Analisis Buku Guru Kurikulum 2013
Kelompok : 5
No
|
Nama
|
No. Urut
|
Unit kerja
|
1.
|
Sukarti
|
9
|
SMP 6 Kroya
|
2.
|
Nurseah Yulianti
|
7
|
SMP 4 Kroya
|
3.
|
Budi Hartono
|
6
|
SMP 4 Kroya
|
4.
|
Hadi Riyanto
|
31
|
SMP Muhammadiyah Wanareja
|
5.
|
Prito Windiarto
|
30
|
SMP Muhammadiyah 1 Dayeuhluhur
|
PETUNJUK
PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Kompetensi:
1.
Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi guru dalam pelaksanaan
pembelajaran
2.
Merencanakan tindak lanjut berdasarkan
hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat
-
Mendeskripsikan isi buku guru yang
sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-
Mendeskripsikan isi buku guru
yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-
Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan menentukan tindak
lanjut berdasarkan hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.
Kerjakanlah secara berkelompok!
2.
Pelajari format Analisis Buku Guru
3.
Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.
Cermatilah buku guru yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan
informasi lainnya
5.
Lakukanlah analisis terhadap buku guru dan tuliskan hasil analisis pada kolom yang
tersedia pada format dengan cara:
-
mendeskripsikan secara singkat isi buku sesuai dengan aspek kegiatan guru
-
memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau
baik
-
menuliskan alas an Anda memilih kualifikasi tersebut
6.
Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis ,
Jika
kurang/tidak sesuai, Anda disarankan
untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai
pengguna buku guru tersebut. Jika sesuai
dengan kebutuhan, buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam
pembelajaran.
7. Setelah
melakukan analisis buku guru dan buku siswa diskusikan bagaimana keterkaitan
antara buku guru dan buku siswa yang Anda analisis.
FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku :
Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
Kelas : VIII
Jenjang :
SMP
Topik :
Teks Prosedur
Kegiatan
Guru
|
Isi buku yang relevan dengan kegiatan guru
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
|||||||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
|||||||||
A. Perencanaan Pembelajaran
|
|||||||||||
Menentukan KI dan KD yang berkaitan
|
KD dan KI masih ada yang kurang
|
V
|
KI masih ada yang belum tercantum dalam buku
|
Masih harus disempurnakan
|
|||||||
Menentukan alokasi waktu
|
Alokasi waktu belum dicantumkan
|
V
|
Pada bab ini belum dicantumkan alokasi waktu
|
Guru hendaknya mencantumkan perkiraan waktu yang diperlukan untuk
masing-masing bab pada RPP dalam kegiatan pembelajaran
|
|||||||
Merumuskan indikator
|
Secara eksplisit indikator tidak dirumuskan, tapi secara implisit
sudah terdapat dalam petunjuk
|
V
|
Kegiatan buku telah menggambarkan proses pencapaian indikator
|
Buku ini bisa dipedomani oleh guru
|
|||||||
Merumuskan tujuan pembelajaran
|
Secara tersurat rumusan tujuan pembelajaran tidak ada, tapi tersirat
dalam petunjuk buku
|
V
|
Kegiatan pembelajarn perlu ditambahkan KD yang belum dicantumkan
|
Buku ini dapat dipedomani dengan menambahkan KD yang belum tercantum
|
|||||||
Menentukan cakupan materi
pembelajaran
|
Materi pembelajaran sudah
tercantum secara lengkap
|
V
|
Buku ini dapat dijadikan pedoman dengan menambah KD yang belum
tercantum
|
||||||||
Menentukan pendekatan
|
Sudah menggunakan pendekatan saintifik
|
V
|
Telah mencerminkan pendekatan saintifik
|
Buku ini dapat dipedomani
|
|||||||
Menentukan model
|
Sudah menggunakan model pembelajaran DL, PBL, PjBL
|
V
|
Sudah menggunakan tiga model pembelajaran
|
Buku ini dapat dipedomani oleh guru
|
|||||||
Menentukan strategi
|
Pada bab III pembelajaran sudah
dikembangkan dengan cara menyusun prosedur
|
V
|
Sudah menampilkan strategi pembelajaran secara jelas
|
Buku ini dapat dipedomani oleh guru
|
|||||||
Menentukan metode
|
Pada bab III, metode yang digunakan penugasan, diskusi, tanya jawab
dan inkuiri
|
V
|
Sudah terdapat metode pembelajaran secara jelas
|
Buku ini dapat dipedomani oleh guru
|
|||||||
Menentukan media, sumber dan alat
|
Media dan sumber pembelajaran sudah disebutkan peralatan yang
digunakan pada prosedur
|
V
|
Sudah dicantumkan media dan alat pembelajaran
|
Guru dapat menentukan alat pembelajaran sesuai dengan KD
|
|||||||
Mendeskripsikan langkah pembelajaran
sesuai dengan pendekatan, model, dan metode
|
Langkah-langkah yang disajikan dalam buku bab III sudah tersusun
secara lengkap, dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model
pembelajaran serta metode yang sesuai.
|
V
|
Sudah dideskripsikan secara jelas
|
Guru dapat memedomani buku ini
|
|||||||
B.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
|||||||||||
Menilai Pengetahuan
-
Contoh instrumen
-
Pembahasan
|
Sudah terdapat contoh instrumen soal
|
V
|
Pada bab III sudah terdapat penilaian pengetahuan juga menuntut penilaian keterampilan
|
||||||||
Menilai Sikap
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
Penilaian sikap belum disajikan
|
V
|
Belum terdapat penilaian sikap
|
Guru perlu merancang penilaian sikap secara mandiri
|
|||||||
Menilai Keterampilan
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
Sudah terdapat instrumen penilaian sikap
|
V
|
Sudah disajikan penilaian
|
||||||||
Portofolio
|
Pada bab III penugasan portopolio:
1.
Cara membuat bunga
dari sedotan
2.
Cara menanam buah
naga yang baik dan benar
3.
Pembibitan mawar
dengan teknik stek
4.
Cara membuat
layang-layang
5.
Cara membuat nasi
goreng yang enak
6.
Cara membuat tas
cantik dari kardus bekas
7.
Membuat gantungan kunci dari bahan stik es krim
|
Penilaian portopolio sudah tersaji secara jelas
|
Guru dapat memedomani buku ini
|
||||||||
Penilaian Diri
|
Belum tersaji secara eksplisit maupun secara implicit
|
V
|
Penilaian diri belum tersaji
|
Guru perlu merancang penilaian diri
|
|||||||
Penilaian Antar Teman
|
Belum tersaji penilaian antar teman
|
V
|
Belum terdapat penilaian antarteman
|
Guru perlu membuat penilaian antarteman
|
|||||||
Informasi Pengayaan Belajar
|
Sudah tersaji pengayaan
|
V
|
Siswa diharapkan mampu menggali informasi
|
||||||||
Informasikan hubungan guru dan Orang
tua
|
Tidak terdapat informasi hubungan guru dengan orang tua
|
V
|
Belum terdapat informasi hubungan guru dan orang tua
|
Guru dapat merancang informasi hubungan antara guru dan orang tua
|
|||||||
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku
guru
Secara umum isi buku
guru bab III telah sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks tetapi ada
beberapa hal yang kita rekomendasikan, antara lain:
1. KI harus disempurnakan
2. Guru perlu mengajarkan KD yang
belum tercantum dalam bab III
3. Guru perlu merancang penilaian
diri
4. Guru perlu menyiapkan alat yang
diperlukan untuk pembelajaran
5. Guru perlu membuat penilaian
antarteman
Penulis diharapkan merevisi atau menambahkan
beberapa hal sesuai dengan langkah-langkah dalam tindak lanjut demi
menyempurnakan buku ini.
|
|
PETUNJUK
PENGISIAN FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Kompetensi:
3.
Memahami isi buku guru sebagai panduan bagi guru dalam pelaksanaan
pembelajaran
4.
Merencanakan tindak lanjut berdasarkan
hasil analisis buku untuk persiapan pembelajaran.
Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku guru peserta dapat
-
Mendeskripsikan isi buku guru yang
sesuai dengan kegiatan perencanaan pembelajaran
-
Mendeskripsikan isi buku guru
yang sesuai dengan penilaian proses dan hasil belajar
-
Menganalisis kesesuaian isi buku guru dan menentukan tindak
lanjut berdasarkan hasil analisis
Panduan kegiatan:
1.
