CONTOH SOAL TRY OUT UN SMP
BAHASA INDONESIA TAHUN 2015 - 2016
Ini merupakan contoh soal try out un SMP Bahasa Indonesia, untuk Contoh soal prediksi UN, klik di sini, untuk soal latihan UN bisa di cek di sini
TRY OUT UJIAN NASIONAL
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Hari / tanggal : Januari 2015 - 2016
W a k t u : 120 menit
A. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan memberi bulatan penuh pada lembar jawab yang telah disediakan! Jangan lupa berdoa!
Bacalah teks berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 1 s.d. 4!
Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Galuh melakukan perbaikan pipa transmisi utama. Pipa yang diperbaiki tersebut berlokasi di Kampung Baregbeg, Ciamis. Akibatnya, air bersih tidak mengalir ke 13.000 pelanggan selama tiga hari.
Ada pun wilayah Banjar yang akan terganggu salurannya meliputi kompleks TNI, Perumahan Kerta Asih, Perumahan Banjar Asri, hingga kelurahan Sumanding. Untuk itu PDAM Tirta Galuh memberikan solusi sementara mengenai kebutuhan air minum dan air bersih. PDAM menyiapkan 16 mobil tangki air. Mobil tangki air itu disebar ke seluruh pelanggan secara bergiliriran.
1. Gagasan utama paragraf pertama tersebut adalah….
a. perbaikan pipa tranmisi PDAM
|
c. disebarnya mobil tangki air
|
b. pelanggan mendapat air bersih
|
d. krisis air bersih di Ciamis
|
2. Kalimat utama paragraf kedua tersebut terdapat pada kalimat…
a. pertama
|
c. ketiga
|
b. kedua
|
d. keempat
|
Bacalah teks berita berikut dengan seksama kemudian kerjakan soal nomor 3 s.d. 4!
Teks 1
|
Teks 2
|
Sabtu (11/2), berlatar rasisme Luis Suarez diramal akan menyulitkan Liverpool. Suarez menolak berjabat tangan dengan Patrice Evra, korban rasisme. Peristiwa itu terjadi di Old Traford saat duel MU dengan Liverpool.
|
Suarez paham keputusannya menolak berjabat tangan dengan Evra itu keliru. “Saya mohon maaf”, ucap Suarez. Untuk permintaan maaf itu MU berterima kasih kepada Liverpool. Semua orang yang melihat kejadian itu terharu.
|
3. Persamaan isi kutipan berita tersebut adalah tentang…
a. tempat
|
c. waktu
|
b. pelaku
|
d. hasil
|
4. Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah….
Teks 1
|
Teks 2
| |
a.
|
siapa, kapan, apa
|
apa, di mana, siapa
|
b.
|
di mana, apa, siapa
|
siapa, kapan, apa
|
c.
|
kapan, siapa, di mana
|
siapa, apa, bagaimana
|
d.
|
apa, siapa, kapan
|
apa, bagaimana, siapa
|
Bacalah teks berikut dengan seksama kemudian kerjakan soal nomor 5 s.d. 6!
|
5. Keistimewaan tokoh sesuai isi biografi tersebut adalah…
a. pencipta pesawat terbang CN -235 dan N – 250
b. bekerja di Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN)
c. pegawai Lembaga Penerbangan dan Angkasa Luar, Jerman Barat
d. terlahir di Pare-pare, Sulawesi Selatan
6. Sifat yang baik untuk diteladani dari tokoh tersebut adalah…
a. mengerjakan sesuatu bersama-sama dan gemar menulis
b. mengerjakan sesuatu dan gemar membaca
c. tidak berbuat apa-apa tetapi gemar berbicara
d. gemar berbicara dan mengerjakan sesuatu dengan teman
Cermati iklan berikut kemudian kerjakan soal nomor 7 s.d. 8!
Hunian nyaman dan bersih
Harga terjangkau
Lokasi strategis
Desain dan interior yang sangat modern
Hadir di Jalan Prawiranegara 60, Dayeuhluhur
7. Maksud isi kalimat (4) pada iklan tersebut adalah…
a. Desain dalam dan luar rumah sangat istimewa bagi penghuninya
b. Desain dan interior menyesuaikan dengan zaman modern
c. Desain rumah sesuai keinginan calon pembeli
d. Desain modern dan interior sangat istimewa
8. Kalimat fakta pada iklan tersebut terdapat pada larik….
a. kedua
|
c. keempat
|
b. ketiga
|
d. kelima
|
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
Pesawat kepresidenan RI jenis Boeing seharga Rp. 820 miliar akhirnya tiba di Indonesia September 2013 lalu. Serah terima sendiri sudah dilakukan pada Juli 2013. Alasan pemerintah membeli pesawat ini guna menghemat anggaran dibanding harus menyewa pesawat setiap kali presiden melakukan kunjungan ke luar kota atau ke luar negeri.
9. Simpulan isi paragraf tersebut adalah ….
a. pro kontra pembelian pesawat kepresidenan
|
b. kedatangan pesawat Boeing
|
c. pembatalan serah terima pesawat
|
d. penghematan anggaran alasan pembelian pesawat kepresidenan
|
10. Grafik Perkembangan Rata-rata Nilai Sumatif Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur
Nilai
Tahun
Simpulan isi grafik tersebut adalah ….
a. Rata-rata nilai sumatif mengalami peningkatan tiap tahunnya
|
b. Kenaikan rata-rata nilai sumatif pelajaran Bahasa Indonesia setiap tahun tetap
|
c. Tahun 2009 mengalami kenaikan paling tinggi dari perkembangan rata-rata nilai sumatif Bahasa Indonesia
|
d. Tahun 2007 merupakan awal kenaikan rata-rata nilai sumatif mata pelajaran Bahasa Indonesia
|
11. Cermatilah tabel berikut!
Kota
|
Cuaca
|
(oC)
|
(%)
|
Serang
|
26 – 34
|
60 – 98
| |
Tanggerang
|
26 – 36
|
48 – 96
| |
Bogor
|
26 – 34
|
64 – 98
| |
Bandung
|
25 - 35
|
54 – 94
|
Cerah Cerah berawan Berawan Hujan
Keterangan :
oC = temperatur, dalam derajat celcius
% = kelembaban, dalam persentase
Pernyataan yang sesuai dengan isi tabel tersebut adalah ….
a. Tingkat kelembaban tertinggi terjadi di Bandung
|
b. Bandung lebih dingin dibandingkan Tanggerang
|
c. Keadaan cuaca di Serang dan Bogor sama
|
d. Daerah berawan hampir terjadi di seluruh wilayah
|
12. Perhatikan bagan berikut!
Pernyataan yang tidak sesuai isi bagan tersebut adalah ….
a. kedudukan ketua adalah kedudukan tertinggi
|
b. tugas sekretaris, wakil, dan bendahara sama
|
c. kedudukan sekretaris, wakil, dan bendahara sejajar
|
d. kedudukan seksi-seksi di bawah kedudukan wakil
|
13. Tabel Jumlah Penumpang Bus Budiman Berbagai Jurusan Tahun 2013
No
|
Jurusan
|
Jumlah penumpang
|
1
|
Banjar – Jakarta
|
2001
|
2
|
Banjar – Bandung
|
3012
|
3
|
Banjar – Surabaya
|
1013
|
Pertanyaan berikut yang jawabannya terdapat dalam tabel tersebut adalah…
a. Mengapa lebih banyak penumpang jurusan Banjar – Bandung?
b. Apa alasan penumpang memilih Budiman dibanding armada lain?
c. Mengapa jurusan Banjar – Surabaya sepi penumpang?
d. Berapa selisih penumpang jurusan Banjar – Jakarta dengan jurusan Banjar – Bandung?
14. Bacalah puisi ini dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 14 dan 15
Wajah penuh peluh
Tanpa mengeluh
Dihiasi senyum manis
Menyambutku ceria di rumah
Aroma masakan lezat
Tersaji menggoda
Mengisi perut kosongku
Masakan ibu nikmat tiada dua
Tema puisi tersebut adalah….
a. kekeluargaan c. persahabatan
15. Suasana yang tergambar pada puisi tersebut adalah
a. haru
|
c. riang
|
b. tegang
|
d. sedih
|
16. Bacalah puisi berikut dengan saksama!
Memandangmu penuh seluruh
Menyisir inci tubuhmu
Semakin renta, tak berdaya
Ibu
Meski begitu suara merdumu tak pernah menua
Dendang nyanyimu selembut terpaan angin
Citraan larik pertama dan kelima pada kutipan puisi di atas adalah…
a. penglihatan dan penciuman
|
c. penglihatan dan pendengaran
|
b. pendengaran dan perasaan
|
d. penglihatan dan perasaan
|
17. Tujuan kutipan puisi di atas adalah…
a. menceritakan kerinduan anak pada ibunya
|
c. menyampaikan penyesalan seorang anak
|
b. menggambarkan keadaan sang ibu
|
d. menceritakan keindahan suara sang ibu
|
Bacalah kutipan cerpen berikut dengan saksama kemudian kerjakan soal nomor 18, 19 dan 20!
“Uh, kamu ini kecil-kecil sudah mencopet!” Ucap polisi pamong praja pada anak itu.
“Maaf pak! Saya terpaksa melakukannya!”
“Kenapa?”
“Saya butuh makan Pak! Karena itu saya mencopet di Bus tadi!”
“Kamu belum makan?”
“Belum Pak?”
“Ya sudah, kebetulan bapak bawa bekal makan siang, makan lah!” Pak Polisi mengambil bekal makanan dari tasnya. Sang anak menerimannya. Ia makan dengan lahap.
“Memangnya sudah berapa kali kamu mencopet?”
“Baru pertama kali Pak! Saya sangat menyesal.”
“Ya sudah. Sekarang ikut dulu ke kantor. Nanti bapak antarkan kamu ke panti!” Ajak sang polisi.
Akhirnya sang anak mengikuti pak polisi meninggalkan terminal Banjar. Ia tak menyangka aksi mencopetnya tadi akan ketahuan. Ia hampir dihajar masa. Untunglah ada polisi pamong praja yang berhasil menyelamatkannya.
|
18. Latar tempat kutipan tersebut adalah di…
a. terminal
|
c. kantor
|
b. pasar
|
d. panti
|
19. Watak pak polisi pamong praja adalah…
a. galak
|
c. tegas
|
b. pemarah
|
d. baik hati
|
20. Sudut pandang yang digunakan dalam kutipan cerpen di atas adalah…
a. orang ketiga
|
c. orang kedua
|
b. orang pertama pelaku utama
|
d. orang pertama pelaku sampingan
|
21. Perhatikan kedua kutipan novel berikut!
Kutipan Novel 1
|
Kutipan Novel 2
|
Liburan musim panas sudah berakhir dan hari piknik ke sumber air panas pun telah tiba. Bagi murid-murid Tomoe, acara itu sangat penting. Sebenarnya tak banyak yang bisa membuat Mama kaget, tapi ketika Totto-Chan pulang sekolah pada suatu hari dan bertanya, “bolehkah aku piknik ke sumber air panas beserta murid lain?”
|
“Tapi entah sampai ke sanalah pikiranmu?” jawab Yusuf mengganggu kekasihnya itu.
“Entahlah, sekarang belum dapat ditetapkan. Orang tua saya menghendaki supaya saya pulang ke rumah. Tapi apapun itu janganlah engkau susahkan karena saya akan selalu berada di sisimu”
|
Perbedaan tema kedua kutipan novel tersebut adalah
Kutipan Novel 1
|
Kutipan Novel 2
|
a. keluarga
|
a. percintaan
|
b. pendidikan
|
b. persahabatan
|
c. keluarga
|
c. persahabatan
|
d. pendidikan
|
d. percintaan
|
22. Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!
Kutipan Novel 1
|
Kutipan Novel 2
| |||
“Tinggalkan aku!” Rasanya setelah mengucapkan kedua kata tadi lidahku benar-benar kelu. Aku sudah merasakan keringat dingin di dahiku.
Perlahan aku mengangkat wajah berusaha melihat mimik wajah Rainer setelah aku mengatakan dua kata tadi…
|
Mendengar itu Rasmani diam saja. Tak dapat ia rasanya mengeluarkan perkataan lagi. Dan karena hujan segera reda, ia minta pulang saja…
| |||
Perbedaan sudut pandang kedua kutipan novel tersebut adalah…
| ||||
Kutipan Novel 1
|
Kutipan Novel 2
| |||
a.
|
orang pertama pelaku utama
|
pengarang sebagai orang ketiga
| ||
b.
|
orang pertama pelaku sampingan
|
orang pertama pelaku utama
| ||
c.
|
orang pertama pelaku sampingan
|
pengarang sebagai orang ketiga
| ||
d.
|
pengarang sebagai orang ketiga
|
orang pertama pelaku utama
| ||
23. Bacalah kutipan novel berikut dengan saksama!
… Sungguhpun begitu, sebagai anak ia harus patuh pada orang tua dan adat negerinya. Aminudin tidak dapat apa-apa selain menerima gadis pilihan orang tua nya. Perkawinan pun berlangsung dengan keterpaksaan.
|
Amanat yang bisa dipetik dari kutipan novel di atas adalah
a. sebagai anak kita tidak bisa berbuat apa-apa
|
b. jangan pernah memaksakan kehendak terhadap orang lain, termasuk kepada anak sekalipun
|
c. adat istiadat harus ditentang
|
d. tidak usah patuh pada perintah orang tua
|
Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Brilian : Sekarang serahkan hp kalian! Kami akan minta uang tebusan! (Mendorong Dimi masuk ke gedung tua itu)
Dimi : Ka… ka.. Kami tidak membawa hp (gugup)
Brilian : Periksa kantongnya!
Markus : Siap Bos! (memeriksa kantong)
Brilian : Ada nggak?
Markus : Ada bos! Ini hpnya (menyerahkan hp)
Brilian : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi untuk minta tebusan!
Markus : Siap Bos!
|
24. Suasana yang tergambar dalam kutipan drama di atas adalah…..
a. merisaukan c. menegangkan
|
b. membingungkan d. menyedihklan
|
25. Cermatilah ilustrasi berikut!
Angga pulang sekolah mengunggu bus di halte dan dia bercakap-cakap dengan seseorang yang ternyata orang gila. Angga tidak menyadari hal itu. Ia kesal pada dirinya sendiri.
Catatan buku harian yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah…
a. Perempuan itu juga sama sepertiku, sedang menunggu bus. Aku mengajaknya mengobrol. Ternyata ia seorang yang cerdas. Di seperti orang bijak. Dia mengatakan bahwa dia pernah gila semasa baru lulus dari SMA.
|
b. Seperti biasa aku duduk di halte bus menunggu. Ternyata di halte ada seorang laki-laki. Kami mengobrol banyak hal. Pembicaraan kami sangat menarik.
|
c. Kurang lebih dua belas menit aku menunggu bus. Di dekatku duduk seorang laki-laki. Aku mengajaknya mengobrol, mulanya orbolan kami nyambung. Eh, lama-kelamaan omongannya semakin ngawur. Ternyata dia gila. Ahai, betapa bodohnya aku ini!
|
d. Aku mengajak perempuan itu mengobrol. Seperempat jam berlalu. Bus belum muncul juga. Aku sudah tidak sabar. Aku segera berdiri, kemudian duluk lagi. Begitu berulang-ulang. Tingkahku seperti orang gila saja. Mana sih bus itu? Aku dibuat gila karenanya.
|
26. Memo
Dari : ….. (1)
Untuk : ….. (2)
Mohon persiapkan peserta Lomba Cerdas Cermat (LCC) khusus Bahasa Indonesia tingkat Kabupaten Cilacap. Pelaksanaan hari Sabtu, 12 Januari 2014 di SMP Negeri 1 Majenang.
Isian yang tepat untuk melengkapi memo tersebut adalah…
a. (1) wali kelas, (2) ketua kelas
|
b. (1) wali kelas, (2) guru bahasa Indonesia
|
c. (1) kepala sekolah (2) wali kelas
|
d. (1) kepala sekolah, (2) guru bahasa Indonesia
|
27. 1. Kegiatan itu dipusatkan di Panti Welas Asih
2. IPM SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur mengadakan kegiatan bakti sosial
3. Kegiatan itu berakhir pukul 15.00 WIB
4. Mereka memberikan sumbangan dana dan mengadakan hiburan festival nasyid
5. Anggota IPM membaur bersama dalam kegembiraan
6. Terpancar wajah berseri, saat penghuni panti diajak bernyanyi
Urutan kalimat yang tepat agar membentuk laporan adalah…
a. 2-1-3-4-6-5
|
a. 5-2-1-3-4-6
|
b. 2-1-4-6-5-3
|
b. 5-4-1-2-6-3
|
28. OSIS SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur akan mengadakan pertandingan bola voli. Peserta yang berminat, segera mendaftar di ruang secretariat OSIS.
Kalimat pengumuman yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah…
a. Bagi tim bola voli, segera mendaftar ke sekretariat panitia di ruang OSIS.
|
b. Peserta pertandingan segera mempersiapkan diri karena acara dimulai.
|
c. Berminat menjadi panitia pertandingan bola voli segera mendaftarkan diri.
|
d. Panitia OSIS menerima pendaftaran pendaftaran pertandingan bola voli di secretariat.
|
29. Perhatikan data buku berikut dengan saksama!
Judul : Berprestasi Tujuan Hidupku
Penulis : Budi Ardiansyah
Penerbit : Pijar
Tebal Buku : 80 halaman
Keunggulan : 1. Memotivasi generasi muda untuk berprestasi
2. menceritakan hambatan dan solusi dalam berprestasi
3. Bahasa mudah dipahami
Kelemahan : Cover buku terlalu tipis
Ilustrasi gambarnya tidak jelas
|
Paragraf resensi yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah…
a. Tujuan penulis buku ini ingin membuat pembaca termotivasi untuk meraih prestasi di masa depan. Siapa pun yang membaca buku ini akan termotivasi karena buku ini juga dilengkapi hambatan dan solusi yang biasa dialami dalam meraih prestasi.
|
b. Pembaca digiring untuk mencapai kehidupan yang penuh prestasi. Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik. Idenya sangat cerdas untuk memotivasi pembaca. Hanya sangat disayangkan, penggunaan bahasanya berbelit-belit sehingga sulit dipahami pembaca.
|
c. Buku ini isinya memotivasi pembaca, khususnya generasi muda supaya hidup meraih prestasi. Selain itu, juga dilengkapi dengan hambatan dan solusi yang bisa dialami dalam meraih prestasi. Bahasa yang digunakan juga mudah dipahami. Hanya sayang, cover bukunya sangat tipis dan ilustrasi gambarnya tidak jelas.
|
d. Buku ini secara garis besar menjelaskan bagaimana menjadi orang berprestasi dalam kehidupan. Buku ini sangat disarankan dibaca oleh mereka yang ingin hidup berprestasi. Selain itu buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik.
|
30. Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
Teruntuk
Safitri
di Kaliputri
Apa kabarmu, Fitri? Alhamdulillah aku dan kelurga sehat. Semoga Fitri dan keluarga jua sehat. Eum, sekarang memang belum waktunya libur sekolah, tapi aku dan beberapa teman sekolah sudah seperti libur. Musim hujan datang. Rumah kami di sini terendam banjir karena hujan turun tanpa henti berhari-hari. Untungnya aku masih bisa menyelamatkan buku dan seragam sekolah.
(…..)
|
Untuk melengkapi bagian rumpang penutup surat tersebut yang tepat adalah…
a. sampai di sini ya, sampai berjumpa lagi di kesempatan lain.
|
b. itulah tragedi kami alami. Semoga kita dilindungi Tuhan Yang Masa Esa.
|
c. demikian yang dapat saya sampaikan, atas perhatian Anda kami ucapkan terima kasih.
|
d. sudah dulu ya Fitri. Aku berharap kita masih bisa menikmati liburan bersama nanti.
|
31. Bacalah kutipan surat dinas berikut!
Dalam rangka sosialisasi program Ujian Nasional tahun 2013/2014, kami mengundang orang tua siswa kelas IX untuk hadir pada:
hari : Sabtu, 12 Desember 2013
pukul : 08.00 s.d 12.00
tempat : Aula SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur
Mengingat pentingnya acara tersebut, mohon tidak diwakilkan. Demikian surat undangan ini kami sampaikan.
(….)
|
Untuk melengkapi bagian rumpang surat tersebut yang tepat adalah…
a. Kami mengucapkan ribuan terima kasih atas perhatiannya.
|
b. Demikian supaya dapat dihadiri.
|
c. Atas perhatian dan kerja sama, kami mengucapkan terima kasih.
|
d. Demikian yang kami sampaikan, harap maklum.
|
32. Bacalah kutipan surat resmi berikut!
Kepada
YTH: Bapak Kepala Sekolah SMP Berjaya
di Wanareja
|
Perbaikan penulisan surat yang tepat adalah…
a. Kepada
Yth. Bapak Kepala Sekolah SMP Berjaya
di tempat
|
c. Kepada
Yth. Kepala Sekolah SMP Berjaya
di Wanareja
|
b. Yth. Kepala Sekolah SMP Berjaya
di Wanareja
|
d. Yth. Bapak Drs. Rito, M.Pd., Kepala Sekolah SMP Berjaya
di Wanareja
|
33. Saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, kami sering tidak dapat berkonsentrasi. Hal itu, karena setiap pagi sekitar pukul 08.00 akan tercium aroma sampah dari samping gedung sekolah. (…) Oleh sebab itu, kami menghimbau kepada pihak terkait untuk segera mencarikan solusinya.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi isi surat pembaca tersebut adalah…
a. Situasi tersebut membuat sangat mengganggu dan membuat kami merasa tidak nyaman.
|
b. Setiap sekolah disiapkan tempat sampah khusus supaya sekolah tetap bersih.
|
c. Mari bersama-sama saling menjaga kebersihan lingkungan sekolah.
|
d. Kami sangat puas dengan jawaban yang diberikan.
|
34. Masker wajah memiliki banyak fungsi sesuai dengan jenisnya. Masker lumpur dapat mengurangi lemak. Masker coklat dapat melembabkan kulit wajah. Masker bengkuang menghilangkan noda hitam dan membuat kulit wajah lebih berseri. Mengunakan masker wajah dapat menghaluskan dan menyehatkan wajah. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Pergunakan jenis masker sesuai dengan manfaat yang ingin kita peroleh.
Rangkuman bacaan tersebut adalah…
a. masker membuat kulit wajah berseri.
|
b. gunakan masker sesuai dengan kulit.
|
c. fungsi masker dan penggunaannya.
|
d. masker coklat dapat melembabkan kulit wajah.
|
35. Perhatikan ilustrasi berikut!
Senin dini hari, 16 Desember 2013, pukul 2.30 WIB, lima belas tahanan di Lapas Nusakambangan terlepas melarikan diri. Peristiwa dipicu perkelahian. Dua di antaranya tertangkap dalam waktu satu jam. Penyebab kejadian tersebut sedang diselidiki.
|
Paragraf teks berita yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah…
a. Senin dini hari, 16 Desember 2013, tepatnya pukul 2.30 WIB lima belas tahanan telah melarikan diri dari Lapas Nusakambangan. Peristiwa lolosnya para tahanan tersebut diawali perkelahian antartahanan di blok C-1. Satu jam kemudian, dua di antaranya telah tertangkap di dekat pelabuhan. Penyebab lolosnya tahanan tersebut sedang dalam penyelidikan.
b. Senin, 16 Desember 2013 tepatnya pukul 2.30 WIB ada lima belas tahanan yang akan melarikan diri dari Lapas Nusakambangan. Peristiwa lolosnya para tahanan tersebut akan diawali perkelahian antartahanan di blok C-1. Penyebab lolosnya tahanan tersebut sedang dalam penyelidikan.
c. Senin, 16 Desember 2013 tepatnya pukul 2.30 WIB telah terjadi perkelahian antartahanan di Lapas Nusakambangan. Akibatnya lima belas tahanan melarikan diri, tapi satu jam kemudian dua diantaranya telah tertangkap di dekat pelabuhan. Peristiwa lolosnya para tahanan tersebut diduga adanya keterlibatan oknum petugas.
d. Senin, 16 Desember 2013 tepatnya pukul 2.30 WIB diperkirakan terjadi perkelahian antartahanan di Lapas Nusakambangan. Akibatnya lima belas tahanan melarikan diri. Peristiwa lolosnya para tahanan tersebut diduga adanya keterlibatan oknum petugas yang memberi kunci duplikat.
36. Cermatilah ilustrasi berikut!
Petugas perpustakaan memotivasi para siswa agar gemar membaca buku. Gemar membaca akan menunjukan siswa yang bermutu. Untuk itu, beliau menyiapkan slogan di sekitar perpustakaan.
Slogan yang tepat dengan ilustrasi tersebut adalah…
a. Membaca buku-buku yang bermutu.
b. Biasakanlah membaca buku-buku.
c. Bacalah buku, awali menulis buku.
d. Gemar baca buku tingkatkan mutu.
37. Perhatikan ilustrasi berikut!
Mobil akan dijual dengan spesifikasi sebagai berikut!
Mobil BMW 318 tahun 2011
Warna mobil biru
Dari tangan pertama
Aksesoris lengkap
Harga bisa nego
Yang berminat hubungi 021-200014
|
Iklan baris yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah…
a. BU.Mbl.BMW318’11.biru mls.dr tgn 1. Full aks.nego.hub 021-200014
b. Mobil akan dijual. BMW 318’11. Biru mulus.full.nego.hub 021-200014
c. BU.Mbl BMW 318’11.birumls.dt tgn 1.hub.021-200014
d. BMW 318’11 dijl krna bth uang.full aks.nego.hub 021-200014
38. (1) Minumlah pagi dan sore!
(2) Sisakan hingga 1 gelas
(3) Rebuslah jamu dengan tiga gelas air sampai mendidih!
(4) Dinginkan!
(5) Saringlah ampas dari air!
Urutan petunjuk pembuatan jamu yang tepat adalah…
a. 3-2-4-5-1
|
c. 3-5-4-2-1
|
b. 3-5-2-4-1
|
d.3-2-5-4-1
|
39. Cermatilah ilustrasi berikut!
Kepala sekolah menyampaikan sambutan pada acara pembukaan LDKS siswa SMP Muhammadiyah tahun 2013/2014.
Bagian penutup pidato yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah…
a. Sebelumnya, marilah kita mengucap syukur kepada Tuhan YME karena telah melimpahkan rahmat dan kesehatan. Terima kasih atas partisipasi dalam kegiatan LDKS SMP Muhammadiyah.
b. Tujuan kegiatan LDKS ini, untuk membentuk jiwa kepemimpinan yang tangguh. Oleh sebab itu, ikuti kegiatan ini dengan baik dan tanggung jawab.
c. Kegiatan ini dapat menempa diri kalian supaya memiliki jiwa kepemimpinan. Kalian akan mendapat materi teori dan praktik. Kegiatan ini sebagai ajang latihan untuk menjadi pemimpin.
d. Demikian sambutan yang dapat Bapak sampaikan. Semoga melalui kegiatan LDKS ini akan terbentuk jiwa kepemimpinan yang tangguh. Akhir kata, bila ada yang kurang berkenan, Bapak memohon maaf dan terima kasih.
40. Bacalah kutipan teks pidato berikut!
…. Marilah kita bersyukur ke hadirat Allah Taala. Dengan kasih-Nya kita dapat berkumpul di sini untuk mengadakan acara pembukaan MOS tahun 2013/2014.
Hadirin yang berbahagia.
Kami sebagai pengurus IPM mengajak adik-adik mengenal sekolah ini karena ada pepatah bilang “Tak kenal maka tak sayang”. Semoga setelah mengikuti kegiatan MOS ini adik-adik lebih mengenal lingkungan baru dan menambah semangat belajar hingga dapat meraih cita-cita.
(….)
|
Untuk melengkapi bagian rumpang kutipan pidato tersebut yang tepat adalah…
a. Inilah sekelumit sejarah sekolah kita. Andaikata ada pepatah yang lebih baik dari “karena nila setitk rusak susu sebelanga” tentu pepatah itu harus diingat. Terima kasih.
b. Sudah saatnya kita berkreasi dan berprestasi. Marilah sejak sekarang mulai, jangan ditunda. Manfaatkanlah waktu muda sebaik mungkin.
c. Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga kegiatan MOS ini dapat dirasakan manfaatnya dan tercipta suasana kekeluargaan di sekolah.
d. Mari kita wujudkan hari kasih sayang ini untuk lebih mencintai dan menyayangi makhluk yang ada di bumi.
41. Tema karangan ilmiah: Manfaat kantin kejujujuran sebagai pendidikan antikorupsi.
Rumusan masalah karya ilmiah dari tema tersebut yang tepat adalah…
a. Mengapa kantin kejujuran harus ada dalam pendidikan antikorupsi?
b. Di mana pembelajaran pendidikan antikorupsi dalam kantin kejujuran?
c. Siapa yang menerapkan kantin kejujuran sebagai pendidikan antikorupsi?
d. Bagaimana memanfaatkan kantin kejujuran dalam pendidikan antikorupsi?
42.
1. Halaman judul
2. Pendahuluan
3. Bagian inti
4. Daftar pustaka
|
5. Daftar isi
6. Kata Pengantar
7. Penutup
|
Urutan yang tepat untuk kerangka karya tulis tersebut adalah…
a. 1-5-6-2-3-4-7
|
c. 1-6-5-2-3-7-4
|
b. 1-2-6-5-3-7-4
|
d. 1-2-3-6-5-7-4
|
43. Perhatikan data berikut!
No
|
Uraian Data
|
Novel 1
|
Novel 2
|
1.
|
Judul
|
Negeri 5 Menara
|
Amelia
|
2.
|
Pengarang
|
Ahmad Fuadi
|
Tere Liye
|
3.
|
Tahun Terbit
|
2009
|
2013
|
4.
|
Kota terbit
|
Jakarta
|
Jakarta
|
5.
|
Penerbit
|
Gramedia
|
Republika
|
Penulisan daftar pustaka yang tepat dari kedua buku tersebut adalah…
a. Ahmad Fuadi. 2009. Negeri 5 Menara. Jakarta: Gramedia.
Tere Liye. 2013. Amelia. Jakarta: Republika.
b. Fuadi, Ahmad. 2009. Negeri 5 Menara. Jakarta: Gramedia.
Liye, Tere. 2013. Amelia. Jakarta: Republika.
c. Fuadi, Ahmad. Negeri 5 Menara. 2009. Jakarta: Gramedia.
Liye, Tere. Amelia. 2013. Jakarta: Republika.
d. Ahmad Fuadi. 2009. Negeri 5 Menara. Jakarta: Gramedia.
Tere Liye. 2013. Amelia. Jakarta: Republika.
44. Cermati kalimat berikut!
Kakak menolong anak itu dengan dipapahnya ke pinggir jalan.
Perbaikan yang tepat agar kalimat tersebut efektif adalah…
a. menghilangkan frase ‘ke pinggir jalan’.
b. menukar letak ‘kakak’ dengan kata ‘anak itu’.
c. menambah kata ‘cara’ di belakang kata ‘dengan’.
d. mengganti kata ‘dipapahnya’ dengan ‘memapahnya’.
45. Pada era gelobalisasi, kita dituntut memiliki kreatifitas yang tinggi dan tidak gagap tehnologi modern.
Penulisan kata bercetak miring yang tepat adalah…
a. globalisasi, kreativitas, teknologi, modern
|
c. globalisasi, kerativitas, tehnologi, moderen
|
b. globalisasi, keratifitas, teknologi, modern
|
d. globalisasi, kreatifitas, teknologi, moderen
|
46. Bacalah paragraf berikut!
Ancol merupakan tujuan wisata utama bagi wisatawan dalam dan luar negeri. Kawasan wisata ini dikenal sebagai tempat rekreasi terbesar dan terlengkap di Asia tenggara. Selain ecopark, fasilitas legendaris yang tak lepas dari keberadaan Ancol adalah pasar seni Ancol.
|
Perbaikan penulisan huruf yang tepat pada paragraph tersebut adalah…
No
|
Tertulis
|
Perbaikan
|
a.
|
wisatawan, luar negeri, Asia tenggara
|
Wisatawan, Luar Negeri, Asia Tenggara
|
b.
|
Asia tenggara, ecopark, pasar seni
|
Asia Tenggara, Ecopark, Pasar Seni
|
c.
|
wisatawan dalam dan luar negeri
|
Wisatawan Dalam dan Luar Negeri
|
d.
|
Asia tenggara, fasilitas legendaries
|
Asia Tenggara, Fasilitas Legendaris
|
47. Pergi ke Manonjaya membeli salak
Salaknya enak manis rasanya
…..
Isi yang paling sesuai dengan sampiran pantun di atas adalah…
a. Meski ilmu setinggi langit
Tidak sembahyang apa gunanya
|
c. Meskipun ilmu sangat tinggi
Tidak sembahyang apa gunanya
|
b. Meski ilmu tinggi tegak
Semuanya tidak berguna
|
d. Meski ilmu tinggi tegak
Tidak sembahyang apa gunanya
|
48. 1. Dengarkan angin mengusir batang-batang padi
2. Sebelum matahari terbenam
3. Dengarkan senandung di balik jendela
4. Sebelum keadaan sepi
5. Rumah kecil, bukalah pintu pagarmu
Berdasarkan puisi di atas yang bermajas sama ditandai nomor…
a. 1 dan 2
|
c. 3 dan 4
|
b. 2 dan 4
|
d. 1 dan 3
|
49. Perhatikan kutipan drama berikut!
Jamal : “Rin, tentu kamu sudah lelah. Mari saya bawakan membawa kardus itu!”
Narinda : “Benar Mal. Saya sudah lelah. Mari bawa kardus ini bersama-sama. Kardus ini terlalu berat jika kamu sendiri yang membawa.”
Jamal : “….?”
Narinda : “Terima kasih Mal. Engkau memang sahabat yang baik.”
Kalimat tanya yang sesuai untuk melengkapi dialog di atas adalah
a. Bagaimana cara membawanya?
b. Bagaimana kalau kita tenteng bersama?
c. Bagaimana kalau kardus itu isinya kita bagi dua?
d. Bagaimana kalau kardus itu kita titipkan saja?
Bacalah kutipan naskah drama berikut dengan saksama!
Tian : Sekarang serahkan hp kalian! Kami akan minta uang tebusan! (Mendorong Toni masuk ke gudang tua itu)
Tono : Saya… saya tidak membawa hp (gugup)
Tian : Periksa kantongnya!
Markus : Siap Bos! (memeriksa kantong)
Tian : Ada nggak?
Markus : Ada bos! Ini hpnya (menyerahkan hp)
Tian : Tanyakan nomor hp orang tuanya! Hubungi untuk minta tebusan!
Markus : Siap Bos!
|
50. Latar dalam kutipan drama di atas adalah…..
a. gudang tua c. gudang kantor
|
b. gedung tua d. gedung kantor
|
Sukses selalu.
Semangat!
Ket: Ada beberap soal yang tidak lengkap karena pengaturan di blog. Yang mau soal lengkap plus paket B,C, D,E silakan masukan email di kolom komentar. Catatan: Soal ini bukan untuk hal komersil.
Ket: Ada beberap soal yang tidak lengkap karena pengaturan di blog. Yang mau soal lengkap plus paket B,C, D,E silakan masukan email di kolom komentar. Catatan: Soal ini bukan untuk hal komersil.