tas

CONTOH ABSTRAK SKRIPSI BAHASA INDONESIA

Written By Prito Windiarto on 28 December 2014 | 8:14 AM







CONTOH ABSTRAK SKRIPSI BAHASA INDONESIA



Berikut adalah CONTOH ABSTRAK SKRIPSI BAHASA INDONESIA

ABSTRAK

Abstrak Skripsi
Penelitian ini berjudul “Analisis Lirik Lagu Grup Band Sheila on 7 dalam Album “Kisah Klasik untuk Masa Depan” Sebagai Upaya Mendapatkan Bahan Ajar Keterampilan Menulis Kreatif Puisi  di SMA”. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini yaitu, dewasa ini pembelajaran sastra (khususnya menulis puisi) belum maksimal. Sebagian siswa mengalami kesulitan menulis puisi terutama dalam hal penggalian ide, imajinasi, dan pemilihan kata (diksi). Salah satu sebabnya adalah bahan ajar yang kurang variatif. Berdasarkan hal tersebut peneliti merasa perlu menghadirkan alternatif bahan ajar menulis kreatif puisi dari lirik lagu. Lirik Lagu Sheila on 7 dalam album “Kisah Klasik untuk Masa Depan” memiliki nilai-nilai sastra yang dapat diajarkan kepada siswa dengan mengkaji unsur lahir dan batinnya, diharapkan hasilnya dapat dijadikan bahan ajar menulis kreatif puisi di SMA.
Pokok permasalahan dalam penelitian ini yaitu mencari unsur lahir dan unsur batin puisi yang terdapat dalam lirik lagu Sheila on 7 dalam album “Kisah Klasik untuk Masa Depan”, kesesuainya dengan kriteria bahan ajar menulis kreatif puisi di SMA dan bagaimana model bahan ajar keterampilan menulis kreatif puisi di SMA. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan unsur lahir dan batin puisi, kesesuainnya dengan kriteria bahan ajar dan model bahan ajar menulis kreatif puisi di SMA. Fokus dalam penelitian ini adalah analisis unsur puisi lirik lagu Sheila on 7 dalam dalam album “Kisah Klasik untuk Masa Depan”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.
Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis unsur puisi adalah sebagi berikut. 1) Unsur lahir puisi dalam lirik lagu Sheila on 7 dalam dalam album “Kisah Klasik untuk Masa Depan” yang berupa diksi, imaji, kata konkret, bahasa viguratif dan versifikasi adalah sebagai berikut. (1) Diksi yang digunakan umumnya sederhana. (2) Imaji (daya bayang) yang penyair hadirkan beragam. (3) Kata konkret (kata nyata) yang digunakan cermat dan menimbulkan nilai estetis dan romantis. (4) Bahasa figuratif berupa majas metafora, personifikasi, hiperbola, epitet (epiteta), sinekdoke pars pro toto, dan persamaan (simile). (5)  Versifikasi, mayoritas tidak memperhatikan rima dan ritme. Walau demikian ada pula lagu yang memperhatikan rima.  Yakni dalam lirik lagu “Bila Kau Tak Disampingku”, “Pagi Yang Menakjubkan” dan “Selamat Tidur.”   2) Unsur batin puisi lirik lagu Sheila on 7 dalam album “Kisah Klasik untuk Masa Depan” yang berupa tema, perasaan, nada, dan amanat adalah sebagai berikut. (1) Tema yang diusung beragam. (2) Perasaan penyair bervariasi (3) Nada yang ditampilkan berbeda-beda. (4) Amanat yang diusung ada yang disampaikan secara tersirat maupun tersurat.
 3) Lirik lagu Sheila on 7 dalam dalam album “Kisah Klasik untuk Masa Depan”  memenuhi syarat untuk dijadikan bahan ajar di SMA, baik dilihat dari segi validitas untuk mencapai tujuan pembelajaran, berarti atau bermanfaat, menarik maupun batas kemampuan siswa dan standar isi (KTSP) yang terdapat dalam kompetensi dasar berikut: Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, ritme dan rima.
4) Berdasarkan hasil analisis Lirik lagu Sheila on 7 dalam album “Kisah Klasik untuk Masa Depan” dapat dijadikan sebagai model bahan ajar menulis kreatif puisi di SMA.


Kalua mau lihat Contoh judul skripsi klik di sini aja

Demikianlah CONTOH ABSTRAK SKRIPSI BAHASA INDONESIA

Share this article :

Cari Materi Pelajaran Lain

Mari Bergabung

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger