Menu

7.5.15

RPP Bahasa Indonesia Dialog Interaktif


RPP Bahasa Indonesia Dialog Interaktif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMPIT AL-FAWWAZ
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi    : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi / siaran radio
Kompetensi Dasar      : 1.2. Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi / siaran radio
Alokasi waktu             : 4 x  40 menit ( 2x pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2.   Materi Pembelajaran
Cara mengomentari pendapat dalam dialog dan implementasi- nya

3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Diskusi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
       1.  Peserta didik Bertanya jawab mengenai pendapat para narasumber
Memotivasi :
           1. Peserta didik Mendata pendapat tiap-tiap narasumber

      b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif
F  memfasilitasi Peserta didik dapat Mendata pendapat tiap-tiap narasumber.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mengomentari pendapat tiap-tiap narasumber dengan alasan yang meyakinkan
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

5.   Sumber Belajar
      a. Gambar
      b. Rekaman dialog interaktif

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mendata pendapat tiap-tiap narasumber
·   Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan

Tes tulis
Uraian
§ Tuliskan kembali pokok-pokok pemikiran narasumber!
§ Berilah komentar terhadap pendapat narasumber!



Mengetahui,
Kepala Sekolah,



( Adi Saputra, S.Pd.I)
                                                                                                

Banjar,   Juli  2014
Guru Mapel Bahasa Indonesia,



( Emmie Apriani, S.Pd.)


RPP ini merupakan modifikasi dari RPP CV Azzahra, yang merasa keberatan silakan komplain via twitter @pritowindiarto
RPP Bahasa Indonesia Dialog Interaktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar