Menu

30.11.16

Contoh Soal UAS Semester 1 Bahasa Indonesia Kelas VII / 7 SMP / MTs Terbaru

Contoh Soal UAS Semester 1 Bahasa Indonesia Kelas VII / 7 SMP / MTs Terbaru

Yayasan Ibadurrahman
Pondok Pesantren Modern Darul Huda
SMP IT Al Fawwaz
Kota Banjar

ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) 1
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Hari / tanggal : Senin, Desember 2016

A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih a, b, c, atau d!

1. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Puluhan pedagang mulai berjualan dengan dasaran seadanya di halaman eks kantor Kawedanan Boja. Di sisi lain, muncul penjual dan pengepul besi rongsok dari sisa-sisa kebakaran Pasar Gede Boja. Polisi masih berjaga-jaga dan belum mengambil tindakan pengamanan aset.
Pokok-pokok berita yang terdapat pada penggalan teks di atas adalah ...
a. -Pedagang berjualan dengan dasaran sedanya
-Pemulung mengumpulkan besi sisa kebakaran
-Polisi belum mengambil tindakan pengamanan aset
b. -Pedagang tidak lagi berjualan dengan dasaran seadanya
-Pemulung mengumpulkan besi sisa kebakaran
-Polisi sudah mengambil tindakan pengamanan aset
c. -Pedagang berjualan dengan dasaran seadanya
-Pemulung akan mengumpulkan besi sisa kebakaran
-Polisi mengambil tindakan pengamanan aset
d. -Pedagang dilarang berjualan dengan dasaran seadanya
-Pemulung mengumpulkan besi sisa kebakaran
-Polisi telah mengambil tindakan pengamanan aset

2. Pembulu tangkis utama Indonesia menjanjikan hasil terbaik pada turnamen Grand Prix Gold Indonesia. Di Samarinda, kalimantan Timur, turnamen itu dilaksanakan. Turnamen itu dilaksanakan rabu,(13/10).
Bentuk penyajian penggalan berita di atas adalah ...
a. apa, di mana, siapa c. di mana, apa, kapan
b. siapa, di mana, kapan d. Siapa, kapan, apa

3. Bacalah kutipan berikut!
Berita A
Dinas Kesehatan Kabupaten Subang mencatat, demam berdarah terburuk terjadi tahun 2014 lalu. Sebanyak 1.000 lebih warga Subang terjangkit penyakit tersebut. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Budi Subiantoro.
Berita B
Dari 1.100 korban serangan DBD, delapan diantaranya meninggal dunia. Mayoritas korban serangan DBD merupakan warga yang tinggal di kawasan perkotaan dan pemukiman padatpenduduk. Uapaya maksimal dilakukan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran DBD.

Perbedaan penyajian kedua berita di atas adalah ...
a. Penyajian berita A: di mana, berapa, siapa dan penyajian berita B: bagaimana, siapa, mengapa
b. Penyajian berita A: kapan, berapa, siapa dan penyajian berita B: berapa, di mana, bagaimana
c. Penyajian berita A: berapa, di mana, bagaimana dan penyajian berita B: kapan, berapa, siapa
d. Penyajian berita A: bagaiman, siapa, mengapa dan penyajian berita B: di mana, berapa, siapa

4. “Banjir yang melanda Ibukota mengakibatkan aktivitas perekonomian lumpuh total. Sebagian masyarakat sibuk mengungsi atau membersihkan rumah mereka dari genangan air.”
Pokok masalah berita tersebut adalah...
a. Sebagian masyarakat
b. Sibuk membersihakan rumah
c. Banjir yang mengakibatkan kelumpuhan ekonomi
d. Banjir yang membuat orang malas beraktivitas ekonomi

5. Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Letusan Gung Merapi, Senin (1/11), menguak betapa banyak fenomenayang terjadi. Salah satunya adalah asap solfatara atau awan yang terlihat membentuk sebuah gambar tokoh pewayangan, Petruk. Asap itu dikenal dengan awan mbah Petruk. Sekitar lima jam setelah kemunculan awan Mbah Petruk, Gunung Merapi tersebut meletus.hal tersebut terulang hingga dua kali.
Simpulan paragraf berita tersebut adalah ...
a. Awan Mbah Petruk yang muncul berbeda dengan asap solfatara
b. Tokoh Petruk dikenal sebagai tokoh yang suka jahildalam cerita pewayangn
c. Munculnya awan Mbah Petruk menjadi penandaGunung Merapi akan meletus
d. Lima jam sebelum Gunung Merapi meletus tidak ditemukan awan Mbah Petruk

6. Bacalah paragraf berikut!
Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan, semua perusahaan diwajibkan menjamin keselamatan dan kesehatan tenag kerjanya. Jam kerja para karyawan ditentukan. Biasanya 8 jam sehari. Tiga jam setelah bekerja mereka diberi kesempatan untuk beristirahat sekitar 15 menit. Selain itu para pekerja diwajibkan mengenakan masker khusus bagi tenaga kerja yang bekerja di area berasap, berdebudan berbau.
Simpulan teks di atas adalah ...
a. Setiap karyawan wajib mamatuhi peraturan di perusahaan tempatnya bekerja.
b. Undang-Undang ketenagakerjaan berisi peraturan bagi setiap tenaga kerja dalam perusahaan.
c. Setiap perusahaan mewajibkan semua karyawan mematuhi peraturan.
d. Karyawan yang tidak mematuhi peraturan akan mendapat sanksi dari perusahaan.

7. Bacalah paragraf berikut!
Lingkungan hidup yang sehat tentu memberikan dampak yang banyak terutama bagi kesehatan kita dan keluarga. Alam dan lingkungan dewasa ini perlu kita gunakan semaksimal mungkin untuk kesejahtaraan kita bersama. Sebagai contoh kita bisa memanfaatkan lingkungan untuk menunjang prekonomian kita.
Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...
a. Alam dan lingkungan perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin.
b. Lingkungan hidup sehat memberikan dampak positif bagi keluarga.
c. Pemanfaatan lingkungan yang baik dapat menunjang perekonomian.
d. Lingkungan hidup sehat mampu membenahi perekonomian.

8. Teks untuk mengerjakan soal nomor 8 dan 9
Suatu hari aku pulang sekolah naik angkutan umum karena tidak dijemput. Ketika diangkot itu aku berkenalan dengan seorang siswi SMP. Namanya Diana. Kami ngobrol ttentang sekolah kami masing-masing.
Ketika kernet angkot menariki ongkos, mendadak Dinda terkejut. Lalu aku bertanya kenapa dan dia menjawab bahwa dompetnya hilang. Aku minta dia mencari dulu takutnya terselip, tetapi setelah di cari tetap tidak ada.
Karena kasihan, akhirnya aku membayar ongkos angkutan Dindasekaligus aku beri tambahan 5000 untuk melanjutkan perjalannya sampai ke rumah.
Di tengah jalan, dinda berhenti dan turun. Dia mengucapkan terima kasih kepadaku. Setelah angkutan itu berjalan lagi, kenek angkutan itu bercerita bahwa gadis yang bernama Dinda itu penipu. Ia sudah sering berakting kehilangan dompetuntuk mencari belas kasihan korbannya.
Aku benar-benar tidak meyangka gadis secantik Dinda menjadi penipu. Aku sedih menjadi korbannya, namun aku tetap berdoa semoga Dinda segera bertobat.
Bagian yang mengesankan dari cerita pengalaman pribadi tesebut adalah ...
a. Tidak menyadari menjadi korban penipuan
b. Berkenalan dengan siswi SMP
c. Naik angkutan umum karena tidak dijemput
d. Kehilangan dompet di angkutan umum

9. Pesan yang dapat dipetik dari cerita pengalaman tersebut adalah ...
a. Sebaiknya kita tidak anaik angkutan umum ketika pulang sekolah
b. Sebaiknya kita tidak bicara dengan orang yang baru dikenal
c. Sebaiknya kita tidak sembarangan menaruh dompet agar tidak kecopetan
d. Sebaiknya kita selalu waspada kepada orang yang baru dikenal

10. Perhatikan paragraf berikut!
Pagi itu aku berjalan cepat sambil tak hentinya merutuki jam weker usang yang telah mati. Ya, pagi itu aku bangun kesiangan. Sambil jalan tergopoh-gopoh aku benahi dasi dan topi. Karena bisa tontonan gratis ketika tidak menggunakan dua atribut itu saat upacara. Dengan wajah, masih cemberut aku buka pintu gerbang yang tumben-tumbennya masih menutup rapat saat jam menunjukkan pukul 06.50. Disitulah awal peristiwa memalukan itu terjadi.(...). Kelas sepi, aku pikir mereka telah berbaris di lapangan. Namun ketika sampai di lapangan, aku hanya bisa termenung karena tak ada satupun orang di sana. ...
Kalimat efektif yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah ...
a. Tanpa tengok kanan-kiri aku menuju kelas paling luar.
b. Tanpa tengak-tengok kanan-kiri aku menuju kelas paling luar.
c. Tanpa lihat kanan-kiri aku menuju kelas paling luar.
d. Tanpa menghiraukan kanan-kiri aku menuju kelas paling luar.

11. Perhatikan kalimat berikut!
“Para siswa-siswa pada berbaris di lapangan guna untuk mengikuti upacara.”
Kalimat tersebut dapat diefektifkan menjadi...
a. Para siswa pada berbaris di lapangan guna untuk mengikuti upacara.
b. Para siswa berbaris di lapangan guna untuk mengikuti upacara.
c. Para siswa berbaris di lapangan guna mengikuti upacara.
d. Para siswa-siswa berbaris di lapangan untuk mengikuti upacara.

12. Perhatikan kata-kata berikut!
efektif-efisien-cerdas-objektif-produktif
urutan kata secara alfabetis adalah ...
a. efektif c. cerdas
efisien    efektif
cerdas    efisien
objektif    produktif
produktif    objektif
b. cerdas d. cerdas
efisien    efisien
efektif    efektif
produktif    objektif
objektif    produktif

13. Perhatikan kata-kata berikut!
Bentuk dasar kata-kata di bawah ini jika disusun secara alfabetis, urutannya adalah ...
pengawal-berlayar-berkunjung-kedatangan

a. pengawal-berkunjung-berlayar-kedatangan
b. berkunjung-berlayar-kedatangan-pengawal
c. pengawal-berkunjung-kedatangan-berlayar
d. kedatangan-pengawal-berkunjung-berlayar

14. Bacalah kutipan teks berikut!
Biograf modern biasanya ditulis berdasarkan penelitian cermat. Isinya cenderung objektif. Biografi gaya lama biasanadisusun untuk memberikan teladan kepada pembacanya. Kisah hidup ini dapat berupa tulisan hasil telaah ilmiah  atau dalam bentuk karya sastra.
Makna kata biografi dalam teks di atas adalah ...
a. Riwayat hidup seseorang yang ditulis diri sendiri
b. Riwayat hidup sesorang yang ditulis orang lain
c. Riwayat hidup seseorang
d. Riwayat hidup

15. Makna kata telaah ilmiah dalam paragraf pada nomor soal 14 adalah ...
a. Terapan b. penelitian c. karangan d. tulisan



Jika sahabat ingin contoh soal UAS pelajaran bahasa Indonesia kelas 7 lengkap (50 soal ) plus kisi-kisinya agar mudah diedit dan salin-tempel silakan:

Ketik nama (spasi) nama sekolah / instansi (spasi) email (spasi) Soal Kelas 7
Kirim via SMS / WA / LINE ke 087826263364

Lalu isi pulsa senilai Rp10.000 atau kelipatannya ke nomor tersebut di atas (sebagai ganti biaya penyusunan dan pengetikan)
Selain dapat soal sahabat juga akan mendapat buku elektronik (ebook):
- Rahasia Menulis di Media Masa
- Selaksa Asa
- Antologi Puisi Kepingan Kehidupan 

Demikianlah Contoh Soal UAS Semester 1 Bahasa Indonesia Kelas VII / 7 SMP / MTs Terbaru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar