tas

Resensi Novel Rindu Karya Tere Liye

Written By Prito Windiarto on 29 January 2017 | 10:38 AM

Resensi Novel Rindu Karya Tere Liye

Memaknai Kerinduan Sebenarnya

Judul : Rindu
Penulis: Tere Liye
Penerbit : Republika
Kota : Jakarta

Blurb
Apakah arti memiliki,
Ketika diri kami sendiri bukanlah milik kami?

Apakah arti kehilangan,
Ketika kami sebenarnya menemukan banyak saat kehilangan,
Dan sebagainya, kehilangan banyak pula saat menemukan?
Apakah arti cinta,
Ketika kami menangis terluka atas perasaan yang seharusnya indah? Bagaimana mungkin, kami terduduk patah hati atas sesuatu yang seharusnya suci dan tidak menuntut apa pun?

Wahai, bukankah banyak kerinduan saat kami hendak melupakan? Dan tidak terbilang keinginan melupakan saat kami dalam rindu? Hingga rindu dan melupakan jaraknya setipis benang saja.

Inilah kisah tentang masa lalu yang memilukan. Tentang kebencian pada seseorang yang seharusnya disayangi. Tentang kehilangan kekasih hati. Tentang cinta sejati. Tentang kemunafikan. Lima kisah dalam perjalanan panjang kerinduan.

Sinopsis
Novel Rindu ada novel romance sejarah karya penulis fenomenal saat ini, Tere Liye. Cerita novel ini mengambil seting tahun 1938an. Cerita utamanya adalah perjalanan haji, saat itu masih menggunakan kapal laut. Tepatnya Blitar Holland. Perjalanan di mulai dari Kota Makassar. Dalam kapal itu, ada Gurutta Ahmad Karaeng, Sang ahli agamanya nan bijak. Ada Daeng andipati, sang pengusaha yang pergi haji bersama keluarganya, termasuk dua putrinya Ana dan Elsa. Ada Ambo Uleng, sang pelaut tangguh  yang sedang patah hati dan mencari lagi bentuk diri.
Ketiganya berlatar belakang yang berbeda. Berkelindan kisah satu dengan lainnya sedemikian elok. Ada pula bunda Upe yang punya masa depan kelam. Ada kakek nenek nan romantis. Ada permasalahan penting yang menghadang. Ada perseturuan.
Inilah kerinduan sejati. Kerinduan akan kasihNya.

Kelebihan
Novel ini mengajak kita berpetualang ke masa lalu. Menelisik Indonesia pra kemerdekaan. Tentu ini bukan novel sejarah murni. Ini lebih kepada novel refleksi. Ada pertanyaan-pertanyaan soal kehidupan. Ada makna-makna. Dan ada romantisme.
Bagi penyuka novel reliji, novel ini layak dimiliki. Tak salah kiranya jika novel ini sudah puluhan kali cetak ulang, hanya dalam waktu beberapa waktu.

Harga toko buku : 69 ribu
Harga di Naura Bookstore : 62 ribu (belum termasuk ongkir)

Pemesanan: wa/line/telegram 087826263364

Selamat berbelanja, eh selamat membaca.

Demikianlah resensi novel Rindu Karya Tere Liye

Share this article :

Cari Materi Pelajaran Lain

Mari Bergabung

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger