Menu

4.7.18

Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran dan Penilaian


Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran dan Penilaian


Kelompok 6 (TeksFabel)
PritoWindiarto
SitiMusfiroh
Nova Ropiqoh

Mengamatikelompok 5
LK 6.1

LEMBAR PENGAMATAN PRAKTIK PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN


A.      Identitas

Namasesi               : PraktikPembelajarandanPenilaianHari, tanggal      : ...
Pukul                     : 09.10
Instruktur              :
Pengamat              : Instruktur/SesamaPeserta (coretyangtidakperlu)

B.       Petunjuk


1.        Amatipembelajarandariawalsampaiakhir.
2.        Berilahtanda √ padakolomketerlaksanaansejumlahbutiramatansesuaidenganapa yang terjadi.
3.        Isilahcatatanseperlunyaterkaitketerlaksanaanbutir-butiryangdiamati.
4.        PadaPenerapanPendekatan/ModelPembelajaran*),HANYA isipadabutir-butirpendekatan/modelpembelajaran yang diterapkan.

C.  LembarObservasi



No
Butir-butirAmatan
Keterlaksanaan

Catatan


Ya
Tidak


A
KegiatanPendahuluan





1.
Mengondisikansuasanapembelajaranyang menyenangkan.
V

Menegursiswakurang


2.
Mengecek penguasaankompetensi yang sudahdipelajarisebelumnya.
     V




3.
Menyampaikankompetensi yang akandicapaidanmanfaatnyadalamkehidupansehari-hari.
    V




4.
Menyampaikangarisbesarcakupanmateridankegiatan yangakandilakukan.
    V




5.
Menyampaikanlingkupdanteknikpenilaianyangakandigunakan.

     V



6.
Mengecek pengetahuan prasyarat
V




7.
Mengimplementasikan PPK

     V

Relijius, nasionalis


8.
Mengembangkan kemampuan literasi
     V

Kurang – tayanganfantasi


B
Kegiatan Inti





1
PengelolaanPembelajaran






a.GurumembantuPesertadidik          membentukkelompok.
     V





b.GurumembimbingPesertadidikdalamkerjakelompok.
V





c.Guru menguasaimateripelajaran.
     V





d.Melaksanakanpembelajaran yangmenumbuhkanpartisipasiaktifpesertadidik.
     V





e.Guru memulaidanmengakhiri prosespembelajarantepatwaktu.

      V




f.GurumembantuPesertadidikmendefinisikandanmengorganisasikantugasyangakandilakukan.
     V





g.Gurumenggunakanbahasayangbaikdanbenar.
      V





h.GurumendorongPesertadidikuntukmemanfaatkansumberbelajar yangada di sekolahmaupundi luarsekolah.
V

Buku, pf



i.      GurumemanfaatkanteknologidanInformasi.

     V





a.    Guru mengimplementasikan PPK
      V





b.    Guru mengembangkan kemampuan literasi
      V




2.
PenerapanPendekatan/ModelPembelajaran*)






PendekatanSaintifik






a.Memfasilitasipesertadidikuntukmengamati.






b.Memancing/memfasilitasipesertadidikuntukmerumuskanpertanyaan.






c.Menfasilitasipesertadidikdalammengumpulkaninformasi/mencoba.






d.Memfasilitasipesertadidikdalammengolah/menganalisisinformasiuntukmembuatkesimpulan.






e.Menfasilitasidanmenyajikankegiatanbagipesertadidikuntukmengkomunikasikanpengetahuandanketrampilanyang diperolehnya.






f.Menfasilitasipesertadidikuntukmelakukankegiatanmencipta.






Genre-based Approach






a.MelaksanakantahapBuildingKnowledge of the Field(BKoF)






b.MelaksanakantahapModelling of theTexts (MoT)






c.MelaksanakantahapJointConstruction of the Texts(JCoT)






d.MelaksanakantahapIndependentConstruction of the Texts (ICoT)









Discovery/InquiryLearning





a. Melaksanakan tahap 1 merencanakan pertanyaan




b.Melaksanakantahap 2.Merencanakan




c.Melaksanakantahap 3.Mengumpulkandanmenganalisisdata




d.Melaksanakantahap 4.Menariksimpulan




b.MelaksanakanLangkah 2
Brainstorming




c.MelaksanakanLangkah 3PengumpulanInformasidanData




d.MelaksanakanLangkah 4BerbagiInformasidanBerdiskusiuntukMenemukanSolusiPenyelesaianMasalah




e.MelaksanakanLangkah 5PresentasiHasilPenyelesaianMasalah




f.MelaksanakanLangkah 6Refleksi




Project-based Learning




a.Melaksanakantahap 1 Penentuanprojek
     V



b.Melaksanakantahap 2 Perancanganlangkah-langkahpenyelesaianprojek
     V

Penyampaiankurangjelas–siswaada yang kebingungan

c.Melaksanakantahap 3 Penyusunanjadwalpelaksanaanprojek
      V



d.Melaksanakantahap 4 Penyelesaianprojekdenganfasilitasidanmonitoringguru
      V

Guru kurangmendekatisiswa

e.Melaksanakantahap 5 Penyusunanlaporandanpresentasi/publikasihasilprojek
     V

Presentasikurang

f.Melaksanakantahap 6 Evaluasiprosesdanhasilprojek

  V


Problem Based Learning




a.       Melaksanakan langkah 1. Klarifikasi permasalahan




b.      Melaksanakan langkah 2. Brainstorming




c.       Melaksanakan langkah 3 PengumpulanInformasidan Data
d.       




d.  Melaksanakan langkah 4 BerbagiInformasidanBerdiskusiuntukMenemukanSolusiPenyelesaianMasalah





e.       Melaksanakan langkah 5 PresentasiHasilPenyelesaianMasalah
f.        




 f. Melaksanakan langkah 6: Refleksi



3.
PelaksanaanPenilaian




a.MelaksanakanPenilaian/
PencatatanPerkembanganSikap
       V



b.MelaksanakanPenilaianPengetahuan
V

Tidakspesifiktiapanak

c.MelaksanakanPenilaianKetrampilan


       V

 C.
KegiatanPenutup



1
Menfasilitasidanmembimbingpesertadidikuntukmembuatsimpulankegiatanpembelajaran.
V


2
Melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatanyang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram.
       V


3
Memberikanumpanbalikterhadapprosesdanhasilpembelajaran.
      V


4
Merencanakankegiatantindaklanjutdalambentukpembelajaranremedi, programpengayaan, layanankonselingdan/ataumemberikantugasbaiktugasindividualmaupunkelompoksesuaidenganhasilbelajarpesertadidik.
     V


5
Menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya.
     V


6
Mengimplementasikan PPK
     V


7
Mengimplementasikan literasi
     V



..............................................................................
Pengamat,


...............................................................................


 Demikianlah Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran dan Penilaian