tas
Home » » Menjadi CPNS Itu…

Menjadi CPNS Itu…

Written By Prito Windiarto on 12 November 2014 | 6:25 AM

Menjadi CPNS Itu…
Prian Alfan*

Pendaftar CPNS tahun 2014 ini menurut sebuah sumber mencapai 2 juta orang lebih. Sesuatu yang fantastis, bukan? Padahal formasi yang disediakan hanya puluhan atau ratusan ribu. Itu artinya satu orang harus berjibaku bersaing dengan banyak lainnya.
Sebagai gambaran, di Kabupaten Pangandaran saja, yang formasi CPNS-nya 300 orang diserbu sekitar 23.000 pelamar. Banyak sekali. Setelah seleksi administrasi, hanya 9.000-an orang saja yang lulus. Lha, 13.000an lebih lainnya bagaimana? Gak lulus administrasi. Katanya, ada yang syaratnya tidak lengkap, ada yang batas usia melebihi, ada yang IPK nya di bawah standar dll. Bahkan ada selentingan, karena bukan orang Pagandaran. Untuk yang terakhir, itu sekadar gosip saja barangkali, buktinya ada yang orang Tasikmalaya yang lolos administrasi. Gosip itu beredar karena ada orang yang merasa syaratnya lengkap, usianya memenuhi, IPKnya sesuai standar, tapi tak lolos administrasi.
Yap. Begitulah. Kemudian yang tidak lolos itu berkesah, ada yang protes –karena merasa dizhalimi-, ada yang meerima, “Bukan takdir, masih ada tahun depan” “Ada yang lebih indah dari PNS” begitu seloroh mereka.
Demikianlah secuil kisah dari “perjalanan” menjadi PNS. Ada yang sudah sepuluh kali ikut tes, gak lolos-lolos. Ada yang baru sekali, langsung goal. Ada yang ditawari paket PNS dengan menyogok puluhan juta. Ada yang tak percaya lagi pada seleksi CPNS. Ada yang masih antusias, dll.
Menjadi PNS itu memang sesuatu banget. Banyak kisah, ragam  cerita. Kita berdoa saja semoga seleksi tahun ini aman, damai, dan jujur, tak ada kecurangan. Orang-orang yang curang, tidak jujur, zhalim, culas, semoga Allah insafkan. Diubah sikap buruknya. Sungguh Allah sebaik-baik pembaas. Bagi orang-orang jujur, semoga Allah limpahi mereka dengan keberkahan. Semoga lolos dan menjadi abadi negara yang amanah. Bagi yang belum lolos, semoga Allah ganti yang lebih baik dari sekadar PNS. Toh rezeki Sang Maha luas, meruah, melimpah, tak terbatas. Tidak perlu risau, Sang Maha selalu menyiapkan skenario terindah bagi hambaNya.

Prian Alfan, nama pena Prito Windiarto. Alumnus Diksatrasia Unigal, Ciamis.


Share this article :

Cari Materi Pelajaran Lain

Mari Bergabung

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger