tas
Home » , » Biaya Menyusun Skripsi

Biaya Menyusun Skripsi

Written By Prito Windiarto on 30 December 2014 | 11:20 AM







Biaya Menulis Skripsi   
Biaya Menyusun Skripsi
Biaya Nyusun Skripsi

Biaya Bikin Skripsi



Prito Windiarto, S.Pd.


Nah, menulis skrisi selain perlu ekstra tenaga dan pikiran, juga terutama adalah perlu ekstra uang, alias duit. Tentu saja segala berbau uang sudah menjadi kelaziman di masa kini.
Berikut penulis paparkan secara umum biaya menulis skrispi. Tentu tidak pasti segitu, tergantung kondisi, apalagi BBM naik sekarang ini.
Inilah dia perkiraan Biaya Menulis / Menyusun / Nyusun Skripsi:
  
       1.  Biaya pengajuan judul
Berkisaran sekitar Rp. 200.000

2. Biaya format sistematika
Hanya fotocopi-an tapi bisa mencapai Rp. 50.000
Biaya Skripsi - Tetap Semangat

3. Biaya sidang proposal
Kira-kira Rp. 100-150 ribu

4. Biaya bimbingan (resmi)
Dulu Rp. 500.000, sekarang mungkin 750-an
Selain biaya bimbingan resmi, kadang juga ada yang tak resmi, misal bawa makanan ringan untuk DBS. Nominalnya tergantung. Bahkan ada mahasiswa yang ngamplop. Sejatinya sih, yang bagus yang bimbingan resmi saja, tidak perlu ke rumah segala. Biayanya bakal nambah

5. Biaya sidang (resmi)
Seitar Rp. 500.000

6. Up load jurnal
Duu di saya, Rp. 100.000

7. Biaya Print
1. Kalau ngeprint sendiri, kertas print, wuih, bisa habis  3-4 rim tuh kertas. Kira-kira 150.000, belum tinta.
 2. Biaya print kalau direntalan 500 perlembar, kalaulah ada 150 lembar, kira-kira 75.000. Itu Cuma sekai, kalau berkali-kali?

Saran saya sih, daripada dirental mending beli printer sendiri.
Abislah untuk biaya print dkk, Rp. 500.000 lebih

8. Biaya fotokopi dan jilid
Eum, pas sidang proposal dan skripsi harus dijilid rapi plus fotokopi rangap 4. Habislah untuk fotocopi dan jiid 300.000an

9. Biaya beli buku referensi
Minimal 10 referensi, 1 buku 50.000 berarti 500.000.
Tapi bisa disiasati dengan pinjam.

10.  Biaya internet
Cari bahan, bisa menghabiskan uang 100 ribu lebih tuh.

11. Biaya lain-lain
Ini belum bisa terkalkulasi, sesuai kondisi. Misal biaya transport ngejar dosen. Biaya makan nunggu dosen. Biaya oleh-oleh dosen. Biaya ngopi selagi menulis. Ongkos mencari buku.
Belum lagi biaya untuk yang PTK. Untuk siswanya, gurunya, sekolah, kepala sekolah, dll.
Buanyak deh.

Nah, biaya hitungan kasar yang sudah tampak aja (1-10) sekitar  Rp. 3.150.000. Ini belum termasuk dan lain-lain yang juga besar.
Kalau diperkiraan, total habislah Rp. 5.000.000 mah. Ini yang paket hemat, belum kalau paket mewah. Hoho.
So, simpulannya, Biaya Menulis Skripsi emang mahal. Tapi ya harus dijalani. InsyaAllah ada jalan. Ganbatte.

Mau tahu tahapan menulis skripsi? klik di sini

            Atau judul contoh skripsi? cek di sini

Demikianlah bahasan tentang Biaya Menulis / Menyusun / Nyusun Skripsi





Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Cari Materi Pelajaran Lain

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger