RPP RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS HASIL OBSERVASI
Satuan Pendidikan : SMPIT AL-FAWWAZ
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/ Semester Genap
Materi Pokok : Teks Hasil Observasi
Alokasi Waktu : 1x6 JP
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1.
|
1.2 Menghargai
dan
mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami
informasi lisan dan tulis.
|
1.2.1
Terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik
dan benar.
|
2.
|
2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab dan
santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan
hasil observasi
|
2.1.1 Terbiasa berperilaku jujur dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau
kejadian berdasarkan hasil observasi.
2.1.2 Terbiasa berperilaku tanggung jawab dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau
kejadian berdasarkan hasil observasi.
2.1.3 Terbiasa berperilaku jujur dan santundalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau
kejadian berdasarkan hasil observasi.
|
3.
|
3.1Memahami
teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita
pendek baik melalui lisan maupun tulisan
|
3.1.1
Mampu mengidentifikasi bagian klasifikasi umum,
definisi, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat teks hasil observasi.
3.1.2 Mampumenjelaskan struktur
teks hasil laporan observasi
|
4.
|
4.1 Menangkap makna teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan ceria pendek baik secara
lisan maupun tulisan.
|
4.1.1 Mampu mengidentifikasi penerapan kaidah kebahasaan dalam
teks observasi (kata rujukan, kalimat
rincian, kalimat definisi, konjungsi, dan tetapi, sehingga, atau, dan kata
baku/penggunaan istilah)
|
C.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
Ke-1
1. Pengenalan
struktur teks hasil observasi.
·
Struktur isi :
o Judul
o Pembukaan/definisi
umum
o Isi
: deskripsi khusus
o Penutup
·
Ciri bahasa
o Penggunaan
kata sifat
o Penggunaan
kata kerja aksi
Pertemuan Ke-2
2. Pemahaman
isi teks hasil observasi
3. Pemahaman
kata, istilah dalam teks hasil observasi
D. Media,
Alat dan Sumber
1. Media
Pembelajaran
CD
tayangan berita(reportase)/rekaman
berita
Power point pembelajaran
2. Alat
dan Bahan
Contoh
teks observasi dari media massa
Teks
observasi karya kelompok lain
Teks
observasi dari media internet
Teks
observasi dari media cetak
3. Sumber
Belajar
Alwi, Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku
Bahasa Indonesia. Edisi IV. Jakarta:Balai Bahasa.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2013. Bahasa Indonesia:Wahana Pengetahuan: Buku Guru.Jakarta:Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2013. Bahasa Indonesia:Wahana Pengetahuan: Buku Siswa. Kelas VII
Jakarta:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.hlm
Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2010. Ejaan
Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pusat
Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta:
Balai Pustaka.
E.
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Pendahuluan ( 10
menit)
1.
Perserta didik menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan
dengan kondisi siswa dan kelas.
2.
Perserta didik merespon
pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan yang dimilikinya melalui
tugas pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3.
Perserta didik
disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan menanyakan
teks observasi yang pernah mereka baca.
4.
Perserta didik menyimak
pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan pembelajaran
5.
Guru memotivasi peserta
didik untuk mampu mencapai ketuntasan belajar, baik dalam aspek sikap,
pengetahuan dan keterampilan.
b. Kegiatan
Inti (100 menit)
1. Mengamati
· Peserta
didik membaca teks laporan observasi dengan apa adanya melalui pemodelan teks
2. Menanya
· Peserta
didik dengan atau tanpa bantuan guru
menanya tentang struktur teks hasil observasi
3. Mengumpulkan
informasi
· Peserta
didik membangun konteks dengan bertanya jawab tentang hal-hal yang berkaitan
dengan tema
· Peserta
didik mengenal dan mendiskusikan
struktur teks hasil observasi
4. Mengasosiasi
·
Peserta didik melabeli
gambar dengan kata yang tepat dan mendeskripsikan berdasarkan bentuk, warna,
dan kegunaan
·
Peserta didik
mengurutkan unsur teks hasil laporan observasi
5. Mengkomunikasikan
· Peserta
didik menjelaskan struktur teks hasil
laporan observasi
· Peserta
didik mendeskripsikan gambar dari hasil melabeli secara lisan atau tertulis
C.
Penutup
1)
Peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran tentang kekurangan dan kelebihan teks
observasi
2) Guru
memberikan umpan balik/refleksi tentang kekurangan dan kelebihan teks
observasi.
3) Guru memberikan tugas untuk pengayaan dan
remidi yang berkaitan dengan identifikasi kekurangan dan kelebihan teks
observasi.
Pertemuan Kedua
a. Pendahuluan ( 10
menit)
1) Perserta
didik merespon salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi siswa dan kelas.
2) Perserta
didik merespon pertanyaan dari guru tentang keterkaitan pengetahuan yang
dimilikinya melalui tugas pada pertemuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari.
2) Perserta
didik disiapkan untuk mengikuti pelajaran tentang teks observasi dengan
menanyakan teks observasi yang pernah mereka baca.
3) Perserta
didik menyimak pencapaian cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
pembelajaran
4) Guru
memotivasi peserta didik untuk mampu mencapai ketuntasan belajar, baik dalam
aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan.
b.
Kegiatan Inti (100
menit)
1. Mengamati
· Peserta
didik membaca teks laporan observasi melalui pemodelan teks
2. Menanya
· Peserta
didik dengan atau tanpa bantuan guru
menanya tentang ciri-ciri bahasa teks hasil observasi.
3. Mengumpulkan
informasi
· Peserta
didik mengenal dan mendiskusikan ciri
bahasa teks hasil observasi
· Peserta
didik memahami dan menerapkan penggunaan kata dalam kalimat
· Peserta
didik mengenal unsur kebahasaan (kata
rujukan, frasa, imbuhan, konjungsi dan, tetapi, sehingga, atau, dan kata baku)
· Peserta
didik membaca dan mendiskusikan cerita
sastra yang berkaitan dengan tema
4. Mengasosiasi
·
Peserta didik menemukan
dan memperbaiki kata tak baku dalam teksdi sekitar
5. Mengkomunikasikan
· Peserta
didik menjawab pertanyaan tentang teks sastra yang berkaitan dengan tema
c.
Penutup
1)
Guru dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran tentang menelaah dan
merevisi teks observasi.
2) Guru bersama peserta didik melakukan refleksi
terkait pembelajaran menelaah dan merevisi teks observasi.
3) Guru memberikan tugas untuk pengayaan dan
remidi.
F.
Penilaian
1. Sikap
Spiritual dan Sosial
a. Teknik
Penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Lembar
Observasi
Lembar
Pengamatan/Observasi
Berikan skor pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan terhadap peserta didik selama
kegiatan
1. jika tidak pernah
berperilaku dalam kegiatan
2. jika kadang-kadang
berperilaku dalam kegiatan
3. jika sering
berperilaku dalam kegiatan
4. jika selalu
berperilaku dalam kegiatan
No.
|
Nama Peserta didik
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
Jumlah Skor
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1.
|
||||||||||||||
2.
|
||||||||||||||
3.
|
||||||||||||||
4.
|
||||||||||||||
5.
|
||||||||||||||
6.
|
||||||||||||||
7.
|
||||||||||||||
8.
|
||||||||||||||
Penilaian sikap untuk setiap
peserta didik dapat menggunakan rumus
berikut
Dengan predikat:
PREDIKAT
|
NILAI
|
SangatBaik ( SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
<60
|
a.
Penilaian Sikap melalui
Penilaian Diri
Format Penilaian Diri dalam Pembelajaran
Nama Peserta Didik :
......................................................................................
Kelas/Semester : ...................................................
Hari, tanggal :
...................................................
Kompetensi Dasar :
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan
berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
YA
|
TIDAK
|
1
|
Selama melakukan tugas kelompok saya bekerjasama
dengan teman satu kelompok
|
||
2
|
Saya mencatat data dengan teliti dan sesuai
dengan fakta
|
||
3
|
Saya
melakukan tugas sesuai dengan jadwal yang telah dirancang
|
||
4
|
Saya
membuat tugas terlebih dahulu dengan membaca literature yang mendukung tugas
|
||
5
|
……………………………………….
|
....................,
...................................................
...........................................................................
b.
Penilaian Sikap melalui
Penilaian antar Peserta
Didik
Penilaian antar Peserta Didik
Nama Peserta Didik : ......................................................................................
Kelas/Semester :
...................................................
Hari, tanggal :
...................................................
Kompetensi Dasar :
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................
Petunjuk
a. Amati perilaku temanmu dengan cermat
selamamengikuti pembelajaran.
b. Berikan tanda v pada kolom yang
disediakan berdasarkan hasil pengamatannu.
c. Serahkan hasil pengamatanmu kepada
gurumu.
No
|
Perilaku
|
Dilakukan/muncul
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1
|
Mau
menerima pendapat teman
|
||
2
|
mengambil keputusan secara cepat dan bisa
dipertanggungjawabkan
|
||
3
|
Memberi
solusi terhadap pendapat yang bertentangan
|
||
4
|
Mengungkapkaninformasidisertaidengansumberrujukan
|
||
5
|
......................................
|
Keterangan:
1. Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada yang
positif (no 1.2dan 4) dan ada yang
negatif (no 2) Pemberian skor untuk perilaku positif = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif Ya = 1
dan Tidak = 2
2. Selanjutnya guru dapat membuat rekapitulasi hasil penilaian menggunakan format berikut.
Banjar,
......................................
Penilai,
..............................................................................
REKAP PENILAIAN SIKAP
No
|
Nama
|
Skorperilaku/sikap
|
Jumlah
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
||||||||
5
|
||||||||
6
|
||||||||
7
|
||||||||
8
|
Nilai
peserta didik dapat menggunakan rumus:
d. Penilaian Sikap melaluiJurnal
Jurnal
Jurnal
|
|
Aspek yang diamati:
………………………….............................
Kejadian : …………………………...............................
.......................................................................
Tanggal: …………………………...............................
|
NamaPesertaDidik:
…………………………............................
NomorpesertaDidik:
…………………………............................
|
CatatanPengamatanGuru:
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Banjar, ................................................
Guru Mata Pelajaran
Emmie
Apriani, S.Pd.
|
2. InstrumenPenilaianPengetahuan
a.
Tes Tertulis
Tes Uraian
1) Berdasarkan teks laporan hasil
observasi yang diberikan, identifikasikanlah dan jelaskan struktur teks laporan
hasil observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
2) Berdasarkan teks laporan hasil
observasi, identifikasi dan jelaskanlah ciri-ciri bahasa teks laporan hasil
observasi dengan data yang mendukung (kalimat atau bagian paragraf)!
Kunci
1)
|
Struktur Teks
|
Kalimat
|
|
Definisi
umum
|
|||
Deskripsi
bagian
|
|||
Deskripsi
manfaat
|
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
2)
|
Ciri-ciri Teks
|
Kalimat
|
|
Penggunaan kata sifat
|
|||
Penggunaan kata kerja aksi
|
|||
Penggunaan istilah-istilah teknis
|
Catatan: kalimat disesuaikan dengan teks
Pedoman Penskoran
No.
|
Aspek dan Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan
a. Struktur
dan ciri-ciri teks observasi lengkap
b.
Struktur dan
ciri-ciri teks observasi kurang
lengkap
c.
Struktur dan
ciri-ciri teks observasi tidak lengkap
|
3
2
1
|
2.
|
Kesesuaian
a. Data
(kalimat) mendukung atau sesuai dengan struktur dan ciri-ciri teks observasi
dimaksud
b. Data
(kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri
teks observasi dimaksud
c. Data
(kalimat) kurang mendukung atau kurang sesuai dengan struktur dan ciri-ciri
teks observasi dimaksud
|
3
2
1
|
b.
Tes Unjuk Kerja
Tes uji petik kerja
1) Berdasarkan teks laporan hasil
observasi, tentukan makna kata atau istilah yang digarisbawahi pada teks
laporan tersebut!
2) Berdasarkan teks laporan hasil
observasi, tentukan makna teks laporan tersebut disertai dengan data yang
mendukung!
Mengetahui Banjar, Agustus 2014
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar