20.7.16

Materi MOPDB atau MPLS tentang Keorganisasian

Materi MOPDB /MPLS tentang Keorganisasian

Nah materi Keorganisasian biasanya disampaikan dalam kegiatan MOPDB (Masa orientasi peserta Didik baru) dan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah)
Pengertian Organisasi dan Keorganisasian
Organisasi berasal dari bentuk dasar organ yang artinya bagian tubuh atau struktur.
Secara istilah organisasi berarti kumpulan dua orang atau lebih yang memiliki tujuan yang sama dan membentuk suatu wadah untuk mencapai tujuan tersebut.
Sementara Keorganisasian maknanya adalah hal / sesuatu yang berhubungan dengan organisasi.

Jenis-jenis Organisasi
A. Organisasi Pemerintahan
Merupakan organisasi resmi yang dibentuk oleh negara untuk mengurusi ihwal pemerintahan. Strukturnya dari yang terkecil RT, RW, Dusun/dukuh/kampung, Desa/kelurahan, Kecamatan/disktik, kabupaten/kota, provinsi dan pemerintah pusat.

Nah pada bagian ini penyaji dapat memberikan games. Misal mengetes siapa yang tahu nama ketua RW sampai presiden. Lantas siswa yang menjawab benar diberikan hadiah.

B. Organisasi Kemasyarakatan (Ormas)
Merupakan organisasi yang lahir dari inisiatif masyarakat. Bentuknya bermacam-macam ada yang bersifat sosial, keagamaan, keamanan, budaya, pendidikan, dll.
Contoh ormas bersifat keagamaan seperti NU, Muhammadiyah, Persis, MTA, dll.
Ormas bersifat sosial seperti PMI, dll.

C. Organisasi Sekolah
Organisasi ini dibentuk di lingkungan sekolah sebagai ajang latihan berorganisasi.
Organisasi yang paling eksis di bidang ini adalah OSIS (organisasi siswa intrasekolah). Ada juga IPM, ikatan pelajar Muhammadiyah, IPNU ikatan pelajar NU.
Dibidang kepramukaan juga ada organisasinya.

Manfaat Organisasi
1. Menambah wawasan dan pengetahuan juga pengalaman
Ketika kita aktif di organisasi maka secara langsung maupun tidak kita belajar hal baru, sesuatu yang tiada diajarkan di kelas. Lewat organisasi ini lah kita menimbang pengalaman.

2. Menambah Teman/sahabat
Ketika berorganisasi kita akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang. Kita jadi memiliki banyak sahabat.

3. Merasakan miniatur kehidupan
Dinamika yang hadir dalam organisasi sekolah sejatinya adalah miniatur dari kehidupan. Kita belajar menghadapi banyak masalah, misal, ya seperti itulah cerminan hidup bermasyarakat.

Himbauan
Kepada seluruh siswa baru saya mengajak untuk aktif berorganisasi. Belajar Menjadi pemimpin. Sungguh Rasulullah saw bersabda, kullukum roin wakullukum mas'ulun an roiyatihi. Setiap diri kalian ucap Baginda adalah pemimpin, dan setiap kalian bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya.

Imam Syafi’i berujar, syubanul yaum, rijalul ghod. Pemuda hari ini pemimpin di masa depan. Karena itu mari bersemangat berorganisasi.

Bantu share jika pembaca merasa tulisan ini bermanfaat. Terima kasih.

Demikian materi pengertian Keorganisasian untuk acara MOPDB atau MPLS.

Info CPNS PPPK 2019 & Pelajaran Bahasa Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...