Kerjakanlah secara berkelompok!
2.
Pelajari format Analisis Buku Guru
3.
Siapkan SKL, KI dan KD sesuai jenjang pendidikan dan mata pelajaran!
4.
Cermatilah buku guru yang berisi strategi penyajian pembelajaran dan
informasi lainnya
5.
Lakukanlah analisis terhadap buku guru dan tuliskan hasil analisis pada kolom yang
tersedia pada format dengan cara:
-
mendeskripsikan secara singkat isi buku sesuai dengan aspek kegiatan guru
-
memberikan tanda cek ( √ ) pada kolom kualifikasi kurang, cukup atau
baik
-
menuliskan alas an Anda memilih kualifikasi tersebut
6.
Berdasarkan hasil analisis, tuliskan tindak lanjut hasil analisis ,
Jika
kurang/tidak sesuai, Anda disarankan
untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai
pengguna buku guru tersebut. Jika sesuai
dengan kebutuhan, buku dapat digunakan sebagai pedoman dalam
pembelajaran.
7. Setelah
melakukan analisis buku guru dan buku siswa diskusikan bagaimana keterkaitan antara
buku guru dan buku siswa yang Anda analisis.
FORMAT ANALISIS BUKU GURU
Judul Buku :
Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan
Kelas :
VIII
Jenjang :
SMP
Topik :
Memecahkan Permasalahan Dampak Teknologi lewat Diskusi
Kegiatan Guru
|
Isi buku yang relevan
dengan kegiatan guru
|
Kualifikasi
|
Alasan
|
Tindak lanjut
|
|||||
Kurang
|
Cukup
|
Baik
|
|||||||
A. Perencanaan Pembelajaran
|
|||||||||
Menentukan KI dan KD
yang berkaitan
|
Dalam buku ini terdapat
KI dan KD yang berkaitan dengan “Diskusi”
|
√
|
KI dan KD sudah sesuai
dan mengarah pada SKL
|
Buku ini dapat menjadi
pedoman guru
|
|||||
Menentukan alokasi
waktu
|
Alokasi waktu tidak
dicantumkan
|
√
|
Tidak ada keterangan
alokasi waktu
|
Guru mencantumkan alokasi
waktu
|
|||||
Merumuskan indikator
|
Indikator belum tercantum
seluruhnya, hanya sebagian saja, yakni “Siswa diharapkan mampu menulis teks
diskusi.”
“Siswa diharapkan mampu
menulis teks diskusi secara berkelompok.”
|
√
|
Indikator tidak
tercantum seluruhnya.
|
Guru mencantumkan
indikator secara tersurat.
|
|||||
Merumuskan tujuan
pembelajaran
|
Tujuan dicantumkan
secara tersirat yaitu “guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan
dicapai”
|
√
|
Tujuan tercantum
walaupun secara implisit
|
Buku ini dapat
dijadikan pedoman
|
|||||
Menentukan cakupan
materi pembelajaran
|
Cakupan materi
dijabarkan dalam pembahasan
|
√
|
Sudah dijabarkan dalam
pembahasan
|
Buku ini bisa dipedomani oleh guru
|
|||||
Menentukan pendekatan
|
Menggunakan pendekatan
saintifik (ilmiah)
|
√
|
Tampak penggunaan
pendekatan saintifik walau belum terperinci
|
Buku ini dapat
dijadikan pedoman pembelajaran
|
|||||
Menentukan model
|
Menggunakan model problem based learning
|
√
|
Ditampilkan masalah
untuk dipecahkan oleh siswa
|
Buku ini dapat
dijadikan pedoman pembelajaran
|
|||||
Menentukan strategi
|
Pada bab IV buku ini
strategi pembelajaran yang dikembangkan adalah penayangan gambar dan teks
kemudian dilanjutkan diskusi.
|
√
|
Dalam buku ini terdapat
langkah-langkah (strategi) pembelajaran
|
Buku ini dapat
digunakan sebagai pedoman pembelajaran
|
|||||
Menentukan metode
|
Pada bab IV mengunakan
metode bertanya, membandingkan, diskusi, adu argumentasi dan membuat simpulan
|
√
|
Metode jelas
|
Buku ini dapat
digunakan sebagai pedoman pembelajaran
|
|||||
Menentukan media,
sumber dan alat
|
Terdapat keterangan
pengunaan media dan sumber, namun alatnya belum tercantum secara rinci
|
√
|
Alat belum disebutkan
secara rinci
|
Guru menambahkan
rincian alat yang digunakan
|
|||||
Mendeskripsikan langkah
pembelajaran sesuai dengan pendekatan, model, dan metode
|
Langkah-langkah
dijabarkan dalam bentuk kegiatan (1,
2, 3) dan tugas siswa
|
√
|
Langkah-langkah sudah
terjabarkan jelas
|
Buku ini dapat
digunakan dalam pedoman pembelajaran
|
|||||
B. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
|||||||||
Menilai Pengetahuan
-
Contoh instrumen
-
Pembahasan
|
Terdapat instrumen dan
pembahasan penilaian
|
√
|
Penilaian pengetahuan
setiap KD ada
|
Buku ini dapat digunakan
sebagai pedoman pembelajaran
|
|||||
Menilai Sikap
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
Tidak terdapat
instrumen dan rublik
|
√
|
Tidak ada instrumen dan rublik
|
Guru menyediakan
instrumen dan rublik
|
|||||
Menilai Keterampilan
-
Contoh instrumen
-
Rubrik
|
Terdapat instrumen dan rublik
|
√
|
Dijabarkan dalam
instrumen dan rublik
|
Buku ini dapat
digunakan dalam pedoman pembelajaran
|
|||||
Portofolio
|
Dalam bab IV buku ini tersaji penugasan portofolio:
1. Menentukan struktur
diskusi
2. Mengidentifikasi unsur kebahasaan
3. Menyusun teks diskusi
4. Menelaah teks diskusi
5. Meringkas
teks diskusi
|
√
|
Terdapat portofolio
|
Buku ini dapat
dipedomani dalam pembelajaran
|
|||||
Penilaian Diri
|
Belum terdapat penilian
diri
|
√
|
Tidak ada penilian diri
|
Guru menyusun penilaian
diri
|
|||||
Penilaian Antar Teman
|
Belum terdapat penilaian
antar teman
|
Tidak terdapat penilian
antar teman
|
Guru menyusun penilaian
antar teman
|
||||||
Informasi Pengayaan
Belajar
|
Pengayaan secara
tersirat berupa tugas membaca buku/artikel yang berkaitan. Selain itu juga mengemukakan
masalah keseharian untuk didiskusikan
|
√
|
Tugas pengayaan secara tersirat
|
Guru mencantumkan
pengayaan secara tersurat
|
|||||
Informasikan hubungan
guru dan Orang tua
|
Diskusi siswa bisa
diperkaya dengan mencari informasi (pendapat) dari orang tua. Walau Hal
tersebut belum terjabarkan secara eksplisit
|
√
|
Belum tersampaikan
secara eksplisit
|
Guru menugaskan siswa
untuk bertanya pada orang tua mengenai hal
yang didiskusikan
|
|||||
Deskripsi rekomendasi hasil analisis buku
guru
Berdasarkan hasil analisis terhadap buku ini kami
mengambil simpulan, secara umum isi buku guru bab IV telah sesuai dengan
tuntutan kurikulum 2013. Meskipun demikian masih ada beberapa hal yang kami
rekomendasikan, antara lain:
A. Untuk Guru
1.
Guru hendaknya mencantumkan alokasi waktu
2.
Indikator
dicantumkan secara lengkap dan eksplisit
3.
Tujuan dan
cakupan materi sebaiknya dicantumkan secara ekspisit
4.
Guru perlu menentukan alat
pembelajaran sesuai dengan KD secara
rinci
5.
Guru perlu melengkapi
instrumen penilaian sikap, penilaian antarteman, dan penilain diri.
6.
Guru
menyusun informasi yang menghubungkan guru dan orang tua
7.
Pengayaan
disusun secara tersurat
B.
Untuk
Penyusun
1.
Penyusun diharapkan merevisi atau menambahkan beberapa hal sesuai dengan
langkah-langkah dalam tindak lanjut.
2.
Penyusun diharapkan melengkapi buku dengan materi
berisi penjelasan terhadap istilah-istilah sulit atau baru.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar