tas
Home » » Menjadi Suporter yang Baik

Menjadi Suporter yang Baik

Written By Prito Windiarto on 08 December 2012 | 2:53 PM






Menjadi Suporter yang Baik
Prito Windiarto
Suporter. Menurut KBBI berarti  orang yang memberikan dukungan, sokongan (dalam pertandingan). Menurut arti tersebut keberadaan suporter penting dalam menyemarakan suatu pertandingan. Dalam sepakbola, suporter sering disebut sebagai pemain keduabelas. Walaupun mereka tidak diperkenankan ikut bermain di lapangan namun sorak-sorai dan gemuruh yang membahama mampu membangkitkan gairah berjuang sebelas pemain di lapangan. Sebaliknya, bagi tim lawan gempita dukungan itu bisa merusak mental bertanding.
            Sepakbola sebagai olahraga terpopuler dunia memiliki basis suporter terbesar. Tim Nasional atau klub biasanya memiliki suporter fanatik masing-masing, bahkan ada yang merupakan suporter garis keras. Dalam taraf internasinal kita mengenal misalnya, Juventini sebagai suporter Juventus, Red Amry pendukung Manchester United, Gooners suporter Arsenal, dll. Di tanah air kita mengenal Bobotoh (Viking) sebagai pendukung Persib. The Jak suporter Persija, Bonek pendukung Persebaya, dll.
Menurut hemat saya menjadi suporter/fans tidak masalah selama itu masih dalam taraf kewajaran. Yang disayangkan adalah ketika suporter mendukung secara berlebihan bahkan membabi buta. Rela melakukan apa saja demi mendukung klub walaupun harus melanggar  hukum dan norma sekalipun. Atas nama fanatisme ada yang menumpang atap kereta tanpa membayar karcis. Masuk stadion secara illegal tanpa tiket dll.
            Yang lebih menggiriskan adalah ketika terjadi friksi antar suporter. Mengunggulkan tim yang didukung suatu kewajaran, yang tak wajar adalah ketika mengolok-olok tim lain dengan kata-kata kasar. Ada pula yang saling hina dengan kata-kata melecehkan. Pada satu titik bahkan terjadi bentrok antara satu suporter dengan suporter lain, atau antara suporter dengan warga.  Bisa jadi sumber masalahnya hanya sepele, seperti saling berbalas yel-yel. Lama kelamaan saling ejek, timbullah amarah, dan meledaklah kericuhan. Sanggat memiriskan.
            Hal-hal buruk semacam itu tentu saja harus dilenyapkan. Sudah saatnya kita belajar untuk menjadi suporter yang baik. Mendukung tim dengan sehat, bukan sebaliknya. Mari …

*Humas LDK RM Unigal. Pinmum Linguistika. Penonton Bola.     
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Cari Materi Pelajaran Lain

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger