tas
Home » , , » Panduan Menulis Esai Beasiswa LPDP Sukses Terbesar dalam Hidupku

Panduan Menulis Esai Beasiswa LPDP Sukses Terbesar dalam Hidupku

Written By Prito Windiarto on 01 March 2017 | 5:27 PM

Panduan Belajar Menulis Essay Beasiswa LPDP “Sukses Terbesar Dalam Hidupku”

Membuat essay yang dibatasi oleh jumlah kata sekitar 500-700-an memang susah-susah gampang, diperlukan sekitar 6 sampai 7 paragraf secara keseluruhan mencakup dari latar belakang hingga goal yang ingin dicapai.
Kali ini, saya akan sedikit memaparkan mengenai panduan membuat essay beasiswa LPDP dengan tema “Sukses Terbesar Dalam Hidupku”.

Poin penting pertama adalah kita harus benar-benar memahami latar belakang, visi, dan misi sponsor beasiswa yang kita pilih. Kemudian, poin-poin yang kita tulis harus benar-benar menjawab pertanyaan, to the point serta berbobot di bagian awal, serta informasi yang dibutuhkan oleh sponsor.

Pertama, jelaskan dua atau tiga kalimat tentang pengertian “sukses” menurut masing-masing. Usahakan apa yang dijelaskan tidak hanya omong kosong. Boleh menambahkan referensi dari siapapun menurut teman-teman menunjang arti definisi sukses tersebut, atau boleh ditambahkan merujuk pada pengalaman-pengalaman yang berharga dalam hal apapun demi mencapai kesuksesan. Kemudian diakhiri dengan rangkuman secara keseluruhan mengenai kesuksesan tersebut.

Kedua, uraikan secara satu persatu poin-poin mengenai apapun yang dianggap sebagai kategori sukses menurut masing-masing. Setiap kesuksesan tersebut pasti diuraikan berdasar proses yang disertai contoh. Usahakan secara persuasif kalimat yang dibuat seolah-olah bisa membawa perasaan pembaca masuk ke dalam cerita dalam tulisan teman-teman. Seolah-olah ikut merasakan bagaimana perjuangan yang jadi pedoman utama dalam meraih kesuksesan. Sekecil apapun tingkat kesuksesan menurut pribadi masing-masing, akan sangat ternilai secara objektif menurut siapapun. Jadi, jangan merasa rendah diri dan ragu dalam hal apapun. Tidak ada pernyataan yang menganggap bahwa “kesuksesan kecil, bukan berarti kesuksesan seutuhnya”. Atau “ini bukan berarti kesuksesan yang besar bagi orang lain”. Karena yang terpenting adalah bagaimana cara pandang kita menilai sesuatu terhadap proses dalam mendefinisikan “sebagai arti kesuksesan”.

Terakhir, simpulkan semua poin yang telah dijelaskan sebelumnya, kemudian uraikan lagi apapun yang mau diraih di masa depan sebagai pencapaian selanjutnya, relasikan dengan definisi sukses yang sudah dipaparkan dalam bab sebelumnya serta relevansinya dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman yang dimiliki. Ini dijadikan sebagai pendorong dan argumen kuat mengenai sukses yang telah dijadikan acuan dalam essay ini. Uraikan juga bagaimana beasiswa LPDP ini akan sangat membantu dan menjembatani sebagai jalan untuk meraih kesuksesan tersebut. Intinya, perkuat poin-poin uraian mengenai tema umum sebagai parameter dengan tujuan akhirnya “memberikan kontribusi untuk Indonesia”.

Membantu mengatasi permasalahan ekonomi, sosial, budaya, politik, pendidikan, serta bidang lainnya yang relevan dengan keilmuan yang akan dijadikan sebagai studi selanjutnya merupakan contoh generalnya. Jangan terlalu terpaku bahkan terbebani mengenai tujuan akhir dalam tema essay ini mengenai kontribusi yang telah, sedang, dan akan diberikan. Artinya, menyesuaikan dengan konteks dan latar belakang dari pribadi masing-masing, karena sukses seseorang tidak ada tolok ukur dan parameter yang standar. Artinya, reviewer akan lebih jeli dan bijaksana ketika menilai apa arti kesuksesan yang telah teman-teman paparkan dalam essay ini. Tidak ada kesuksesan dan perjuangan yang tidak bisa dimenangkan oleh siapapun yang bersungguh-sungguh.

Demikian sedikit gambaran mengenai essay dengan tema “Sukses Terbesar dalam Hidupku”. Semoga contoh ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk memberi motivasi dalam menulis essay yang lebih baik.
Demikianlah panduan menulis esai sukses terbesar dalam hidupku untuk beasiswa LPDP

Share this article :

Cari Materi Pelajaran Lain

Mari Bergabung

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger