tas
Home » » SOAL UAS SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM 2013

SOAL UAS SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM 2013

Written By Prito Windiarto on 30 October 2014 | 10:54 AM






SOAL UAS SEMESTER 1 BAHASA INDONESIA KELAS 8 KURIKULUM 2013 



A.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan baik! Kerjakan dengan jujur! Jangan mencontek! Jangan lupa berdoa!

1. Struktur teks prosedur yang tepat adalah…
a.
Tujuan dan manfaat
c.
Tujuan dan langkah-langkah
b.
Orientasi, kompikasi, dan resolusi
d.
Orientasi, resolusi, koda

            Perhatikan dengan saksama teks prosedur berjudul “Cara Membuat Telur Asin” berikut…
A.    Telur asin adalah olahan makanan yang digandrungi sebagian masyarakat Indonesia. Penikmat telur asin tersebar di seluruh Indonesia dengan sebaran berbagai usia. Usaha pembuatan telur asin menjadi peluang yang menjanjikan.
B.     Berikut adalah langkah-langkah membuat telur asin
1)      Sediakan bahan dan alat yang diperlukan antara lain telur itik, abu gosok/batu bata yang sudah ditumbuk, amplas halus, dan garam!
2)      Gosok telur dengan amplas halus agar pori-pori telur terbuka!
3)      Campur garam dengan abu gosok secukupnya (buat adonan)!
4)      Masukan telur ke dalam adonan!
5)      Biarkan telur dalam adonan selama 5-7 hari!
6)      Ambil telur kemudian rebus!
7)      Tiriskan beberapa saat!
8)      Telur siap disajikan.

2. Struktur teks prosedur yang ditunjukan poin A adalah…
a.
Tujuan
c.
Orientasi
b.
Manfaat
d.
Langkah-langkah

3. Struktur teks prosedur yang ditunjukan poin B adalah…
a.
Tujuan
c.
Orientasi
b.
Manfaat
d.
Langkah-langkah

4. Ciri kebahasaan teks prosedur yang ditunjukan tes berjudul membuat “Membuat telur asin” adalah…
a.
Sinonim, antonim, kata sifat, penomoran
c.
Sinonim, antonim, kalimat tanya, urutan
b.
Sinonim, antonim, kata ganti, penomoran
d.
Sinonim, antonim, kalimat perintah, urutan

            5. Sinonim dari kata yang terdapat pada poin A adalah
a.
Telur -Telor
c.
Peluang – Kerugian
b.
Usia – Umur
d.
Asin – Manis


6. Antonim dari kata yang terdapat pada poin B adalah
a.
Masukan - Keluarkan
c.
Amplas – Ukir
b.
Gosok – Oles
d.
Tiriskan – Dinginkan

7. Berikut adalah contoh penulisan kalimat perintah yang tepat adalah….
a.
Apakah Kau ingin pulang?
c.
Carilah ilmu dengan sungguh-sungguh!
b.
Pergi dari sini.
d.
Pulang ke rumah, sekarang?

Soal Uas Bahasa Indonesia
8.  Perhatikan teks prosedur berikut…
Tas Cantik dari Kerdus Bekas

A. Siapkanlah alatalat dan bahan-bahan berikut.
1. Kerdus bekas
2. Tali rafia
3. Plastik transparan putih
4. Kertas kado
5. Jarum kasur
6. Lem
7. Gunting
8. Tali untuk pegangan tas
               
B.      Setelah itu, ikutilah langkah-langkah pembuatan tas cantik berikut.
Pertama, gunting kerdus sesuai dengan ukuran yang di butuhkan, dalam contoh ini tas yang dibuat berbentuk per segi panjang.
Ke dua, setelah digunting, bungkus sekeliling dinding kerdus bagian luar dengan kertas kado sampai rapih.
Ke tiga, lalu bungkus kembali dengan menggunakan plastik transparan putih agar lebih awet dan tahan lama.
Ke empat, jahit semua sisi kerdus dengan menggunakan tali rafia dan dan jarum kasur.

C.      Ke lima, setelah semua sisi di jahit, masing-masing sisi kemudian dijadikan satu dengan cara di jahit juga.
Ke enam, beri lubang untuk pegangan kemudian beri tali.
Ke tujuh, jadilah tas cantik dari kerdus bekas.
Mulailah berkreasi membuat kerajinan tangan dengan mamanfaatkan kerdus bekas di sekitar kamu. Tas cantik dari kerdus bekas akan menjadi suatu kerajinan tangan yang berguna daripada harus melihat tumpukkan kerdus bekas yang ada disekitar rumahmu. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Diolah dan dimodifikasi dari sumber: www.pondokibu.co

8. Kekurangan struktur teks tersebut adalah tidak adanya…
a.
Tujuan
c.
Judul
b.
Langah-langkah
d.
Orientasi

9. Penulisan kata yang tidak baku pada poin A adalah
a.
Tali rafia
c.
Transparan
b.
Alatalat
d.
Lem

10. Perbaikan penulisan kata yang tidak baku pada poin B adalah
a.
Digunting seharusnya di gunting
c.
Rafia seharusnya rapia
b.
Di butuhkan seharusnya dibutuhkan
d.
Kerdus seharusnya gerdus

11. Perbaikan penulisan kata yang tidak baku pada poin C adalah…
a.
Disekitar seharusnya di sekitar
c.
Ke enam seharusnya ke 6
b.
Lubang  seharusnya lobang
d.
Rumahmu seharusnya rumah mu

12. Sinonim yang tepat di bawah ini adalah…
a.
Siang – Malam
Cantik – Jelek
Hitam - Putih
c.
Pekat – Kelam
Bersih – Resik
Tampan – Ganteng
b.
Jauh – Dekat
Panas – Dingin
Baik - Buruk
d.
Matahari – Surya
Cantik – Jelita
Banyak - Sedikit

13. Penulisan kata baku yang tepat adalah…
a.
Gerdus
Dijahit
Di rumah
c.
Aktifitas
Diberi
Di sekolah
b.
Di siram
Disawah
Rapia
d.
Aktif
Di belakang
Disuruh


Perhatikan dengan saksama fabel berjudul  “Kupu-kupu Berhati Mulia” berikut!
Dikisahkan pada suatu hari yang cerah ada seekor semut berjalan-jalan  di taman. Ia sangat bahagia karena bisa berjalan-jalan melihat taman yang indah. Sang semut berkeliling taman sambil menyapa binatang-binatang yang berada di taman itu.

Ia melihat sebuah kepompong di atas pohon. Sang semut mengejek bentuk kepompong yang jelek dan tidak bisa pergi ke mana-mana.
“Hei, kepompong alangkah jelek nasibmu.Kamu hanya bisa menggantung di ranting itu.Ayo jalan-jalan, lihat dunia yang luas ini.Bagaimana nasibmu jika ranting itu patah?”


Sang semut selalu membanggakan dirinya yang bisa pergi ke tempat ia suka. Bahkan, sang semut kuat mengangkat beban yang lebih besar dari tubuhnya. Sang semut merasa bahwa dirinya adalah binatang yang paling hebat.Si kepompong hanya diam saja mendengar ejekan tersebut.
Pada suatu pagi sang semut kembali berjalan ke taman itu. Karena hujan, genangan lumpur terdapat di mana-mana.Lumpur yang licin membuat semut tergelincir dan jatuh ke dalam lumpur. Sang semut hampir tenggelam
dalam genangan lumpur itu. Semut berteriak sekencang mungkin untuk meminta bantuan.
“ Tolong, bantu aku! Aku mau tenggelam, tolong..., tolong...!”

Untunglah saat itu ada seekor kupu-kupu yang terbang melintas.
Kemudian, kupu-kupu menjulurkan sebuah ranting ke arah semut.
“Semut, peganglah erat-erat ranting itu!Nanti aku akan mengangkat ranting itu.”Lalu, sang semut memegang erat ranting itu. Si kupu-kupu mengangkat ranting itu dan menurunkannya di tempat yang aman.
Rounded Rectangle: 3Kemudian, sang semut berterima kasih kepada kupu-kupu karena kupu-kupu telah menyelamatkan nyawanya. Ia memuji kupu-kupu sebagai binatang yang hebat dan terpuji. Mendengar pujian itu, kupu-kupu berkata kepada semut.
“Aku adalah kepompong yang pernah kau ejek,” kata si kupu-kupu.
Ternyata, kepompong yang dulu diejek sudah menyelamatkan dirinya.
Akhirnya, sang semut berjanji kepada kupu-kupu bahwa dia tidak akan menghina semua makhluk ciptaan Tuhan yang ada di taman itu.


14.  Apa amanat dari fabel “Kupu-kupu Berhati Mulia”?
a.
Harus saling menghina
c.
Harus ikhlas menerima takdir
b.
Tidak boleh putus asa
d.
Jangan menghina orang lain

15.  Berikut adalah struktur teks fabel, kecuali
a.
Kode
c.
Resolusi
b.
Orientasi
d.
Komplikasi

16. Kata kerja aktif transitif yang terdapat dalam paragraf pertama fabel di atas adalah…
a.
Berkeliling, menyapa
c.
Melihat, berkeliling
b.
Berjalan-jalan, semut, melihat
d.
Melihat, menyapa

17. Kata kerja aktif intransitif yang terdapat dalam paragraf pertama fabel di atas adalah…
a.
Mendengar, berkeliling, melihat
c.
Melihat, mengejek, pergi
b.
Berjalan-jalan, menyapa, melihat
d.
Berjalan-jalan, berkeliling

18. Kata kerja yang terdapat dalam paragraf kedua fabel di atas adalah…
a.
Mendengar, berkeliling, melihat
c.
Melihat, mengejek, pergi
b.
Berjalan-jalan, menyapa, melihat
d.
Berjalan-jalan, berkeliling, mengangkat

19. Kata kerja aktif intransitif yang terdapat dalam paragraf kelima fabel di atas adalah…
a.
Diam, tergelincir, tenggelam
c.
Melihat, tergelincir, tenggelam
b.
Berjalan, tergelincir, tenggelam
d.
Berjalan, tergelincir, membuat

20. Kata kerja yang terdapat dalam paragraf terakhir fabel di atas adalah…
a.
Berjanji, menghina
c.
Melihat, berkeliling
b.
Berjalan-jalan, berjanji
d.
Diejek, menyelamatkan

21. Penulisan kata sandang sang yang tepat adalah…
a.
Ia menemui sang Raja Hutan.
c.
Wandi mengambil sangkar burung.
b.
Sangkuriang menemui Dayang Sumbi
d.
Ahmad menemani Sang Pangeran.

22. Penulisan kata sandang si yang tepat adalah…
a.
Ia menemui Si Raja Hutan.
c.
Si Akbar memapah Si Agus.
b.
Si Landa menyapa si Monye.
d.
Ahmad menemani SiPangeran.

23. Bentuk kalimat pasif dari kalimat “Jiji Jerapah menemui Kus Tikus” adalah…
a.
Jiji Jerapah ditemui Kus Tikus
c.
Kus Tikus ditemui Jiji Jerapah.
b.
Kus Tikus menemui Jiji Jerapah.
d.
Jiji Jerapah dan Kus Tikus bertemu.

24. Penggunaan keterangan tempat yang tepat adalah…
a.
Jiji Jerapah pulang pukul 19.00.
c.
Kus Tikus menemui Jiji Jerapah.
b.
Kus Tikus berjalan-jalan sore hari.
d.
Kus Tikus menemui Jiji Jerapah di lapangan.

25. Penggunaan keterangan waktu yang tepat adalah…
a.
Jiji Jerapah pulang dengan ceria.
c.
Kus Tikus menemui Jiji Jerapah siang hari.
b.
Kus Tikus berjalan-jalan di taman.
d.
Kus Tikus menemui Jiji Jerapah di lapangan.

26. Penggunaan kata hubung lalu yang tepat adalah…
a.
Lalu lintas di jalanan lengang.
c.
Lalu Ani pun menjadi pintar.
b.
Anita pergi memancing lalu berburu burung pipit.
d.
Angkot 05 lalu lalang di area Alun-alun Kota Banjar.

27. Penggunaan kata hubung kemudian yang tepat adalah…
a.
Andre pulang dari sekolah kemudian membantu ibu di kebun.
c.
Karena lepas kemudi, mobil itu oleng.
b.
Kemudian ia pun terjatuh.
d.
Kemudian ia menangis tersedu-sedu.


Perhatikan “Langkah-langkah menulis puisi” yang tersusun acak berikut:
1. Menulis apa yang dibayangkan
2. Membayangkan hal yang akan ditulis
3. Menentukan tema
4. Mencermati dan merevisi naskahpuisi yang sudah ditulis
5. Menggunakan ungkapan danmajas dengan tepat untukmengungkapkan ide
6. Memilih kata atau diksi yang tepat

28. Urutan langkah-langkah menulis puisi yang tepat adalah…
a.
1-2-3-4-5-6
c.
3-2-1-4-5-6
b.
3-2-1-6-5-4
d.
3-2-1-5-6-4

29. Contoh penggunaan kata kerja aktif transitif dalam kalimat yang tepat adalah…
a.
Ani berjalan-jalan di taman.
c.
Ahmad berenang di sungai.
b.
Bu Ari menyayangi putranya.
d.
Latif belajar hingga larut malam.

30. Contoh penggunaan kata kerja aktif intransitif dalam kalimat yang tepat adalah…
a.
Ani mencuci baju.
c.
Ahmad berenang di sungai.
b.
Bu Ari menyayangi putranya.
d.
Acep menyapu halaman rumah.

31. Perbaikan yang tepat dari kalimat “Di hutan belantara hiduplah seekor Landak” adalah...
a.
Di Hutan Belantara hiduplah seekor Landak.
c.
Di hutan belantara hiduplah seekor landak.
b.
Di hutan belantara hidup lah seekor Landak.
d.
Di Hutan Belantara Hidup lah Seekor Landak.

32. Perbaikan penulisan yang tepat dari kalimat “Beberapa waktu lalu si Landa mengajak Monyet, Kambing, Kancil, danbinatang lainnya untuk bermain bersama.” adalah...
a.
Beberapa waktu lalu Si Landa mengajak monyet, kambing, kancil, danbinatang lainnya untuk bermain bersama.
c.
Beberapa waktu lalu Si Landa mengajak Monyet, Kambing, Kancil, danBinatang lainnya untuk bermain bersama..
b.
Beberapa waktu lalu si Landa mengajak monyet, kambing, kancil, danbinatang lainnya untuk bermain bersama.
d.
Beberapa waktu lalu Si Landa mengajak Monyet, Kambing, Kancil, danBinatang lainnya untuk bermain bersama.

33. Penulisan prefiks (awalan) di- yang tepat adalah….
a.
Di hutan.
c.
Di sana.
b.
Diselamatkan.
d.
Di ubah.

34. Penulisan kata depan di yang tepat adalah….
a.
Di sungai.
c.
Disini.
b.
Diselidiki.
d.
Di ambil.

35. Penulisan prefiks (awalan) di- dan kata depan di ada kalimat-kalimat berikut tepat, kecuali….
a.
Dia ditangkapserigala.
c.
Aku berdiri disini.
b.
Tubuhnya diselamatkan sang tikus.
d.
Cahyadin belajar di sekolah.

36. Perbaikan penulisan kalimat berikut “Annisa, Dara dan Mega melihat kupukupu ditaman.” adalah…
a.
Annisa, dara dan mega melihat kupu-kupu ditaman.
c.
Annisa, Dara, dan Mega melihat kupu-kupu ditaman.
b.
Annisa, Dara, dan Mega melihat Kupu-Kupu ditaman.
d.
Annisa, Dara, dan Mega melihat kupu-kupu di taman.

37. Penggunaan kata hubung akhirnya yang tepat adalah….
a.
Film itu tiba di akhir cerita.
c.
Selepas baku tembak itu, akhirnya sang penjahat berhasil dibekuk.
b.
Akhir nya ia pulang.
d.
Beginikah akhirnya hubungan kita?

38. Berikut adalah nama Pahlawan Nasional Indonesia, kecuali…
a.
Ir. Soekarno
c.
Muhammad Hatta Rajasa
b.
Pangeran Diponegoro
d.
Jendral Soedirman

39. Nama kecil Ki Hajar Dewantara adalah…
a.
Raden Mas Soewardi Soeryaningrat
c.
Ki Hajar  Sutasoma
b.
Raden Mas Soeroso
d.
Tut Wuri Handayani

40. Apa pengertian biografi?
a.
Teks yang mengisahkan tokoh fiksi seperti Superman.
c.
Teks yang memaparkan berita.
b.
Teks yang mengisahkan tokoh atau pelaku, peristiwa, dan  masalah yang dihadapinya.
d.
Teks yang berisi dongeng.
41. “Teks yang ditulis oleh dirinya sendiri mengisahkan peristiwa dan masalah yang dihadapinya.” Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari…
a.
Autobiografi
c.
Biodata
b.
Biografi
d.
Autobiodata

42. Berikut adalah struktur biografi, kecuali…
a.
Orientasi
c.
Koda
b.
Reorientasi
d.
Peristiwa dan masalah yang dihadapi

Perhatikan teks biografi berikut!
Rounded Rectangle: 1Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889.Ia  berasal dari lingkungan keluarga keraton Yogyakarta. Meskipun  demikian, ia sangat sederhana dan ingin dekat dengan rakyatnya.
Rounded Rectangle: 2Ki Hajar Dewantara bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar, seperti Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer, dan Poesara. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam, dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.Ki Hajar Dewantara juga mengecam rencana perayaan itu melalui tulisannya yang berjudul “Als Ik Eens Nederlander Was (Seandainya Aku Seorang Belanda) dan Een voor Allen maar Ook Allen voor Een (Satu untuk Semua, tetapi Semua untuk Satu Juga)”.
Pada tanggal 3 Juli 1922 Ki Hajar Dewantara bersama dengan rekan-rekan  seperjuangannya mendirikan perguruan yang bercorak nasional, yaitu Nationaal Onderwijs Instituut Taman Siswa (Perguruan Nasional Taman Siswa). Melalui perguruan Taman Siswa dan tulisan-tulisannya yang berjumlah ratusan, Ki HajarDewantara berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan nasional bagi bangsa Indonesia.
Rounded Rectangle: 3Sebagai pahlawan yang dijuluki Bapak Pendidikan Indonesia, semangat dan jasa Ki Hajar Dewantara sepantasnya dikenang dan tidak dilupakan. Semoga apa yang dilakukannya itu dapat menginspirasi rakyat Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

43. Struktur biografi yang ditunjukan nomor 1 adalah…
a.
Orientasi
c.
Koda
b.
Reorientasi
d.
Peristiwa dan masalah yang dihadapi

44. Struktur biografi yang ditunjukan nomor 2 adalah…
a.
Orientasi
c.
Koda
b.
Reorientasi
d.
Peristiwa dan masalah yang dihadapi

45. Struktur biografi, yang ditunjukan nomor 3 adalah…
a.
Orientasi
c.
Koda
b.
Reorientasi
d.
Peristiwa dan masalah yang dihadapi

46. Contoh merujuk kata yang terdapat dalam pragraf pertama biografi di adalah..
a.
Tulisan-tulisannya
c.
Pembacanya
b.
Rakyatnya
d.
Dilakuannya

47. Kata kerja tindakan yang terdapat pada paragraf kedua biografi di atas adalah…
a.
Bekerja
c.
Mendirikan
b.
Lahir
d.
Meletakan

48. Berdasarkan kompleksitas strukturnya, kalimat terbagi menjadi dua, yakni
a.
Kalimat Tunggal dan Kalimat Ganda
c.
Kalimat Ganda dan Kalimat Majemuk
b.
Kalimat Langsung dan Tidak Langsung
d.
Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk

49. “Siswa SMP Muhammadiyah berenang di kolam renang.”
Kalimat di atas merupakan contoh kalimat tunggal berpredikat verbal…
a.
Ekatransitif
c.
Monotransitif
b.
Dwitransitif
d.
Taktransitif

50. Kalimat berikut merupakan contoh kalimat tunggal berpredikat verbal ekatransitif, kecuali…
a.
Astri membeli baju.
c.
Nandya membawa buku ke seolah.
b.
Andini menyapu halaman.
d.
Ani tidur di kamar.

51. “Anah menjual sayuran di pasar.”
Predikat pada kalimatdi atas adalah…
a.
Anah
c.
Sayuran
b.
Menjual
d.
Di pasar

52. “Ai mengirimi anaknya uang tiap bulan.”
Pelengkap pada kalimat tersebut adalah
a.
Ani
c.
Anaknya
b.
Mengirimi
d.
Uang

53. Antonim yang tepat berikut ini adalah…
a.
Besar - Pendek
c.
Acuh – Peduli
b.
Umum – Khusus
d.
Kelam – Hitam

54. Antonim yang tepat berikut ini adalah…
a.
Ringan - Besar
c.
JauhDekat
b.
Makan – Masak
d.
SiangMatahari

55. Sinonim yang tepat berikut ini adalah…
a.
Kecil - Besar
c.
MembeliMenjual
b.
Kelam – Hitam
d.
Menanti – Membenci

Soal Esai
56. Tulislah masing-masingsatu (1) contoh kalimat yang mengandungkata hubung korelatif, koordinatif, dan subordinatif!
57. Tulislah sebuah teks prosedur!
58. Tulislah masing-masing 5 antonim dan 5 sinonim
59. Tulislah masing-masing satu (1) kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat berita!
60. Tulislah sebuah puisi bertema flora/fauna atau pahlawan (pilih salah satu)!

Catatan: Tulis di akhir, “Ahamdulillah. Saya telah mengerjakan UTS dengan jujur.”

Share this article :

6 komentar:

Post a Comment

Cari Materi Pelajaran Lain

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger