1.5.16

Pengertian dan Contoh Wawancara yang Baik



Pengertian dan Contoh Wawancara yang Baik
  
Wawancara merupakan materi pelajaran bahasa Indonesia kelas 7 dan 8 SMP.
 
 Prito Windiarto, S.Pd.

Pengertian wawancara
 
Wawancara adalah suatu kegiatan bertanya jawab kepada narasumber untuk mendapatkan informasi dan data



Hal yang diperhatikan sebelum wawancara

a.       Menghubungi orang yang diwawancarai
b.      Persiapkan daftar pertanyaan yang sesuai dengan pokok-pokok masalah yang akan ditanyakan dalam wawancara.
c.       Berikan kesan yang baik
d.      Perhatikan cara berpakaian, gaya bicara dan sikap.

Pada saat wawancara perlu memperhatikan pegangan-pegangan umum pelaksanaan wawancara berikut ini :
a.       Jelaskan dulu identitas kalian
b.      Mulai wawancara dengan pertanyaan yang ringan dan bersifat umum
c.       Sebutkan nama narasumber secara lengkap dan bawalah buku catatan, alat tulis atau tape recorder.
d.      Hindari pertanyaan yang berbelit-belit
e.       Jaga suasana kondusif



Tugas      : Membuat wawancara dengan orang lain.
                 Membuat 5 pertanyaan



Contoh Wawancara
Saya          : “Assalamualaikum. Wr.Wb
Pedagang  :”Waalaikumsalam. Wr.Wb.”

Saya          :”Apakah saya boleh mewawancarai anda?”

Pedagang  :”Ya, silahkan!”

Saya          :”Sudah berapa lama anda berdagang?”

Pedagang  :”Sekitar 3 tahunan.”

Saya          :”Berapa penghasilan anda sehari-hari?”

Pedagang  :”Ya, kurang lebih sekitar 500ribu per hari”

Saya       :”Wah! Lumayan juga ya, bagaimana suka dukanya ketika berdagang selama tiga tahunan ini?”

Pedagang :”Sukanya ketika mendapatkan keuntungan banyak, dukanya ketika banyak kasbon. Biasalah, 
orang dagang pasti banyak ngasbon.”

Saya          :”Dagangan apa yang paling banyak diminati warga disini?”
Pedagang :”Ya, yang banyak diminati yaitu bahan pangan seperti sayuran, telur, beras, bumbu dan semacamnya.

Saya          :”Kira-kira, apa harapan anda kedepannya?”

Pedagang :”Harapannya, ya semoga toko ini bisa lebih maju lagi, bisa lebih banyak barang dagangannya, dan penghasilannya pun bisa lebih bertambah banyak lagi.”

Saya          :”Ya, terimakasih atas waktunya. Wassalamualaikum. Wr.wb.”

Pedagang  :”Waalaikumsalam. Wr. Wb.”

Penilaian Wawancara

Vokal                          : 3 3 3
Ekspresi                       : 2 2 3
Intonasi                       : 4 3 4
Penjedaan                    : 2 3 4
Penampilan                  : 3 4 4
Kejelasan isi laporan   : 2 3 3

Contoh Daftar Pertanyaan wawancara

1.      Apa cita citamu?
2.      Apa yang membuat anda berminat untuk sekolah di SMP Muhammadiyah ini?
3.      Apa anda mempunyai seseorang yang diidolakan? Siapa, dan apa alasannya?
4.      Adakah pengalaman yang mengesankan ketika bersekolah di SMP Muhammadiyah ini?
5.      Menurut anda pembelajaran di SMP Muhammadiyah ini bagaimana?

Demikianlah Pengertian dan Contoh Wawancara yang Baik

Info CPNS PPPK 2019 & Pelajaran Bahasa Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...