RPP Bahasa Indonesia Dialog Interaktif
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMPIT AL-FAWWAZ
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : IX/1
Standar
Kompetensi : 1. Memahami dialog
interaktif pada tayangan televisi / siaran radio
Kompetensi
Dasar : 1.2. Mengomentari pendapat
narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi / siaran radio
Alokasi waktu :
4 x 40 menit ( 2x pertemuan )
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat Mengomentari
pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran
radio.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat
dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat
dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung
jawab ( responsibility )
2. Materi
Pembelajaran
Cara mengomentari pendapat
dalam dialog dan implementasi- nya
3. Metode
Pembelajaran
a. Tanya jawab
b. Diskusi
4. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama dan kedua :
a.
Kegiatan Awal
Apersepsi
:
1.
Peserta didik Bertanya jawab mengenai pendapat para narasumber
Memotivasi :
1. Peserta didik Mendata
pendapat tiap-tiap narasumber
b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu
bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang
tepat
F memfasilitasi
Peserta didik dapat Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif
F memfasilitasi
Peserta didik dapat Mendata pendapat tiap-tiap narasumber.
F melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F Mengomentari pendapat tiap-tiap narasumber dengan alasan
yang meyakinkan
F memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu
menyelesaikan masalah;
Ø memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Sumber Belajar
a.
Gambar
b. Rekaman dialog interaktif
6. Penilaian
·
Penilaian proses dilaksanakan selama
pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
|
·
Mendata pendapat tiap-tiap
narasumber
· Mengomentari
pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan
|
Tes tulis
|
Uraian
|
§ Tuliskan kembali pokok-pokok pemikiran narasumber!
§ Berilah komentar terhadap pendapat narasumber!
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
( Adi Saputra, S.Pd.I)
|
Banjar, Juli 2014
Guru Mapel Bahasa Indonesia,
( Emmie Apriani, S.Pd.)
|
RPP ini merupakan modifikasi dari RPP CV Azzahra, yang merasa keberatan silakan komplain via twitter @pritowindiarto
RPP Bahasa Indonesia Dialog Interaktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar