Baju Renang Mengapung

Baju Renang Mengapung
Info lengkap, klik gambar...

RPP Bahasa Indonesia Dialog Interaktif

Written By Prito Windiarto on 07 May 2015 | 8:43 AM


RPP Bahasa Indonesia Dialog Interaktif

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMPIT AL-FAWWAZ
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi    : 1. Memahami dialog interaktif pada tayangan televisi / siaran radio
Kompetensi Dasar      : 1.2. Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi / siaran radio
Alokasi waktu             : 4 x  40 menit ( 2x pertemuan )

1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat Mengomentari pendapat narasumber dalam dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran radio.

v  Karakter siswa yang diharapkan :          Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
2.   Materi Pembelajaran
Cara mengomentari pendapat dalam dialog dan implementasi- nya

3.   Metode Pembelajaran
      a. Tanya jawab
      b. Diskusi

4.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
      Pertemuan pertama dan kedua :
a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
       1.  Peserta didik Bertanya jawab mengenai pendapat para narasumber
Memotivasi :
           1. Peserta didik Mendata pendapat tiap-tiap narasumber

      b. Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik dapat Mendengarkan rekaman atau tayangan/siaran dialog interaktif
F  memfasilitasi Peserta didik dapat Mendata pendapat tiap-tiap narasumber.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  Mengomentari pendapat tiap-tiap narasumber dengan alasan yang meyakinkan
F  memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F  Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

5.   Sumber Belajar
      a. Gambar
      b. Rekaman dialog interaktif

6.   Penilaian
·       Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mendata pendapat tiap-tiap narasumber
·   Mengomentari pendapat narasumber dengan alasan yang menyakinkan

Tes tulis
Uraian
§ Tuliskan kembali pokok-pokok pemikiran narasumber!
§ Berilah komentar terhadap pendapat narasumber!



Mengetahui,
Kepala Sekolah,



( Adi Saputra, S.Pd.I)
                                                                                                

Banjar,   Juli  2014
Guru Mapel Bahasa Indonesia,



( Emmie Apriani, S.Pd.)


RPP ini merupakan modifikasi dari RPP CV Azzahra, yang merasa keberatan silakan komplain via twitter @pritowindiarto
RPP Bahasa Indonesia Dialog Interaktif
Share this article :

Mau Novel Ini Harga Murah? Klik gambar cover...

Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Menulis Bisa Dapat Uang

Cari Materi Pelajaran Lain

Mari Bergabung

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger