18.10.14

Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas VIII (Teks Cerita Prosedur dan Diskusi)






Analisis Buku Siswa Kurikulum 2013
Kelas VIII 
(Teks Cerita Prosedur dan Diskusi)

Kelompok : 5
No Nama No. Urut Unit Kerja
1. Sukarti 9 SMP 6 Kroya
2. Nurseah Yulianti 7 SMP 4 Kroya
3. Budi Hartono 6 SMP 4 Kroya
4. Hadi Riyanto 31 SMP Muhammadiyah Wanareja
5. Prito Windiarto 30 SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur



FORMAT ANALISIS BUKU SISWA

Judul Buku          : Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
Kelas                     :  VIII
Jenjang                :  SMP
  Topik                   : Teks Prosedur

Komponen Buku
Deskripsi pada buku
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik
A.   Sistematika

Judul  sesuai dengan  KD yang harus dicapai







V
1.Belum ada KD 3.3 yaitu mengklasifikasi teks prosedur
2. Belum ada KD 4.1 yaitu menangkap makna
Guru perlu menyiapkan
Materi KD 3.3
klasifikasi teks prosedur dan KD 4.1 yaitu menangkap makna teks prosedur

Urutan sub topik /materi sesuai dengan  KD dan sistematika keilmuan

Kegiatan 1. Pemodelan teks prosedur
Tugas:
  1. Memahami teks prosedur
  2. Memahami struktur teks prosedur
  3. Memahami unsur kebahasaan teks prosedur
Kegiatan 2.
Menyusun teks prosedur secara berkelompok
Tugas :
  1. Menyusun teks prosedur yang urut dan logis
  2. Membedakan teks prosedur dengan teks yang lain
  3. Menelaah unsur kebahasaan
  4. Menyusun teks
Prosedur dengan kata-kata sendiri.
Kegiatan 3:
Menyusun teks prosedur secara mandiri
Tugas:
  1. Mengidentifikasi kekurangan teks
  2. Menyusun teks prosedur dengan kata-kata sendiri
  3. Meringkas dan menceritakan teks
  4. Merevisi teks








Sesuai dengan KD 3.1













Sesuai KD 4.2

Sesuai KD 3.2

Sesuai KD 4.3

Urutan materi belum sesuai dengan urutan KD







Sesuai dengan KD 3.4


Sesuai dengan KD 4.4
Sesuai dengan KD 4.1
Guru hendaknya dalam memberikan tugas mengurutkan KD
 Komponen penilaian  sesuai tuntutan penilaian autentik


Penilaian sesuai dengan penilaian autentik
Penilaian pengetahuan
Kegiatan 1, Tugas 1, 2, dan 3
 Kegiatan 2, tugas 2, 3
Kegiatan 3 tugas 1,
Penilaian Keterampilan
Kegiatan 2, tugas 1 dan 4
Kegiatan  3,   tugas 2, 3, 4
Penilaian Sikap
Terdapat pada kegiatan 1
Tugas 2 halaman 89 dan kegiatan 3 tugas 4 hal 114.





V
Ketiga aspek sudah tercakup dalam bab ini
Bagian buku ini bisa digunakan
B. Uraian Materi             
Pendahuluan bab memotivasi siswa untuk belajar
Pendahuluan memotivasi siswa  untuk menyusun prosedur pencangkokan tanaman dan pembuatan layang-layang sebagai bentuk kreativitas






V
Pendahuluan mampu memberikan motivasi siswa untuk melakukan pencangkokan dan membuat layang-layang
Pendahuluan ini bisa digunakan
Cakupan materi setiap sub topik/sub bab  memenuhi kebutuhan pencapaian KD
Setiap sub topik mencakup  KD, memahami, menyusun,
Menelaah, mengidentifikasi, meringkas, merivisi.


V
Cakupan materi belum lengkap
Guru hendaknya menambahkan materi yang belum ada da yaitu mengklasifikasi dan menangkap makna.
Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik


Buku secara tersirat sudah dapat memfasilitasi dalam pembelajaran dengan pendekatan saintifik.






V
Kegiatan pada buku dapat memfasilitasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran, tetapi secara tersirat.
Guru melengkapi
Kekurangan dengan menuliskan pada RPP
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Penilaian  Pengetahuan



Penilaian sesuai dengan penilaian autentik
Penilaian pengetahuan
Kegiatan 1Tugas 1, 2, dan 3
 Kegiatan 2, tugas 2, 3
Kegiatan 3 tugas 1



V
Terdapat penilaian proses dan hasil belajar
Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran
Penilaian Sikap
Penilaian Sikap
Terdapat pada kegiatan 1
Tugas 2 halaman 89 dan kegiatan 3 tugas 4 hal 114.





V
Sudah mencantumkan rancangan penilaian sikap pada halaman 89 dan 114
Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran
Penilaian Keterampilan

Penilaian Keterampilan
Kegiatan 2, tugas 1 dan 4
Kegiatan  3,   tugas 2, 3, 4


V
Sudah tercantum dalam rancangan penilaian keterampilan
Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran
Tugas




Dalam buku siswa sudah dilengkapi tugas setiap kegiatan


V
Setiap kegitan dilengkapi dengan tugas
Buku ini dapat digunakan

Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
Secara umum isi bab III telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks, namun ada beberapa hal yang harus ditindaklanjuti, antara lain:
A.       Guru
  1. Urutan subtopik/materi sesuai dengan KD dan sistematika keilmuan
Urutan sub bab dan urutan materi dalam buku ini belum sesusi dengan sistematika keilmuan. Sebaiknya mengurutkan sesuai dengan sistematikanya.
  1. Cakupan materi pada subtopik
Pada bab ini sebaiknya guru menambahkan materi untuk KD 3.3 mengklasifikasi teks prosedur dan KD 4.1 menangkap makna teks prosedur.
  1. Penulis Buku
Penulis diharapkan merevisi dengan menambahkan beberapa hal sesuai dengan langkah-langkah dalam tindak lanjut.






FORMAT ANALISIS BUKU SISWA

Judul Buku        : Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
Kelas                    : VIII
Jenjang               : SMP/MTs
Topik                   : Memecahkan Permasalahan Dampak Teknologi Lewat Diskusi

Komponen Buku
Deskripsi pada buku
Kualifikasi
Alasan
Tindak lanjut
Kurang
Cukup
Baik
A.   Sistematika

Judul  sesuai dengan  KD yang harus dicapai
Judul  “Memecahkan Permasalahan Dampak Teknologi Lewat Diskusi” sesuai KD


Judul sesuai KD yakni diskusi
Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran
Urutan sub topik /materi sesuai dengan  KD dan sistematika keilmuan

Kegiatan 1:  Pemodelan teks diskusi
Tugas:
1.     Memahami teks diskusi
2.     Mengenali struktur teks diskusi
3.     Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks diskusi

Kegiatan 2 :
Penyusunan teks diskusi secara kelompok
Tugas:
1.     Melengkapi teks diskusi
2.     Menyusun teks diskusi
3.     Mengidentifikasi dan menelaah teks diskusi
4.     Meringkas dan menyusun teks diksusi
Kegiatan 3: Penyusunan teks diskusi secara mandiri
Tugas:
1.     Mencari dan mengidentifikasi teks diskusi
2.     Menyusun dan meringkas teks diskusi
3.     Menelaah unsur kebahasaan teks diskusi
4.     Membandingkan teks diskusi dengan teks eksposisi



Mencakup semua materi namun tidak berurutan
Guru mengurutan materi sesuai dengan KD
 Komponen penilaian  sesuai tuntutan penilaian autentik


Penilaian sesuai tuntutan penilaian autentik
Penilaian Pengetahuan :  untuk penilaian pengetahuan pada bab IV ini tersedia berupa tugas 1, 2, dan 3 pada kegiatan 1
Penilaian Keterampilan : untuk menilai keterampilan dilakukan melalui tugas 1, 2, 3 dan 4 pada kegiatan 2
Penilaian Sikap : untuk menilai sikap pada buku siswa kelas VIII bab IV dilakukan ketika siswa melakukan diskusi dan selama proses pembelajaran





Ketiga aspek penilaian terdapat pada bab IV
Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran
B. Uraian Materi             
Pendahuluan bab memotivasi siswa untuk belajar
Buku ini memotivasi siswa, yakni “Menghargai pendapat orang lain merupakanan salah satu ciri karakter bangsa yang harus dijada dan dipelihara”
Untuk menyelesaikan permasalahan ditempuh lewat jalur diskusi/musyawarah



Memotivasi siswa untuk menjaga persatuan bangsa
Buku ini dapat digunakan sebagai sumber belajar
Cakupan materi setiap sub topik/sub bab  memenuhi kebutuhan pencapaian KD
Ya, mencakup mulai KD 3.1 sampai 4.4 tentang diskusi


KD tercakup dalam materi
Buku ini bisa digunakan dalam pembelajaran
Kegiatan pada buku memfasilitasi pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik


Menggunakan pendekatan saintifik (ilmiah):
a.      Mengamati
b.    Menanya
c.     Mengumpulkan       informasi
d.    Mengasosiasi
e.    mengkomunikasikan





Mengunakan pendekatan saintifik (ilmiah)
Walau belum secara tersurat
Buku ini dapat digunakan sebagi sumber belajar dengan melengkapi dengan RPP yang mencantumkan pendekatan saintifik secara tersurat
C. Penilaian Proses dan Hasil Belajar

Penilaian  Pengetahuan



Penilaian pengetahuan pada bab IV buku ini tersedia berupa tugas 1, 2, dan 3 pada kegiatan 1



Sudah terdapat penilian penegtahuan
Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran
Penilaian Sikap
Penilaian sikap tersirat, belum tersurat dalam instrumen dan rublik yang jelas




Penilaian tersirat, belum tersurat
Guru menyediakan rublik penilaian secara tersurat
Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan  melalui tugas 1, 2, 3 dan 4 pada kegiatan 2





Penilaian keterampilan tersurat
Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran
Tugas




Dalam setiap kegiatan (sub topik) senantiasa disertai dengan tugas


Terdapat tugas dalam setiap kegiatan
Buku ini dapat digunakan dalam pembelajaran

Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku siswa
Berdasarkan hasil analisis, kami menemukan secara umum isi bab IV telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Meskipun demikian ada beberapa hal yang harus ditindaklanjuti, antara lain:
A.      Guru
1.       Guru sebaiknya menyesuaikan urutan sub topik/materi dengan  KD dan sistematika keilmuan
2.       Guru melengkapi penilaian sikap secara tertulis (dengan rublik)
3.       Guru menjabarkan langkah-langkah pendekatan saintifik dalam pembelajaran

B.       Penyusun
1.       Penyusun diharapkan merevisi atau menambahkan beberapa hal sesuai dengan langkah-langkah dalam tindak lanjut.



Tidak ada komentar:

Info CPNS PPPK 2019 & Pelajaran Bahasa Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...