan pertandingan antar anggota, apabila berjalan lancar maka skop pertandingan akan ditingkatkan menjadi pertandingan tingkat propinsi.
d.   Green Futsal berada pada lokasi sangat strategis yang dilalui oleh jalur angkutan kota. serta berdiri di atas tanah yang berada di area perkantoran, sekolah, kampus dan perumahan.

  Ø   Weaknesses
         Kelemahan yang ditemui adalah harga tanah yang mahal di daerah di perkotaan, biaya pembangunan gedung, pengadaan fasilitas yang besar dan pencarian lokasi bebas banjir.

  Ø    Opportunities
             Kesempatan terjadi dilingkungan eksternal adalah peningkatan minat konsumen terhadap olahraga futsal,  seperti bisnis futsal di desa dayeuhluhur  yang kian hari kian bertambah. Apabila Kesempatan ini terlewatkan  maka besar kemungkinan pesaing akan  memanfaatkannya.

2.5  Analisis Keunggulan Bersaing

    Ø  Potensi keunggulan bersaing
         Green Futsal memiliki keunggulan bersaing. Produk/lapangan yang disewakan, kami menyewakan lapangan dengan menggunakan rumput sintesis, tingkat kerataan yang baik, permukaan yang tidak licin  Selain itu, Green Futsal menyediakan kartu member dengan penawaran khusus untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Harga yang ditawarkan pun cukup bersaing. Selain itu lokasi pendirian lapangan strategis dan mudah dijangkau, yakni terletak di kota.

Ø  Kinerja yang dihasilkan
Dalam kinerja yang dihasilkan oleh bisnis ini, diharapkan kepuasan dan loyalitas konsumen tinggi, market share dan keunggulan yang didapatkan juga besar. Selain itu, prospek bisnis ini ke depan sangat bagus karena minat masyarakat terhadap olah raga tidak akan hilang.
 



BAB III
ASPEK TEKNIS DAN OPERASIONAL
Proposal Usaha Lapangan Futsal

 3.1 Alat yang Digunakan
Adapun alat yang digunakan dalam pendirian GreenFutsal lapangan Futsal dengan fasilitas yang memadai, termasuk sarana dan prasarana penunjang seperti locker & ruang ganti, musholla, toilet, washtafel dan lapangan parkir.
Ukuran lapangan yang diberikan :
1. Ukuran: panjang 25 m x lebar 15 m.
2. Garis batas: garis selebar 8 cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; 3 m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan.
3. Daerah penalti: busur berukuran 6 m dari setiap pos.
4. Garis penalti: 6 m dari titik tengah garis gawang.
5. Garis penalti kedua: 10 m dari titik tengah garis gawang.
6. Zona pergantian: daerah 6 m (3 m pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan.
7. Gawang: tinggi 2 m x lebar 3 m.
       Lapangan berlantai biasa dan rumput sintesis agar pemain tidak mengalami cidera saat terjatuh di lapangan dan di desain supaya pantulan bola baik, ukuran lapangan dibuat sesuai dengan standar internasional. Lampu lapangan di desain khusus agar lapangan terang dan nyaman untuk digunakan pada malam hari. Selain itu, Green Futsal menyediakan soft drink agar pemain dengan mudah mendapatkan minuman.
Selain itu, kami juga akan membuat club futsal yang anggotanya dari pelanggan sendiri. Tim yang terbentuk adalah anggota tetap yang berlangganan dalam menyewa lapangan. Sehingga kami mempunyai pelanggan tetap dalam penyewaan lapangan. Setiap enam bulan diadakan pertandingan antar tim dan tim yang menjadi pemenang akan diberi hadiah uang tunai.

3.2 Lokasi Usaha
Lokasi untuk membuka usaha Green Futsal  adalah di jalan sawah gintung. Alasan mengapa kami memilih lokasi di daerah tersebut antara lain karena: Lokasi yang strategis, sehingga memudahkan para pelanggan untuk mencapainya, kemudahan akses transportasi ke lokasi, dimana lokasi tersebut cukup mudah aksesnya ditandai dengan angkutan transportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke lokasi. Lokasi yang dekat dengan area perkantoran, universitas, sekolah-sekolah, dan pemukiman masyarakat sehingga memudahkan para pegawai perkantoran dan mahasiswa juga masyarakat umum untuk dapat menikmati fasilitas permainan di Green Futsal.

3.3. Desain Green Futsal
Konsep desain ruangan yang direncanakan dari Green Futsal adalah indoor dengan rumput sintetis, jaring, alas Rumput (Backing Foundation), tiang Gawang dan karpet penyambung rumput.

3.4. Proses Bisnis
Ada sejumlah proses bisnis yang dilaksanakan oleh Player Futsal. Pihak eksternal yang terlibat dalam proses bisnis di Green Futsal adalah:
1. Pelanggan/Customer. Pelanggan Green Futsal yang datang untuk berolahraga dan refreshing dari rutinitas sehari-hari.
2. Dengan pihak sponsor. Pihak sponsor yang datang untuk mengadakan sebuah turnamen pertandingan.
3. Pemasok/Suplier (bahan, perlengkapan dan peralatan). Perusahaan atau individu yang menyediakan bahan, peralatan, dan barang-barang untuk proses pembangunan gedung sarana dan prasarana futsal.



BAB IV
MANAJEMEN DAN ORGANISASI
Proposal Rencana Bisnis Lapangan Futsal

Mengingat semakin bertambahnya minat masyarakat terhadap olahraga,  sementara sarana olah raga untuk memenuhinya terbatas, khususnya di kota Samarinda, maka bisnis yang kami bidik adalah penyewaan lapangan futsal. Berikut keterangan usaha yang akan dibuat.

     Profil perusahaan
Nama usaha                             : Green Futsal
Nama pemilik/pimpinan usaha : Herry Triono
Alamat kantor/tempat usaha : Jl. Sawah gintung
No. Telp                                 : 087736895904
Jumlah karyawan/tenaga kerja  :  5 orang                    
                                                                                         

  Penggunaan Lapangan Futsal
Dalam pemakaian jasa yang diberikan kepada konsumen, pihak pengusaha menyewakan lapangan futsal dengan fasilitas futsal yang lengkap.

      Prospek pengembangan usaha dan rencana pengembangan usaha
Dalam pengembangan usaha, kita akan melakukan pembuatan lapangan futsal dengan fasilitas yang lebih lengkap dan harga yang kompetitif. Kita akan melakukan pertandingan-pertandingan futsal setiap tiga bulan untuk lebih menarik konsumen dan meningkatkan profit usaha.
Pihak usaha juga akan melakukan promosi usaha. Dalam promosi usaha dilakukan penyebaran brosur-brosur yang disebarkan langsung ke konsumen dan via jejaring sosial.

               Rencana penggunaan dana
Dalam realisasinya, dana yang didapat akan digunakan untuk pembelian dan pembangunan ruangan futsal sekaligus lapangannya beserta kantor dan pembelian inventaris kantor.
  Jangka waktu pengembalian modal.
Apabila prospek usaha berkembang dengan cepat, sesuai dengan prediksi modal akan kembali dalam jangka waktu 21 bulan. Hanya biaya operasional dan gaji karyawan yang dikeluarkan dari keuntungan usaha.
Karyawan yang direkrut bertugas dalam bidang penjaga dan bidang administrasi. Dalam bidang administrasi, karyawan yang direkrut wanita atau pria tamatan SMK jurusan akuntansi dan karyawan penjaga, merupakan pria tamatan SLTA
 Struktur organisasi

BAB V
ASPEK KEUANGAN
Rencana Bisnis Lapangan Futsal


Pehitungan Biaya Investasi
a. Biaya Sipil (Fondasi, Lantai dan dinding)                     Rp.    220.000.000,
b. Biaya Konstruksi Tiang Baja WF dan Atap                 Rp.    180.000.000,-
c. Biaya Lapangan Rumput sintetis dan biasa, jaring, dll   Rp.    150.000.000,-
d. Harga Tanah                                                               Rp.   600.000.000,-  
Total Biaya Investasi (dibulatkan)                              Rp. 1.150.000.000,-
Perkiraan BEP Perhitungan
Estimasi pemasukan apabila rata-rata 10 jam/hari @ Rp. 180.000,-
Total Pemasukan Lapangan sintetis 10 jam x 180.000 x 30 hari   = 54.000.000,-
Pemasukan dari Penjualan Minuman dan parkir                           =   6.000.000,-
Total                                                                                           = 60.000.000,-

Estimasi Biaya :
Gaji Pegawai 3 orang @ Rp.1.000.000,-                                    = 3.000.000,-
Listrik 12 lampu @250 watt Rp. 37.500 + Air                            =    700.000,-
Maintenance Rumput, Bola dll                                                     =    700.000,-
Telepon / Internet                                                                        =  1.000.000,-
Lain-Lain                                                                                     =     600.000,-
Total                                                                                            =   6.000.000,-

Total Pemasukan Rp. 60.000.000,- dikurangi Biaya Rp. 6.000.000,- = Rp. 54.000.000,-/bulan
Biaya Investasi 1.150.000.000 / 54.000.000 BEP ± 21 Bulan.




PBP (Pay Back Periode)


PBP =  Rp  280.415.135,87  X 12 = 1,64
          Rp 2.047.666.000,00



6.5 IRR (Internal Rate of Return)






Bab VI
Kesimpulan
Rencana Usaha Lapangan Futsal


Berdasarkan uraian dan analisis studi kelayakan yang telah dijabarkan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa:
1. Segi pasar, peminat terhadap olahraga terus meningkat setiap tahunnya, sehingga Green Futsal menyediakan vasilitas yang lengkap guna memenuhi animo masyarakat yang cukup tinggi terhadap olahraga ini. Sejumlah karyawan dan mahasiswa adalah merupakan target utama yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.
2. Segi perekonomian, pembukaan futsal kami ini dapat membantu peningkatan minat masyarakat terhadap olahraga, hal ini berarti membantu negara mewujudkan masyarakat yang sehat, sehingga jika masyarakat sehat akan meningkatkan kualitas kerjanya. Sehingga dapat mendorong perkembangan perekonomian di Indonesia, juga dapat mendorong Indonesia menjadi negara yang melahirkan pesepakbola yang handal.
4. Segi teknologi, kami menyediakan 2 lapangan yang terdiri dari lapangan biasa dan lapangan rumput sintetik dengan ukuran lapangan mengikuti standar international.

5. Segi lokasi, lokasi yang kami gunakan letaknya sangat strategis karena Lokasi yang terletak di kota, sehingga memudahkan para pelanggan untuk mencapainya.
6. Segi manajemen SDM, memperkerjakan mereka yang telah ahli di bidangnya dengan gaji yang telah disesuaikan dengan latar belakang, pengalaman dan juga budget perusahaan.
7. Segi penawaran, tingkat permintaan masih jauh lebih tinggi daripada tingkat penawaran yang ada di Indonesia.
8. Segi promosi dan service yang ditawarkan. Green Futsal memberikan penawaran yang menarik dengan menyediakan dua lapangan dan pendirian tempat di lokasi yang strategis.
9. Segi keuangan, biaya-biaya, kewajiban-kewajiban dan harta yang kami gunakan balance dengan modal yang ada. Modal yang kami gunakan adalah modal modal dari investor
   
     Sehubungan dengan hal-hal tersebut, maka kami mempunyai keyakinan bahwa Green Futsal dengan
berlokasi di Jln. Sawah gintung dayeuhluhur akan dapat berkembang dengan baik.


Demikianlah Proposal Bisnis Lapangan Futsal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar