Menu

9.11.14

Analisis Buku Guru Kurikulum 2013

Analisis Buku Guru Kurikulum 2013




Kelompok : 5
No
Nama
No. Urut
Unit kerja
1.
Sukarti
9
SMP 6 Kroya
2.
Nurseah Yulianti
7
SMP 4 Kroya
3.
Budi Hartono
6
SMP 4 Kroya
4.
Hadi Riyanto
31
SMP Muhammadiyah Wanareja
5.
Prito Windiarto
30
SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur

PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Kompetensi:
1.       Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran
2.       Merencanakan tindak lanjut berdasarkan  hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat
-          Mendeskripsikan isi buku guru  yang   sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-          Mendeskripsikan  isi buku guru yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-          Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan menentukan tindak lanjut  berdasarkan hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.       Kerjakanlah secara berkelompok!
2.       Pelajari format Analisis Buku Guru
3.       Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.       Cermatilah  buku guru  yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan informasi lainnya 
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku guru dan  tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-          mendeskripsikan secara singkat isi buku  sesuai dengan aspek kegiatan guru
-          memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-          menuliskan alas an Anda memilih kualifikasi tersebut
6.       Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis ,
Jika kurang/tidak sesuai, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku guru tersebut.  Jika sesuai dengan kebutuhan, buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran.
7.       Setelah melakukan analisis buku guru dan buku siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara buku guru dan buku siswa yang Anda analisis.

FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku        : Buku Guru  Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
Kelas                    :  VIII
Jenjang               :  SMP
Topik                     :  Teks Prosedur
Kegiatan  Guru
Isi buku yang relevan dengan  kegiatan guru
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik

A.  Perencanaan Pembelajaran

Menentukan KI dan KD yang berkaitan
KD dan KI masih ada yang kurang





V
KI masih ada yang belum tercantum dalam buku
Masih harus disempurnakan
Menentukan alokasi waktu
Alokasi waktu belum dicantumkan



   V


Pada bab ini belum dicantumkan alokasi waktu
Guru hendaknya mencantumkan perkiraan waktu yang diperlukan untuk masing-masing bab pada RPP dalam kegiatan pembelajaran



Merumuskan indikator
Secara eksplisit indikator tidak dirumuskan, tapi secara implisit sudah terdapat dalam petunjuk





V
Kegiatan buku telah menggambarkan proses pencapaian indikator
Buku ini bisa dipedomani oleh guru
Merumuskan tujuan pembelajaran
Secara tersurat rumusan tujuan pembelajaran tidak ada, tapi tersirat dalam petunjuk buku




 

    V

Kegiatan pembelajarn perlu ditambahkan KD yang belum dicantumkan
Buku ini dapat dipedomani dengan menambahkan KD yang belum tercantum
Menentukan cakupan materi pembelajaran
Materi  pembelajaran sudah tercantum secara lengkap






    V

Buku ini dapat dijadikan pedoman dengan menambah KD yang belum tercantum
Menentukan pendekatan

Sudah menggunakan pendekatan saintifik


   V
Telah mencerminkan pendekatan saintifik
Buku ini dapat dipedomani
Menentukan model

Sudah menggunakan model pembelajaran DL, PBL, PjBL




  V
Sudah menggunakan tiga model pembelajaran
Buku ini dapat dipedomani oleh guru
Menentukan strategi

Pada bab III pembelajaran sudah
dikembangkan dengan cara menyusun prosedur




  V
Sudah menampilkan strategi pembelajaran secara jelas
Buku ini dapat dipedomani oleh guru
Menentukan metode

Pada bab III, metode yang digunakan penugasan, diskusi, tanya jawab dan inkuiri


  V
Sudah terdapat metode pembelajaran secara jelas
Buku ini dapat dipedomani oleh guru
Menentukan media, sumber dan alat

Media dan sumber pembelajaran sudah disebutkan peralatan yang digunakan pada prosedur


 V
Sudah dicantumkan media dan alat pembelajaran
Guru dapat menentukan alat pembelajaran sesuai dengan KD
Mendeskripsikan langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model,  dan  metode

Langkah-langkah yang disajikan dalam buku bab III sudah tersusun secara lengkap, dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran serta metode yang sesuai.






 V
Sudah dideskripsikan secara jelas
Guru dapat memedomani buku ini

B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Menilai Pengetahuan
-          Contoh instrumen
-          Pembahasan


Sudah terdapat contoh instrumen soal




    V
Pada bab III sudah terdapat penilaian pengetahuan  juga menuntut penilaian keterampilan

Menilai Sikap
-          Contoh instrumen
-          Rubrik
Penilaian sikap belum disajikan



   V


Belum terdapat penilaian sikap
Guru perlu merancang penilaian sikap secara mandiri
Menilai Keterampilan
-          Contoh instrumen
-          Rubrik
Sudah terdapat instrumen penilaian sikap






   V
Sudah disajikan penilaian

Portofolio

Pada bab III penugasan portopolio:
1.     Cara membuat bunga dari sedotan
2.     Cara menanam buah naga yang baik dan benar
3.     Pembibitan mawar dengan teknik stek
4.     Cara membuat layang-layang
5.     Cara membuat nasi goreng yang enak
6.     Cara membuat tas cantik dari kardus bekas
7.     Membuat  gantungan kunci dari bahan stik es krim



Penilaian portopolio sudah tersaji secara jelas
Guru dapat memedomani buku ini
Penilaian Diri

Belum tersaji secara eksplisit maupun secara implicit
   V
 

Penilaian diri belum tersaji
Guru perlu merancang penilaian diri
Penilaian Antar Teman
Belum tersaji penilaian antar teman
   V


Belum terdapat penilaian antarteman
Guru perlu membuat penilaian antarteman
Informasi Pengayaan Belajar

Sudah tersaji pengayaan


  V
Siswa diharapkan mampu menggali informasi

Informasikan hubungan guru dan Orang tua
Tidak terdapat informasi hubungan guru dengan orang tua
  V


Belum terdapat informasi hubungan guru dan orang tua
Guru dapat merancang informasi hubungan antara guru dan orang tua

Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku guru
Secara umum isi buku guru bab III telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, pembelajaran  Bahasa Indonesia berbasis teks tetapi ada beberapa hal yang kita rekomendasikan, antara lain:
  1. Untuk guru
1.       KI harus disempurnakan
2.       Guru perlu mengajarkan KD yang belum tercantum dalam bab III
3.       Guru perlu merancang penilaian diri
4.       Guru perlu menyiapkan alat yang diperlukan untuk pembelajaran
5.       Guru perlu membuat penilaian antarteman
  1. Untuk penulis buku
Penulis diharapkan merevisi atau menambahkan beberapa hal sesuai dengan langkah-langkah dalam tindak lanjut demi menyempurnakan buku ini.










LK- 2.2
 
Analisis Buku Guru


PETUNJUK PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Kompetensi:
3.       Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi guru dalam pelaksanaan pembelajaran
4.       Merencanakan tindak lanjut berdasarkan  hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.

Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat
-          Mendeskripsikan isi buku guru  yang   sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-          Mendeskripsikan  isi buku guru yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-          Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan menentukan tindak lanjut  berdasarkan hasil analisis

Panduan kegiatan:
1.       Kerjakanlah secara berkelompok!
2.       Pelajari format Analisis Buku Guru
3.       Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.       Cermatilah  buku guru  yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan informasi lainnya 
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku guru dan  tuliskan hasil analisis pada kolom yang tersedia pada format dengan cara:
-          mendeskripsikan secara singkat isi buku  sesuai dengan aspek kegiatan guru
-          memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau baik
-          menuliskan alas an Anda memilih kualifikasi tersebut
6.       Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis ,
Jika kurang/tidak sesuai, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku guru tersebut.  Jika sesuai dengan kebutuhan, buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran.
7.       Setelah melakukan analisis buku guru dan buku siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara buku guru dan buku siswa yang Anda analisis.




FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku        : Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
Kelas                    : VIII
Jenjang               : SMP
Topik                   : Memecahkan Permasalahan Dampak Teknologi lewat Diskusi
Kegiatan  Guru
Isi buku yang relevan dengan  kegiatan guru
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik

A.  Perencanaan Pembelajaran

Menentukan KI dan KD yang berkaitan
Dalam buku ini terdapat KI dan KD yang berkaitan dengan “Diskusi”



KI dan KD sudah sesuai dan mengarah pada SKL
Buku ini dapat menjadi pedoman guru
Menentukan alokasi waktu
Alokasi waktu tidak dicantumkan




Tidak ada keterangan alokasi waktu
Guru mencantumkan alokasi waktu
Merumuskan indikator
Indikator belum tercantum seluruhnya, hanya sebagian saja, yakni “Siswa diharapkan mampu menulis teks diskusi.”
“Siswa diharapkan mampu menulis teks diskusi secara berkelompok.”





Indikator tidak tercantum seluruhnya.
Guru mencantumkan indikator secara tersurat.
Merumuskan tujuan pembelajaran
Tujuan dicantumkan secara tersirat yaitu “guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai”


Tujuan tercantum walaupun secara implisit
Buku ini dapat dijadikan pedoman
Menentukan cakupan materi pembelajaran
Cakupan materi dijabarkan dalam pembahasan



Sudah dijabarkan dalam pembahasan
Buku ini bisa dipedomani oleh guru
Menentukan pendekatan

Menggunakan pendekatan saintifik (ilmiah)


Tampak penggunaan pendekatan saintifik walau belum terperinci
Buku ini dapat dijadikan pedoman pembelajaran
Menentukan model

Menggunakan model problem based learning




Ditampilkan masalah untuk dipecahkan oleh siswa
Buku ini dapat dijadikan pedoman pembelajaran
Menentukan strategi

Pada bab IV buku ini strategi pembelajaran yang dikembangkan adalah penayangan gambar dan teks kemudian dilanjutkan diskusi.


Dalam buku ini terdapat langkah-langkah (strategi) pembelajaran
Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran
Menentukan metode

Pada bab IV mengunakan metode bertanya, membandingkan, diskusi, adu argumentasi dan membuat simpulan


Metode jelas
Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran
Menentukan media, sumber dan alat

Terdapat keterangan pengunaan media dan sumber, namun alatnya belum tercantum secara rinci


Alat belum disebutkan secara rinci
Guru menambahkan rincian alat yang digunakan
Mendeskripsikan langkah pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model,  dan  metode

Langkah-langkah dijabarkan dalam bentuk  kegiatan (1, 2, 3) dan tugas siswa



Langkah-langkah sudah terjabarkan jelas
Buku ini dapat digunakan dalam pedoman pembelajaran

B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Menilai Pengetahuan
-          Contoh instrumen
-          Pembahasan

Terdapat instrumen dan pembahasan penilaian



Penilaian pengetahuan setiap KD ada
Buku ini dapat digunakan sebagai pedoman pembelajaran
Menilai Sikap
-          Contoh instrumen
-          Rubrik
Tidak terdapat instrumen dan rublik




Tidak ada instrumen  dan rublik
Guru menyediakan instrumen dan rublik
Menilai Keterampilan
-          Contoh instrumen
-          Rubrik
Terdapat instrumen dan rublik




Dijabarkan dalam instrumen dan rublik
Buku ini dapat digunakan dalam pedoman pembelajaran
Portofolio

Dalam bab IV buku ini tersaji penugasan portofolio:
1.  Menentukan struktur diskusi
2.  Mengidentifikasi unsur kebahasaan
3.  Menyusun teks diskusi
4.   Menelaah teks diskusi
5.  Meringkas teks diskusi


Terdapat portofolio
Buku ini dapat dipedomani dalam pembelajaran
Penilaian Diri

Belum terdapat penilian diri


Tidak ada penilian diri
Guru menyusun penilaian diri
Penilaian Antar Teman
Belum terdapat penilaian antar teman



Tidak terdapat penilian antar teman
Guru menyusun penilaian antar teman
Informasi Pengayaan Belajar

Pengayaan secara tersirat berupa tugas membaca buku/artikel yang berkaitan. Selain itu juga mengemukakan masalah keseharian untuk didiskusikan


 Tugas pengayaan secara tersirat
Guru mencantumkan pengayaan secara tersurat
Informasikan hubungan guru dan Orang tua
Diskusi siswa bisa diperkaya dengan mencari informasi (pendapat) dari orang tua. Walau Hal tersebut belum terjabarkan secara eksplisit


Belum tersampaikan secara eksplisit
Guru menugaskan siswa untuk bertanya pada orang tua mengenai hal  yang didiskusikan

Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku guru
Berdasarkan hasil analisis terhadap buku ini kami mengambil simpulan, secara umum isi buku guru bab IV telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Meskipun demikian masih ada beberapa hal yang kami rekomendasikan, antara lain:
A.       Untuk Guru
1.     Guru hendaknya mencantumkan alokasi waktu
2.     Indikator dicantumkan secara lengkap dan eksplisit
3.     Tujuan dan cakupan materi sebaiknya dicantumkan secara ekspisit
4.     Guru perlu menentukan alat pembelajaran sesuai dengan KD secara rinci
5.     Guru perlu melengkapi instrumen penilaian sikap, penilaian antarteman, dan penilain diri.
6.     Guru menyusun informasi yang menghubungkan guru dan orang tua
7.     Pengayaan disusun secara tersurat
B.       Untuk Penyusun
1.       Penyusun diharapkan merevisi atau menambahkan beberapa hal sesuai dengan langkah-langkah dalam tindak lanjut.
2.       Penyusun diharapkan melengkapi buku dengan materi berisi penjelasan terhadap istilah-istilah sulit atau baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar