10.1.16

Kata Bijak Tentang Organisasi



Kata Bijak Tentang Organisasi

 Prito Windiarto

Ya. Menjadi leader (ketua, kepala, atau apalah itu)  bukanlah tugas mudah. Ia, ditekan dari atas, ditekan dari bawah. So... Hikmahnya, mari hargai leader-leader kita, mulai dari ketua kelas, ketua grup, ketua organisasi, dst. Esok lusa boleh jadi kitalah yg menjadi leader.

**
Organisasi yang baik adalah yang membentuk tim yang kuat, bukan hanya personal yang kuat. Jika personal yang diperkuat, malah, bisa jadi yang muncul adalah kekuatan figuritas. Dan itu amat berbahaya terutama perihal estafeta dan regenerasi. So… sekali lagi, teamwork musti dipersolid.
**
            Apa yang membuat tim/organisasi kompak/solid? Jawabannya: sering ngumpul. Tak harus formal. Sambil makan-makan, ngopi-ngopi, bincang santai. Dll,  Percaya deh, suer! J
**
Perencanaan itu penting >>Kulla syaiin labuda bil’i’dad.  Jangan tergesa >> Al ajalatu minasyaiton (H.R. Tirmidzi). Persiapkan dari jauh-jauh hari >>Man arofa bu’da safarin istaada!
#qouets Arab
**
>>Dalam organisasi, saran saya sebaiknya diminimalisasi pertayaan: “Kemana saja? Kamana wae yeuh?!”  Sungguh pertanyaan itu, apalagi jika diniatkan demi menyindir, akan terdengar menyakitkan. Yang ahsan adalah menyambut biasa-biasa saja namun penuh kehangatan. Anggap ia, yang selama ini “menghilang” sama seperti kawan lain yang memang selalu hadir. Tidak usah terlalu mengistimewakan, apalagi mengucilkan.

Banyak kejadian, orang yang terkesan diistimewakan justru merasa dikucilkan. Ia yang berniat kembali bisa jadi malah menghilang lagi. Mari hati-hati berorganisasi. Berorganisasi juga perlu pakai hati.>>

Demikianlah 

Info CPNS PPPK 2019 & Pelajaran Bahasa Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...