Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013
Kelas VIII
(Teks Cerita Prosedur dan Diskusi)
Kelompok : 5
No Nama No. Urut Unit Kerja
1. Sukarti 9 SMP 6 Kroya
2. Nurseah Yulianti 7 SMP 4 Kroya
3. Budi Hartono 6 SMP 4 Kroya
4. Hadi Riyanto 31 SMP Muhammadiyah Wanareja
5. Prito Windiarto 30 SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur
FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
Judul Buku : Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
Kelas : VIII
Jenjang : SMP
Topik : Teks Prosedur
Komponen Buku | Deskripsi pada buku | Kualifikasi | Alasan | Tindak lanjut | ||
Kurang | Cukup | Baik | ||||
A. Sistematika | ||||||
Judul sesuai dengan KD yang harus dicapai | V | 1.Belum ada KD 3.3 yaitu mengklasifikasi teks prosedur 2. Belum ada KD 4.1 yaitu menangkap makna | Guru perlu menyiapkan Materi KD 3.3 klasifikasi teks prosedur dan KD 4.1 yaitu menangkap makna teks prosedur | |||
Urutan sub topik /materi sesuai dengan KD dan sistematika keilmuan | Kegiatan 1. Pemodelan teks prosedur Tugas:
Kegiatan 2. Menyusun teks prosedur secara berkelompok Tugas :
Prosedur dengan kata-kata sendiri. Kegiatan 3: Menyusun teks prosedur secara mandiri Tugas:
| Sesuai dengan KD 3.1 Sesuai KD 4.2 Sesuai KD 3.2 Sesuai KD 4.3 Urutan materi belum sesuai dengan urutan KD Sesuai dengan KD 3.4 Sesuai dengan KD 4.4 Sesuai dengan KD 4.1 | Guru hendaknya dalam memberikan tugas mengurutkan KD | |||
Komponen penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik | Penilaian sesuai dengan penilaian autentik Penilaian pengetahuan Kegiatan 1, Tugas 1, 2, dan 3 Kegiatan 2, tugas 2, 3 Kegiatan 3 tugas 1, Penilaian Keterampilan Kegiatan 2, tugas 1 dan 4 Kegiatan 3, tugas 2, 3, 4 Penilaian Sikap Terdapat pada kegiatan 1 Tugas 2 halaman 89 dan kegiatan 3 tugas 4 hal 114. | V | Ketiga aspek sudah tercakup dalam bab ini | Bagian buku ini bisa digunakan | ||
B. Uraian Materi | ||||||
Pendahuluan bab memotivasi siswa untuk belajar | Pendahuluan memotivasi siswa untuk menyusun prosedur pencangkokan tanaman dan pembuatan layang-layang sebagai bentuk kreativitas | V | Pendahuluan mampu memberikan motivasi siswa untuk melakukan pencangkokan dan membuat layang-layang | Pendahuluan ini bisa digunakan | ||
Cakupan materi setiap sub topik/sub bab memenuhi kebutuhan pencapaian KD | Setiap sub topik mencakup KD, memahami, menyusun, Menelaah, mengidentifikasi, meringkas, merivisi. | V | Cakupan materi belum lengkap | Guru hendaknya menambahkan materi yang belum ada da yaitu mengklasifikasi dan menangkap makna. | ||
Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik | Buku secara tersirat sudah dapat memfasilitasi dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik. | V | Kegiatan pada buku dapat memfasilitasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran, tetapi secara tersirat. | Guru melengkapi Kekurangan dengan menuliskan pada RPP | ||
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar | ||||||
Penilaian Pengetahuan | Penilaian sesuai dengan penilaian autentik Penilaian pengetahuan Kegiatan 1Tugas 1, 2, dan 3 Kegiatan 2, tugas 2, 3 Kegiatan 3 tugas 1 | V | Terdapat penilaian proses dan hasil belajar | Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran | ||
Penilaian Sikap | Penilaian Sikap Terdapat pada kegiatan 1 Tugas 2 halaman 89 dan kegiatan 3 tugas 4 hal 114. | V | Sudah mencantumkan rancangan penilaian sikap pada halaman 89 dan 114 | Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran | ||
Penilaian Keterampilan | Penilaian Keterampilan Kegiatan 2, tugas 1 dan 4 Kegiatan 3, tugas 2, 3, 4 | V | Sudah tercantum dalam rancangan penilaian keterampilan | Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran | ||
Tugas | Dalam buku siswa sudah dilengkapi tugas setiap kegiatan | V | Setiap kegitan dilengkapi dengan tugas | Buku ini dapat digunakan |
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa Secara umum isi bab III telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks, namun ada beberapa hal yang harus ditindaklanjuti, antara lain: A. Guru
Urutan sub bab dan urutan materi dalam buku ini belum sesusi dengan sistematika keilmuan. Sebaiknya mengurutkan sesuai dengan sistematikanya.
Pada bab ini sebaiknya guru menambahkan materi untuk KD 3.3 mengklasifikasi teks prosedur dan KD 4.1 menangkap makna teks prosedur.
Penulis diharapkan merevisi dengan menambahkan beberapa hal sesuai dengan langkah-langkah dalam tindak lanjut. |
FORMAT ANALISIS BUKU SISWA
Judul Buku : Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
Kelas : VIII
Jenjang : SMP/MTs
Topik : Memecahkan Permasalahan Dampak Teknologi Lewat Diskusi
Komponen Buku | Deskripsi pada buku | Kualifikasi | Alasan | Tindak lanjut | |||
Kurang | Cukup | Baik | |||||
A. Sistematika | |||||||
Judul sesuai dengan KD yang harus dicapai | Judul “Memecahkan Permasalahan Dampak Teknologi Lewat Diskusi” sesuai KD | √ | Judul sesuai KD yakni diskusi | Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran | |||
Urutan sub topik /materi sesuai dengan KD dan sistematika keilmuan | Kegiatan 1: Pemodelan teks diskusi Tugas: 1. Memahami teks diskusi 2. Mengenali struktur teks diskusi 3. Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks diskusi Kegiatan 2 : Penyusunan teks diskusi secara kelompok Tugas: 1. Melengkapi teks diskusi 2. Menyusun teks diskusi 3. Mengidentifikasi dan menelaah teks diskusi 4. Meringkas dan menyusun teks diksusi Kegiatan 3: Penyusunan teks diskusi secara mandiri Tugas: 1. Mencari dan mengidentifikasi teks diskusi 2. Menyusun dan meringkas teks diskusi 3. Menelaah unsur kebahasaan teks diskusi 4. Membandingkan teks diskusi dengan teks eksposisi | √ | Mencakup semua materi namun tidak berurutan | Guru mengurutan materi sesuai dengan KD | |||
Komponen penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik | Penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik Penilaian Pengetahuan : untuk penilaian pengetahuan pada bab IV ini tersedia berupa tugas 1, 2, dan 3 pada kegiatan 1 Penilaian Keterampilan : untuk menilai keterampilan dilakukan melalui tugas 1, 2, 3 dan 4 pada kegiatan 2 Penilaian Sikap : untuk menilai sikap pada buku siswa kelas VIII bab IV dilakukan ketika siswa melakukan diskusi dan selama proses pembelajaran | √ | Ketiga aspek penilaian terdapat pada bab IV | Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran | |||
B. Uraian Materi | |||||||
Pendahuluan bab memotivasi siswa untuk belajar | Buku ini memotivasi siswa, yakni “Menghargai pendapat orang lain merupakanan salah satu ciri karakter bangsa yang harus dijada dan dipelihara” Untuk menyelesaikan permasalahan ditempuh lewat jalur diskusi/musyawarah | √ | Memotivasi siswa untuk menjaga persatuan bangsa | Buku ini dapat digunakan sebagai sumber belajar | |||
Cakupan materi setiap sub topik/sub bab memenuhi kebutuhan pencapaian KD | Ya, mencakup mulai KD 3.1 sampai 4.4 tentang diskusi | √ | KD tercakup dalam materi | Buku ini bisa digunakan dalam pembelajaran | |||
Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik | Menggunakan pendekatan saintifik (ilmiah): a. Mengamati b. Menanya c. Mengumpulkan informasi d. Mengasosiasi e. mengkomunikasikan | √ | Mengunakan pendekatan saintifik (ilmiah) Walau belum secara tersurat | Buku ini dapat digunakan sebagi sumber belajar dengan melengkapi dengan RPP yang mencantumkan pendekatan saintifik secara tersurat | |||
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar | |||||||
Penilaian Pengetahuan | Penilaian pengetahuan pada bab IV buku ini tersedia berupa tugas 1, 2, dan 3 pada kegiatan 1 | √ | Sudah terdapat penilian penegtahuan | Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran | |||
Penilaian Sikap | Penilaian sikap tersirat, belum tersurat dalam instrumen dan rublik yang jelas | √ | Penilaian tersirat, belum tersurat | Guru menyediakan rublik penilaian secara tersurat | |||
Penilaian Keterampilan | Penilaian keterampilan melalui tugas 1, 2, 3 dan 4 pada kegiatan 2 | √ | Penilaian keterampilan tersurat | Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran | |||
Tugas | Dalam setiap kegiatan (sub topik) senantiasa disertai dengan tugas | √ | Terdapat tugas dalam setiap kegiatan | Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran | |||
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa Berdasarkan hasil analisis, kami menemukan secara umum isi bab IV telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Meskipun demikian ada beberapa hal yang harus ditindaklanjuti, antara lain: A. Guru 1. Guru sebaiknya menyesuaikan urutan sub topik/materi dengan KD dan sistematika keilmuan 2. Guru melengkapi penilaian sikap secara tertulis (dengan rublik) 3. Guru menjabarkan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran B. Penyusun 1. Penyusun diharapkan merevisi atau menambahkan beberapa hal sesuai dengan langkah-langkah dalam tindak lanjut. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar