Menu

1.3.16

Contoh Format Supervisi Akademik Beserta LK Lembar Kerja



  Contoh Format Supervisi Akademik Beserta LK Lembar Kerja 

TIM SUPAK SMP MUH. 1 DAYEUHLUHUR

LK-5

Tujuan Kegiatan Supervisi Akademik
Berdasarkan Kasus yang Dimiliki!




 


TUJUAN SUPERVISI AKADEMIK

1. Meningkatkan kinerja guru
2. mengetahui kekurangan dan kelemahan proses pembelajaran
3. Memotivasi guru membuat perangkat pembelajaran
4. Menindaklanjuti kegiatan pembelajaran
5. Mengapresiasi kinerja guru

 





LK-6

Jadwal Supervisi Akademik Sesuai Kasus di Sekolah atau Kasus yang Sudah Ada Dalam Kegiatan Pembelajaran 

Jadwal Supervisi Akademik

NO
HARI/
TANGGAL
NAMA
GURU
MATA PELAJARAN/POKOK BAHASAN/
KOMPETENSI DASAR
KELAS/
*PROGRAM KEAHLIAN
JAM
KE
FOKUS
MASALAH
1.
Senin,
7 Februari 2016
Drs. Narsono
Bahasa Indonesia / Kata baku dan tidak baku
8 A
2-3

2.
Selasa,
2 Februari 2016
Prito Windiarto, S.Pd.
Bahasa Indonesia / Menulis kreatif puisi
7 A
6-7
Siswa kesulitan menentukan diksi
3.
Rabu,
10 Februari 2016
Endang Darwati, S.Pd.
IPA / Gerak tumbuhan
8 B
1-2

4.
Kamis,
11 Februari 2016
Lilis Suryanti, S.Pd.
Matematika / Operasi himpunan
7 B
3-4
Siswa belum bisa menggambarkan ke dalam diagram venn
5.
Kamis,
18 Februari 2016
Nurul Ilmi P., S.Pd.
Bahasa Inggris / Shoping list
7 A
3-4
Siswa kurang menguasai takaran ukur barang
Keterangan :  *Khusus untuk SMK
                                                                                                Dayeuhluhur,       Februari 2016                                                                                                         Kepala sekolah,

                                                                                                            Sumartono, S.Pd.
                                                                                                            NBM. 760 467




TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH

Nama Sekolah           : SMP MUHAMMADIYAH 1 DAYEUHLUHUR
Alamat                        : Jl. Prawiranegara No. 52 Dayeuhluhur


Rounded Rectangle: Observasi
 





Rounded Rectangle: a. Pertemuan individual (wawancara)
b. Menilai diri sendiri
2. Buatlah daftar teknik supervisi akademik lain yang dapat saudara gunakan selain yang ada di atas!





3. Buatlah daftar teknik supervisi akademik lain yang dapat saudara gunakan selain yang ada di atas!


Rounded Rectangle: a. Kunjungan antar kelas
b. Dokumentasi
 









TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH

Nama Sekolah           : SMP MUHAMMADIYAH 1 DAYEUHLUHUR
Alamat                        : Jl. Prawiranegara No. 52 Dayeuhluhur

1. Pilihlah   salah   satu   teknik   yang   menurut   Saudara   tepat   digunakan   untuk melaksanakan supervisi akademik sesuai dengan studi kasus/skenario yang Saudara miliki.
            Menurut  Gwyn  (dalam  Kementerian  Pendidikan  Nasional,  2010:  23),  teknik-tekniksupervisi akademik meliputi dua macam, yaitu: individual dan kelompok. Teknik supervise individual adalah pelaksanaan supervisi perseorangan terhadap guru. Dari lima macam Teknik supervisi individual yang akan digunakan disini hanya empat macam yaitu kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individu dan menilai diri sendiri


NO
TEKNIK SUPERVISI
PRINSIP DASAR SUPERVISI
TUJUAN SUPERVISI
1
Observasi kelas
Pemantauan secara sepintas pada kegiatan belajar-mengajar
Memvalidasi informasi  dan pengujian hipotesa awal  tentang tujuan pendidikan yang dilakukan oleh guru
oleh  guru
2
Kunjungan kelas
Perekaman informasi secara langsung dalam kegiatan belajar-mengajar


Memvalidasi keberhasilan tujuan
pendidikan yang dilakukan
oleh  guru
3
Pertemuan individual
(wawancara)
Dilaksanakan setelah observasi dilakukan, sehingga terjalin hubungan akrab
Menganalisa kesulitan-kesulitan belajar baik yang ditimbulkan oleh guru maupun oleh
komponen yang lain
4
Menilai diri sendiri
Menumbuhkan dan mengembangkan potensi diri secara akurat
Menumbuhkan dan membangkitkan keberanian diri pada guru


2. Buatlah daftar teknik supervisi akademik lain yang dapat Saudara gunakan selain yang ada di atas!
    Tekhnik Dokumentasi, Memberikan bantuan dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan penilaian hasil belajar. Meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam pembelajaran
           
3. Buatlah daftar teknik supervisi akademik lain yang dapat Saudara gunakan selain yang ada di atas!
Teknik supervisi kelompok adalah satu cara melaksanakan program supervise
yang ditujukan pada dua orang atau lebih. Guru-guru yang diduga, sesuai dengan analisis kebutuhan, memiliki masalah atau kebutuhan atau kelemahan-kelemahan yang sama dikelompokkan  atau  dikumpulkan  menjadi  satu/bersama-sama.  Kemudian  kepada mereka diberikan layanan supervisi sesuai dengan permasalahan atau kebutuhan yang mereka hadapi, ada tiga belas teknik supervisi kelompok yaitu: kepanitiaan-kepanitiaan, kerja   kelompok,   laboratorium   dan   kurikulum,   membaca   terpimpin,   demonstrasi pembelajaran,  darmawisata,  kuliah/studi,  diskusi  panel,  perpustakaan,  organisasi profesional, buletin supervisi, pertemuan guru, lokakarya atau konferensi kelompok.




LK-9

Mengidentifikasi Instrumen Supervisi Akademik

Bagi saudara yang mengimplementasikan kurikulum KTSP 2006, gunakan instrumen: 9-a, 9-b, 9-d dan 9-e. Bagi yang mengimpeentasikan 2013 gunakan instrumen: 9-a, 9-b1, 9-c1,9-d dan 9-e!
Instrumen 9-a:
Administrasi perencanaan pembelajaran (berdasarkan standar proses)
Administrasi Perencanaan Pembelajaran
Nama sekolah/madrasah         :...........................
Nama guru                              :............................
Pangkat/golongan                   :............................
Mata pelajaran                         :............................
Jumlah jam tatap muka           :.............................
Semester/kelas                         :..............................
No
KOMPONEN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
KONDISI
SKOR
KETERANGAN KETERCAPAIAN
  ADA
TIDAK
4
3
2
1
1.
Program tahunan






4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
2.
Program semester






3.
Silabus






4.
RPP






5.
Kalender pendidikan






6.
Jadwal pelajaran






7.
Agenda harian






8.
Daftar nilai






9.
KKM






10.
Absensi peserta didik






11.
Buku pedoman guru






12.
Buku teks pelajaran






Keterangan      :Nilai akhir      = Skor perolehan x 100%
Rounded Rectangle: NILAI AKHIR
                                                    Skor  maksimal (40)
Ketercapaian   :86% - 100%   = Baik sekali
                        70% - 85%      = Baik
                        55% - 69%      = Cukup
                        Di bawah 55%            = Kurang
Rounded Rectangle: TINDAK LANJUT 




Guru yang di supervisi



..........................................

Kepala sekolah,



Sumartono,S.Pd.
NBM. 760 467







Instrumen 9-b:
Check list rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan dokumen RPP guru
Instrumen ini harus di isi derdasarkan dokumen rencana pelaksanaan pembelajaraan (RPP) guru yang di supervisis akademik. Sertakan dokumen RPP guru saudara sebagai pendukung dan bukti  instrumen ini!
Instrumen Check List Rencana Pembelajaraan
Nama guru                                          :............................
Nama sekolah/madrasah                     :...........................
Kelas/Semester                                    :..............................
Identitas Mata pelajaran                     :............................
Standar Kompetensi                           :............................
Kompetensi dasar                               :.............................
Hari/tanggal supervisi akademik         :..............................

No
ELEMEN PENGAMATAN
BERI TANDA     CENTANG
KOMENTAR
SARAN PERBAIKAN
YA
TIDAK
A
RPP yang lengkap dan sistematis, memuat komponen:




1.
Identitas satuan pendidikan;




2.
Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;




3.
Kelas/program/semester




4.
Materi pokok




5.
Alokasi waktu




6.
Kompetesi dasar yang harus di kuasai peserta;




7.
Indikator pencapaian kompetensi;




8.
Tujuan pembelajaran;




9.
Materi ajar;




10.
Metode pembelajaran




11.
Media pembelajaran




12.
Langkah-langkah pembelajaran; pendahuluan, inti, penutup




13.
Sumber belajar




14.
Penilaian pembelajaran




B
Perinsip penyusunan RPP




15.
Mempertimbangkan perbedaan kebutuhan setiap peserta didik




16.
Mendorong partisipasi aktif peserta didik (pembelajaran aktif)




17.
Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar




18.
Mengembangkan budaya membaca dan menulis




19.
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi




20.
Menekankan keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar




21.
Mengakomodasi pembelajaran tematik–terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya




22.
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.






Guru yang di supervisi



..........................................

Kepala Sekolah,



Sumartono,S.Pd.
NBM. 760 467





Instrumen 9-b1:
Check List Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdasarkan Dokumen RPP Guru

1. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor (1, 2, 3)  sesuai dengan kriteria yang tertera pada kolom tersebut. Berikan catatan atau saran untuk  perbaikan RPP sesuai penilaian Anda!
2. Isi identintitas RPP yang ditelaah!
Nama                           : ....................................................
Tema/Subtema            : ....................................................
Pembelajaran ke          : ....................................................

NO.
KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
HASIL PENELAAHAN DAN SKOR
CATATAN
1
2
3
A.
Identitas Mata Pelajaran
Tidak Ada
Kurang Lengkap
Sudah
lengkap

1.
Terdapat: satuan pendidikan, kelas, semseter, program/program keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran/subtema, jumlah pertemuan





B.
Perumusan Indikator
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan Kompetensi Dasar




2.
Kesesuaian penggunaan kata kerja operasional dengan kompetisi yang diukur




3.
Kesesuaian rumusan dengan aspek pengetahuan




4.
Kesesuaian rumusan dengan aspek keterampilan




C.
Perumusan Tujuan Pembelajaran
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan Indikator




2.
Kesesuaian perumusan dengan aspek Audience, Behaviour, Condition, dan Degree




D.
Pemilihan Materi Ajar
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




3.
Keruntutan uraian materi ajar




E.
Pemilihan Sumber Belajar
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran




3.
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik




4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




F.
Pemilihan Media Belajar
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Keseuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan materi pembelajaran




3.
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik




4.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




G.
Metode Pembelajaran
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran




2.
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik




3.
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik




H.
Skenario Pembelajran
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas




2.
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen penilaian sikap




3.
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen penilaian pengetahuan




4.
Kesesuaian kegiatan dengan sistematika/keruntutan materi




5.
Kesesuaian alokasi waktu kegiatan pendahuluan,kegiatan inti dan kegiatan penutup




I.
Rencana Penilaian Otentik
Tidak
Sesuai
Sesuai
Sebagian
Sesuai
Seluruhnya

1.
Kesesuaian bentuk, teknik, dan instrumen dengan indikator pencapaian kompetensi




2.
Kesesuaian antara bentuk, teknik, dan istrumen penilaian sikap




3.
Kesesuaian antara bentuk, teknik, dan istrumen penilaian pengetahuan




4.
Kesesuaian antara bentuk, teknik, dan istrumen penilaian keterampilan





Rounded Rectangle: Masukan terhadap RPP secara umum:
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................




 
























RUBLIK PENILAIAN TELAAH RPP

Langkah-langkah penilaian RPP sebagai berikut:
1. Cermati format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai!
2. Berikan nilai pada setiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√) pada kolom pilihan (skor = 1), (skor = 2), atau (skor = 3) sesuai dengan penilian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai!
3. Berikan catatan khusus atau saran perbaikan perencanaan pembelajaran!
4. Setelah selesai penilaian hitunglah jumlah skor yang diperoleh!
5. Tentuka nilai menggunakan rumus berikut!




Rounded Rectangle: Nilai  =  Jumlah skor  x 100 %
90
 





                                                                                          
PERINGKAT
NILAI
Amat Baik (AB)
90 < AB < 100
Baik (B)
80 < B <  90
Cukup (C)
70 < B < 80
Kurang (K)
< 80


 



LK-10
Menyusun Rencana Tindak Lanjut In-1

NO
KEGIATAN
TAGIHAN
WAKTU
PIHAK TERKAIT
TOPIK I
1.
Identitas/analisis kebutuhan



2.
Penetapan tujuan



3.
Menyusun jadwal



4.
Memilih teknik



5.
Melilih instrumen



6.
Mempersiapkan laporan dan presentasi



TOPIK II















TOPIK III















TOPIK IV















TOPIK V

















LK – 11
Identifikasi Masalah Hasil Temuan Pembelajaran di Sekolah Saudara
NO
ASPEK YANG
DIIDENTIFIKASI
MASALAH YANG DITEMUKAN
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
1.
Perangkat pembelajaran
Perangkat kurang lengkap
Pengadaan perangkat
2.
Proses pembelajaran
a. Media pembelajaran tidak lengkap
b. Motivasi belajar siswa kurang
c. Sarana pembelajaran kurang; contoh: buku pegangan guru, buku siswa
a. Melengkapi media pembelajaran
b. Pemberian motivasi belajar
c. Melengkapi sarana pembelajaran


3.
Penilaian pembelajaran
Kurangnya pemahaman tentang cara penilaian
Pelatihan pengolahan nilai

Rangkuman analisis hasil identifikasi masalah pembelajaran.


Rounded Rectangle: Berdasarkan 3 aspek yang diidentifikasi: perangkat pembelajaran, proses pembelajaran, dan penilian pembelajaran ditemukan beberapa masalah. 
Untuk aspek perangkat pembelajaran masalah yang ditemukan adalah kurang lengkapnya perangkat pembelajaran. Solusi alternatifnya adalah dengan pengadaan perangkat pembelajaran. 
Sementara untuk aspek proses pembelajaran, masalah yang ditemukan adalah: a. media pembelajaran yang tidak lengkap, b. motivasi siswa kurang, c. Sarana pembelajaran yang juga kurang. Solusi alternatifnya adalah dengan melengkapi media pembelajaran, memberikan motivasi belajar pada siswa dan melengkapi sarana pembelajaran.
Selanjutnya untuk aspek penilaian masalah yang mengemuka adalah perihal kurangnya pemahaman tentang penilian. Solusi alternatifnya adalah dengan mengadakan pelatihan cara pengolahan nilai
 











NO
KEGIATAN
TEMUAN MASALAH
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
1
Pembuatan perangkat pembelajaran
a. Perangkat yang dibuat tidak terealisasi
b. Pelaksanaan kurang sesuai perencanaan
c. Waktu tidak sesuai dengan pelaksanaan yang direncanakan
d. Terlalu mengacu pada LKS
e. Mengejar target materi

a. Merealiasaikan perangkat yang dibuat

b. Menyesuaikan perencanaan dengan pelaksanaan

d. Penyesuaian waktu

e. Memanfaatkan sumber belajar yang lain

e. Melakukan penyampaian materi secara terstruktur dan sistematis





2.
Proses pembelajaran
a. Media kurang lengkap
b. Minat belajar siswa kurang
c. Buku panduan guru kurang
d. Kemampuan ekonomi siswa yang terbatas sehingga tidak memiliki sarana belajar yang mendukung, contoh kamus, LKS, dll
a. Pengadaan media pembelajaran (in focus, laptop, dll)
b. Pemberian motivasi belajar

c. Pengadaan buku pegangan

d. Bantuan beasiswa dari pemerintah dan atau pihak lain





3.
Penilaian pembelajaran
a. Kurangnya pemahaman tentang cara penilaian
b. Nilai yang diperoleh siswa di bawah KKM
c. Remedial dan pengayaan tidak terlaksana dengan baik
a. Pelatihan guru


b. Tambahan materi


c. Dibuat jadwal remedial serentak selepas UTS / UAS



LK – 14

Melakukan Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Guru di Kelas

NO
ASPEK YANG DIOBSERVASI
HASIL OBSERVASI (CATATAN/TEMUAN/KETERANGAN
1.
Usaha-usaha dan aktivitas guru-peserta didik dalam proses pembelajaran


2.
Cara menggunakan media pemebelajaran

3.
Variasi metode pembelajaran

4.
Ketepatan penggunaan media dengan materi

5.
Ketepatan penggunaan metode dengan tujuan pembelajaran

6.
Interaksi para peserta didik dalam proses pembelajaran

7.
Metode/strategi penilaian dan efektivitasnya untuk meningkatkan proses/mencapai tujuan pembelajaran




LK-15
Rekapitulasi Hasil Supervisi Akademik

NO
NAMA
NILAI

PERANGKAT PEMBELAJARAN
PROSES PEMBELAJARAN
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
SKOR
RATA-
RAYA
CATATAN HASIL TEMUAN


















































































































Rentang penilaian:

91-100 = A
75-90   = B
55-74   = C
<55      = K
..................................,.....................................
Kepala Sekolah,


Sumartono, S.Pd.


LK-17

Analisis Data Supervisi Akademik

No
KOMPONEN PENGAMATAN SUPERVISI AKADEMIK
MASALAH YANG DITEMUKAN
FAKTOR PENYEBAB
PRIOROTAS PERBAIKAN
RENCANA/METODE PEMBERIAN MASUKAN/UMPAN BALIK KEPADA GURU
1.
Perencanaan pembelajaran (RPP)





Pelaksanaan pembelajaran:
A.    Kegiatan pendahuluan





B.     Kegiatan inti: eksplorasi





Kegiatan Elaborasi





Kegiatan inti: Konfirmasi





C.     Kegiatan Penutup





Penilaian hasil Belajar Siswa





Penilaian Hasil BelajarSiswa






 


Contoh Format Supervisi Akademik Beserta LK Lembar Kerja