Nama : Prito Windiarto
NIM :
2108090225
Kelas
: 4 F
Laporan
Kunjungan SMA Islam I Yogyakarta ke SMA Batik I Solo
Untuk mengisi waktu
liburan semester I, SMA Islam I mengadakan kunjungan ke SMA Batik I Solo.
Kunjungan itu merupakan kunjungan balasan atas kunjungan SMA Batik I Solo ke
SMA Islam I Yogyakarta dua bulan yang lalu. Dengan kunjungan itu, rasa
persodaraan dan persahabatan di antara kami semakin tinggi.
Kunjungan SMA Islam I
Yogyakarta ke SMA Batik I dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2008. Kunjungan
dilaksanakan oleh perwakilan sekolah yang terdiri dari perwakilan kelas dengan
beberapa guru pendamping. Selama kunjungan, ada beberapa kegiatan yang
dilaksanakan, misalnya obserfasi lingkungan sekolah, diskusi tentang kegiatan,
extrakurikuler sekolah, kemajuan akademis sekolah, dan kedisiplinan siswa.
Kegiatan-kegiatan
selama kunjungan berjalan dengan baik dan sesuai rencana. Ternyata acara
kunjungan mempunyai manpaat besar. Dengan kegiatan itu, kami dapat
membandingkan kondisi SMA Islam I dengan SMA Batik I. Akhirnya, kami dapat
menentukan sikap yang tepat sesuai dengan kedudukan kami selaku siswa Islam I.
Setelah rombongan SMA
Islam melaksanakan kunjungan ke SMA Batik, kegiatan dilanjutkan dengan
darmawisata kedua lokasi, masing-masing adalah musium dan perpustakaan yang ada
di kota Solo. Dengan melihat musium, kami dapat melepaskan rasa jenuh.
Demikian laporan
singkat kegiatan kunjungan SMA Islam I ke SMA Batik I yang dilaksanakan pada
tanggal 21 Januari 2008.
***
Yogyakarta,
30 Januari 2008
Aris
Arianto
Sumber
: Buku Piawai Berbahasa Cakap Bersastra Indonesia
Analisis dan Koreksi Kesalahan Berbahasa
A. Tatataran
Fonologi
No
|
Salah
|
Benar
|
Keterangan
|
01
|
Persodaraan
|
Persaudaraan
|
Persaudaraan
bentuk dasarnya “Saudara” buka “Sodara”. Jadi yang benar bukan menggunakan
huruf “o” melainkan “au”
|
02
|
Obserfasi
|
Observasi
|
Serapan
dari bahasa bahasa asing Observation, jadi yang benar menggunakan huruf “v” bukan “f”
|
03
|
Extrakulikuler
|
Ekstrakulikuler
|
Bentuk
kata extrakulikuler salah karena belum mengalami proses penyerapan. Yang
benar huruf “ks” bukan “x”
|
04
|
Manpaat
|
Manfaat
|
Berasal
dari serapan bahasa Arab manfaah. Jadi
yang benar menggunakan huruf “f” bukan “p”
|
05
|
Musium
|
Museum
|
Yang
benar menggunakan huruf “e” bukan “i”
|
B. Tataran
Sintaksis
No
|
Salah
|
Benar
|
|
01
|
“untuk
mengisi liburan”
|
“dalam rangka mengisi”
|
|
02
|
“Kunjungan
dilaksanakan”
|
“kunjungan
diikuti”
|
|
03
|
“Misalnya”
|
“Yaitu/yakni/di
antaranya”
|
|
04
|
“Akhirnya”
|
“Dengan
itu” atau “Pada gilirannya”
|
|
05
|
“Selaku
siswa Islam I”
|
“Selaku
siswa SMA Islam I Yogyakarta”
|
|
06
|
“Kedua”
|
“Ke
dua”
|
|
07
|
“Masing-masing
adalah”
|
“yaitu/yakni”
|
C. Kesalahan dalam
huruf
1. Persodaraan -
Persaudaraan
2. Obserfasi
- Observasi
3. Extrakulikuler -
Ekstrakulikuler
4. Manpaat - Manfaat
5. Musium - Museum
D. Kesalahan
pemilihan kata
1. Bukan “untuk mengisi
liburan” tapi “dalam rangka mengisi”.
2. “Kunjungan
dilaksanakan” seharusnya “kunjungan diikuti”
3.
“Misalnya” seharusnya “Yaitu/yakni/di antaranya”
4
“Akhirnya” seharusnya “Dengan itu” Atau
“Pada gilirannya”
5
“Selaku siswa Islam I” seharusnya “Selaku siswa SMA Islam I Yogyakarta”
6
“Kedua” seharusnya “Ke dua”
7 “Masing-masing
adalah” seharusnya “yaitu/yakni”
Demikianlah Contoh Analisis Kesalahan Berbahasa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar