tas
Home » , , » RPP SMP

RPP SMP

Written By Prito Windiarto on 28 April 2014 | 2:16 PM


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP Negeri 2 Dayeuhluhur
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit (2 kali pertemuan)

  1. Standar Kompetensi
Menulis
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat.

  1. Kompetensi Dasar
12.1. Mengubah teks wawancara menjadi narasi.

  1. Indikator
  1. Mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung.
  2. Mengubah teks wawancara menjadi narasi.
  3. Menyunting narasi sendiri atau teman.

  1. Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa mampu mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tidak langsung.
  2. Siswa dapat mengubah teks wawancara menjadi narasi.
  3. Siswa mampu menyunting narasi sendiri atau teman.

  1. Materi Pokok
Cara mengubah teks wawancara ke bentuk narasi dan implementasinya
  1. Metode Pembelajaran
  1. Tanya Jawab
  2. Demonstrasi
  3. Latihan
  4. Penugasan
  5. Diskusi

  1. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Kegiatan
Waktu
1
  • Kegiatan Awal
  • Siswa bertanya jawab mengenai kalimat langsung dan tak langsung.
  • Siswa menyimak penjelasan guru mengenai tujuan yang ingin dicapai.
  • Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksananakan.
10 Menit
  • Kegiatan Inti
  • Siswa membaca teks wawancara
  • Siswa bertanya jawab mengenai wacana percakapan atau wawancara
  • Siswa mendiskusikan tentang kalimat langsung dan kalimat tak langsung.
  • Siswa dengan bimbingan guru berlatih mengubah kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung atau sebaliknya.
60 Menit
  • Penutup
  • Siswa bersama guru melakukan refleksi tentang kalimat langsung dan tak langsung.
  • Siswa ditugaskan mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tak langsung.
10 Menit
2
  • Pendahuluan
  • Siswa bertanya jawab mengenai tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
  • Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah kegiatan yang akan dilaksanakan.
10 Menit
  • Kegiatan Inti
  • Siswa membaca kembali teks wawancara
  • Siswa dibimbing guru memeriksa tugas mengubah kalimat langsung dalam wawancara menjadi kalimat tak langsung.
  • Siswa mengubah teks wawancara menjadi bentuk narasi berdasarkan perubahan kalimat langsung menjadi kalimat tak langsung.
  • Siswa menukarkan pekerjaannya dengan teman sebangkunya.
  • Siswa dengan bimbingan guru dan secara berpasangan saling menyunting pekerjaan masing-masing.
60 Menit
  • Penutup
  • Guru bersama siswa melakukan refleksi terhadap apa yang telah dipelajari, kesulitan yang dihadapi dan manfaat pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
10 Menit

  1. Sumber Belajar
  1. Teks percakapan/wawancara
  2. Buku paket

  1. Penilaian
  1. Teknik : Tes
Bentuk : Tes Uraian
Soal/Instrumen :
Rian : “Kamu pernah membaca novel Negeri 5 Menara, to?”
Rito : “Pernah, sudah dua kali malah!”
Rian :“Wah hebat, bagaimana kesan yang kamu peroleh setelah membacanya?”
Rito : “Menurut saya sangat bagus”
Rian : “Coba berikan alasan!”

    1. Ubahlah kalimat langsung di dalam teks wawancara menjadi kalimat tak langsung.
    2. Narasikanlah teks wawancara!
    3. Suntinglah tulisan narasimu!

Rublik penilaian
No
Aspek yang dinilai
Deskripsi
Skor
1
Mengubah kalimat langsung menjadi tak langsung
  1. Jika semua kalimat yang diubah tepat
  2. Jika 4 kalimat yang diubah tepat
  3. Jika 3 kalimat yang diubah tepat
  4. Jika 2 kalimat yang diubah tepat
  5. Jika 1 kalimat yang diubah tepat
5

4

3

2

1

No
Aspek yang dinilai
Deskripsi
1
2
3
4
5
2
Menarasikam teks wawancara
  1. Kesuaian narasi dengan isi wawancara
  2. Kelengkapan isi narasi
  3. Sistematika/keruntuttan penulisan
  4. Keefektifan penggunaan bahasa
  5. Ketepatan penggunaan ejaan
  6. Kerapian tulisan






  1. Menyunting tulisan narasi
No
Jenis kesalahan
Wujud Kesalahan
Perbaikan
1
Kesalahan penggunaan tanda baca


2
Kesalahan penulisan kata


3
Kesalahan penggunaan huruf kapital


4
Kesalahan penggunaan bahasa baku


5
………………



Penghitungan nilai akhir
Nilai akhir = Perolehan skor
× Skor ideal 100
Skor maks


Mengetahui,
Kepala SMP N 2 Dayeuhluhur



Sugiyono M.Pd
NIP 1306152250
Cilacap, 5 April 2011
Guru Mata Pelajaran



Prito Windiarto
NIM 2108090225

Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Cari Materi Pelajaran Lain

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger