tas

Naskah Drama Plagiat Harta

Written By Prito Windiarto on 29 October 2014 | 10:08 AM






Naskah Drama Plagiat Harta 


(Pentas Drama Juara 1 Pada Pergelaran Pekan Indonesia Keratif Diksatrasia Unigal)

Judul : Plagiat Harta

Pemain :
M. Rizki hendrawan sebagai Edo Kondo
Ade Tatang sebagai  Tugiman
Kurniawan sebagai Safeei Ahmad
Hendra Sudarmanto sebagai Bonar Sigarantang
Lenasebagai Euis Anggraeni
Emmie Apriani sebagai dosen
Prito sebagai Razak

Figuran:
Meyda, Dedi K, Tatang, Lena, Bahaudin T.

Watak tokoh:
Euis (sunda) : lemah lembut, sensitif
Bonar (batak) : tempramen,
Kondo (Ambon) : pintar tidak pernah serius
Tugiman (Jawa) : bijaksana, pendiam
Safeei (Malasyeuh) : toleran, gamang
Razak ( Malasyeuh) : angkuh
Bu Dosen : Penengah

PLAGIAT HARTA

Resume drama
- Tersebutlah di Universiti Kebangsaan Malasyeah (UKM)  4 orang mahasiswa indonesia sedang menempuh studi di jurusan perbandingan budaya Asia Tenggara.
- Ke-4 mahsiswa itu berasal dari suku yang berbeda,  diantaranya, Suku Sunda , Jawa, Batak-Medan, Ambon.
- Awalnya mereka kurang begitu akrab, namun setelah pertemua intens dan timbulnya perasaan senasib sepenanggungan akhirnya mereka bisa akrab dan bersatu padu atas nama nasionalisme.
- Pada sisi lain ternyata mereka dihadapkan pada permaslahan bahwa mereka masih sering dipandang sebelah mata oleh mahasiswa asli Malasyeuh.

Resume  Adegan 1
Area ruangan kelas
- 4 mahasiswa Indonesia masuk sambil diiringi musik/tari  masing-masing suku (adat) kemudian beriringan menuju ruang kelas.
- Sebagian mahasiswa alsli malasyeuh mengolok-olok mahasiwa indonesia.
- Dosen masuk memberi materi perkuliahan tentang seni budaya di Asia tenggara. Kemudian menugaskan mahasiswa minggu depan untuk mepresentasikan budaya masing-masing.

Resume Adegan 2
Area taman
- Euis duduk di taman menunggu 3 teman indonesia lainnnya
- Safeei kebetulan lewat, mereka berbincang. Safeei PDKT
- Euis menanyakan perihal presentasi kebudayaan yang akan ditampilkan syafei
- Euis kaget ternyata Safeei dan teman-teman malasyeuh-nya akan memprsentasikanangklung dan batiksebagaikebudayaanmereka.
- 3 mahasiswa indonesia lain datang.

Resume adegan 3
Area kost
- Euis menceritakan perihal “angklung” yang akan dipresentasikan mahasiswa Malasyeuh
- Bonar geram, marah-marah.
- Tugiman menenangkan suasana dengan membacakan puisi.

Resume Adegan 4
Area kelas
- Mahaiswa Malasyeuh datang dengan membawa angklung dan batik
- Razak membangga-banggakan budaya mereka
- Mahasiswa indonesia datang, juga dengan membawa angklung dan batik
- Terjadi kericuhan, slaing klaim. Safeei membela Euis
- Bu dosen datang. Menenangkan suasana. Menjelaskan perihal budaya.
- Angklung dan batik akhirnya di serahkan kepada mahasiswa indonesia
- The end



NASKAH
PLAGIAT HARTA

Adegan 1 :
Tempat : Halaman Kampus Universiti Kebangsaan Malasyeuh

4 Mahasiswa Indonesia masuk sambil membawa musik/tarian masing-masing suku.
Euis : Aduh te nyangka nya, Euis ada di Malasyeuh........ ooo begini Malasyeuh itu, alhamdulillah yahhh... sesuatu banget. Di sana ada menara kembar petranas, di sana (menunjuk) ada sirkuit sepung. Aduh seperti mimpi sajah. Hebring pisan lah.
Bonar : Alahhh Eis... jangan kau terlalu membangga-banggakan begitu... ini negeri orang. Yang pasti di Indonesia pun banyak seperti ini... bahkan ada yang lebih megah . Halah kau saja yang tidak pernah ke kota.. (sinis)
Kondo : Heii Bonar.... jangan kau berbicara seperti itu.... memangnya kampung halaman mu sudah jadi kota?   Alah.. paling-paling sama saja seperti kita dari kampung.
Tugiman  : Yuwis...yuwiss....ojo nesu jangan berantem kita datang ke Malasyeuh untuk mencari ilmu, maka dari itu kalian semua mesti bersatu. Ayo..baikan.. bersatu untuk indonesia.
Mereka akhirnya berbaikan, kemudian bersama-sama menuju kelas.

*Tempat : ruang kelas
Mahasiswa asli Malasyeuh sudah di dalam kelas
Euis : Assalamualaikum kawan-kawan, boleh masuk?
Safeei :  Waalaikumsalam. Ayo ayo silakan!
Razak :  Ye lah. Stop stop! mau kemane ni indon indon ni? (angkuh, sinis)
Bonar : Heh... jangan sembarang bicara kau ni, kita mahasiswa, jangan panggil indon begitu!
Razak : Ranca bana, cakap nye. Weleh-weleh. Ai  kira kacung!
Bonar : Hey... tak sopan... (Bonar geram, bersiap menghardik Razak. Teman-teman mahasiswa indonesia lainmencegah)
Sugiman : Yo wis wo wis, Nda usah diambil hati. Legowo! Legowo!

Perkelahian terhindarkan
Bu Dosen Masuk.
Bu Dosen : Pagi nak nak. Senang kali ibu bise berjump,e bercakap bareng you-you di sini. Sebuah kehormatan bagi ai. Kite di sini di jurusan perbandingan budaye Asia tengggara, hendak membahas ihwal budaye-budaye yang ade di asia tenggara ini. Baik budaye Indonesia, Malasyeuh, Filipina, Thailand, Singapore dan lain sebagainya. Nah sebelum kite hendak melangkah lebih jauh ta da salahnye kite salingkenalkan budaye masing-masing. Di sini kan adeu yang dari indonesia, dari penjuru Malasyeuhjua. Nah. Esokluse, pertemuam berikutnya kita hendak memperkenalkan budaye masing-masing. Jadi esok lusemasing-masing kelompok mempresentasikan budayenya masing-masing. Paham?
Mahasiswa : Paham bu......
Mahasiwa keluar kelas

Adegan 2
Tempat : Taman
Euis duduk di bangku taman menunggu teman-teman indonesia-nya. Syafeii kebetulan lewat.

Safeei : Ye lah... kita temu lagi, ni Euis kan, yang tadi?
Euis : Iya Bang, ini bang Safeei kan? (malu-malu)
Safeei : Betul betul betul, ini Abang. Hendak mana, sendirian?
Euis : Euis teh lagi nunggu temen-temen Euis Bang.
Safeei : Oh.... macem begitu rupanye, boleh ai temani? (Safeeimendekat)
Euis : Boleh (tersipu)
Safeei : Wah... hari ini cerah, cantik kali, seperti paras Euis yang jelita.
Euis : Eh? (tersipu, sambil membuang muka, tapi akhirnya bisa mengendalikan diri)
Euis : Oh iya bang, besok teh untuk presentasi kelompok abang mau bawa apa?
Safeei : Angklung dan batik. Euis sudah tahu belum apa tu angklung? Angklung tu alat muzik yang unik, buatnye dari bambu. Angklung tu dah mendunia, budaye Malasyeuh yang melegenda. Hehe.
Euis : Angklung... batik.... budaya Malasyeuh? ( terhenyak) maksudnya.....

Teman-teman Mahasiswa Indonesia Euis datang. Euis yang terhenyak, tanpa ba-bi-bu menghampur pergi. Safeei terperangah kaget.

Adegan 3
Depan wisma mahasiswa indonesia.
Euis bercerita perihal rencana mahasiswa Malasyeuh yang akan membawa angklung dan batik.
Bonar : Haduh... haduh.... tak habis pikir aku sama pemikiran mereka itu. Jelas-jelas angklung tu alat musik asli indonesia masih aja diklaim. Dasar pembajak!
Kondo : Beta juga bener-bener geram. Batik di-klaim juga, dulu lagu “sayang sayange”, reog ponorogo, nyaplok pula Sipadan-ligitan. Hadup pusing beta. Awak bagaimana Tugiman?
Tugiman : Aku juga mumet ndo... do... ko aneh. Wong edas! Tapi yo wis kita mesti legowo. Legowo legowo.

Tugiman Membacakan Puisi. ****

Kondo : Yeah...... kalian (Malasyeuh) tunggu saje pembalasan kami. Waspadalah.... waspadalah...

Adegan 4
Tempat : Ruang kelas.
Mahasiswa Malasyeuh telah sedia di kelas dengan membawa angklung dan batik.

Razak : Nah kawan-kawan, ini hari kite. Kite tunjukan pada indon-indon itu budaya kite lebih berjaya. Betul betul betul...
Najib : Ye lah bos. Betul betul!

Mahasiswa Indonesia datang, juga membawa angklung dan batik.
Razak : Eh eh.... macam mana nie kalian ni, masa bawe angklung dan batik juge, niru-niru!
Bonar : Ah kau ni, kalian yang niru, ngaku-ngaku pula! Parah!
Razak : Eh eh.... banyak cakap kau ni, jelas-jelas ni punya kami!
Bonar : Ngaco! (Gusar)
Safeei: Sudah-sudah jangan berkilah macam debat kusir begitu. Kite duduk same-same cakap baik-baik, diskusi, kite ni mahasiswe.
Euis : Begini saja, kita teh harus tunjukan argumen yang jelas atas klaim kita! Tugiman, Kondor, Ayo beraksi! (Euis memintaTugiman dan Kondor  memeriksa angklung dan batik milik mahasiswa Malasyeuh)
Tugiaman : Tuh kan bener aku bilang. (sambil menunjukan angklung) ni ada cap made in indonesia-nya, ada tulisan buatansaungMang ujdo pula.
Kondor : Ini juga. Batik made in pekalongan (geleng-geleng kepala)
Euis : Nah udah terbukti kan?
Razak : Halah... cakap besar! (gusar, malu, marah, campur aduk) siap menampar Euis. Safeei mencegah.
Keributan kecil terjadi.

Tak lama berselang Bu Dosen masuk. Kaget.
Bu Dosen : Aduh... aduh.... kacau kacau macam ni kenape?
Najib : Eum... itu bu.... kite-kitenilagiberdebatPerihal angklung... dan batik...
Bu Dosen : Ye lah ye lah.... masakah kerena ihwal begitu kalian bertengkar. Kita ni satu rumpun, satu bangsa besar Melayu. Satu Asia Tenggara. Tak bolehlah macam begituan. Nak nak.... perihal angklung dan batik tu.... perlu kalian tahu keduanye telah diakui UNESCO-PBB sebagai warisan dunia asal indonesia. Jadi sudah jelas. Kite bangse Malasyeuh tak boleh mengklaim-klaim lagi. Semuanye dah jelas. Nak nak... setiap bangse punye budaye masing-masing kita mesti menghormatinya. Jangan menyerobot satu sama lainnya. Nanti bisa-bisa kita dijuluki Malingsiakalau suke mencuri budaya-budaya bangsa lain. Bagaimanapun kita mesti bangga dengan budaya masing-masing. Sekaligus menghormati budaya bangsa yang lain. Paham kalian!?
Mahasiswa : Paham Bu.
Bu Dosen : Ya sudah. Sekarang kalian Baikkan. Angklung dan batik itu serahkan kepada mahasiswa indonesia.

Mereka berdamai. Angklung dan Batik diserahkan kepada mahasiswa Indonesia sebagai simbol pengakuan dan penghormatan budaya indonesia.
The end...

Demikianlah Naskah Drama Plagiat Harta
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Cari Materi Pelajaran Lain

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger