tas
Home » » Daftar Pondok Pesantren Terkenal di Indonesia

Daftar Pondok Pesantren Terkenal di Indonesia

Written By Prito Windiarto on 13 February 2016 | 12:15 PM

Daftar Pondok Pesantren Terkenal di Indonesia

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Ia telah banyak memberikan kontribusi demi kemajuan bangsa ini. Alumninya menjadi bagian tak terpisahkan dalam kiprahnya membangun negara.
Berikut kami sajikan daftar pondok pesantren terkenal di Indonesia.

1. Pondok Modern Darusalam Gontor (PMDG)
Pondok yang dikenal luas dengan nama Gontor ini kampus pusatnya berada di Ponorogo. Sementara pusat kampus putri di Mantingan. Sampai saat ini Gontoh sudah punya belasan cabang, mulai dari Aceh sampai Sulawesi.
Santrinya ribuan. Alumninya tersebar di pelosok negeri. Para alumni ini kemudian sebagiannya mendirikan pondok yang tipe dan falsafah nya menginduk ke Gontor, meski secara struktural tak ada. Pondok-pondok tersebut dikenal sebagai pondok alumni. Brand yang melekatinya adalah modern.
Gontor yang sudah berdiri sekitar 90 tahun ini punya Kurikulum yang khas bernama Kulliyatul Mualimin Al Islamiyah (KMI). Program khasnya adalah penggunaan Bahasa Arab dan Inggris dalam keseharian.
Gontor terkenal juga karena ditopang alumni yang mumpuni dan mentas. Berikut adalah beberapa alumni Gontor:
1. K.H. Hasyim Muzadi (mantan ketua PBNU)
2. Prof. Din Syamsudin (mantan ketua PP Muhammadiyah)
3. Dr. Hidayat Nur Wahid (mantan Ketua MPR, wakil ketua MPR)
4. Lukman Hakim Syaifudin (menteri agama)
5. Maftuh Basyumi (mantan menteri agama)
6. Abu Bakar Baasyir (amir Jammah Anshoru Tauhid)
7. Nurcholis Majid / Cak Nur (mantan rektor paramadina)
8. Emha Ainun Najib / Cak Nun (budayawan)
Dll, masih banyak yang lainnya. Termasuk di dalamnya Ahmad Fuadi, penulis novel Negeri 5 Menara, Akbar Zainudin, penulis Man Jadda Wajada, dll.

2. Pondok Pesantren Tebu Ireng – Jombang
Masih ingat muktamar NU ke-33 kemarin? Ya. Kegiatannya berpusat di pesantren ini. Kini pesantren ini diasuh oleh K.H. Sholahudin Wahid, adik mantan presiden Indonesia Abdurahman Wahid (Gus Dur). Ini merupakan pondok “warisan” pendiri NU, K.H. Hasyim Asyari

3. Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri
Pondok pesantren berbasis salafiyah (NU) ini merupakan salah satu pesantren legendaris. Sudah berdiri cukup lama. Memiliki basis santri yang banyak. Alumninya tersebar ke seantero negeri.

4. Pondok Pesantren Sabilul Mutaqin (PSM)
Pusat pondok ini di Magetan, Jawa Timur. Kini sudah punya beberapa cabang. Salah satu alumni yang mentas dari pesantren ini adalah Dahlan Iskan.

5. Pondok Pesantren Miftahul Huda Tasikmalaya
Bagi orang Jawa Barat nama pesantren ini amat melegenda. Sang pendiri, alm. Khoer Afandi begitu kharismatik. Pondok ini tepatnya berada di Kec. Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. Saat ini memiliki ribuan santri. Pondok ini termasuk tipikal pondok salaf berbasis Nahdhiyin. Alumni pondok ini kemudian banyak yang Mendirikan pondok ini. Salah satu ciri khasnya pondok alumni biasa berakhiran huda, Misal Manarul Huda, Manbaul Huda. Bahkan ada juga yang cabang bernama Miftahul Huda 2, dll. Salah satu alumnusnya yang mencuat adalah Aag Gym dan Uu Ruhzanul Ulum (Bupati Tasikmalaya)

6. Pondok Pesantren Suryalaya, Tasikmalaya
Bagi praktisi atau pengamat tarekat nama Suryalaya pasti amat dikenal. Pendirinya adalah abah sepuh, dilanjut abah anom. Tarekatnya Naqsabandiyah.

7. Pondok Pesantren Modern Darun Najah, Jakarta
Berbicara tentang pesantren di ibukota, maka nama Darun Najar pantas dikedepankan. Berbasis pesantren modern (pondok alumni Gontor) pondok ini berkembang dengan pesat. Ribuan santrinya adalah bukti sahih eksistensinya. Salah satu alumninya konon adalah Ustaz Jefri Al Buchari (Uje).

8. Pondok Pesantren Daarut Tauhid
Nama pesantren yang berpusat di Gegerkalong, Bandung ini mencuat seiring dengan melejitnya nama K.H. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) beberapa tahun silam. Pondok yang dekat dengan kampus UPI ini mengajarkan wirausaha bagi para santrinya. Karenanya dikenal istilah santri siap guna.

9. Pondok Pesantren Daarul Qur'an (PPDQ) Lebih dikenal dengan Daqu
Pesantern yang fokus pada kaderisasi hafizh Al Qur'an ini semakin meroket seiring melesatnya nama Ustad Yusuf Mansur. Beliau adalah salah seorang dai kondang. Pondok ini telah memiliki beberapa cabang. Telah banyak hafiz hafizah yang entaskan dari pesantren ini.

10. Pondok Pesantren Al Munawwir Kyapyak
Menyebut nama Yogya, salah satu pesantren legendarisnya adalah Kraypyak. Yang membuatnya terkenal, utamanya di kalangan santri adalah setelah adanya kamus Arab – Indonesia, Indonesia – Arab bertajuk Al Munawwir. Kamus ini menjadi pegangan sebagian santri. Kamus ini disusun dan diterbitkan dari pesantren ini.

Demikian lah  Daftar Pondok Pesantren Terkenal di Indonesia


Share this article :

Cari Materi Pelajaran Lain

Mari Bergabung

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger