tas
Home » , » Intip Berapa Bayaran Upah Dukun Bayi

Intip Berapa Bayaran Upah Dukun Bayi

Written By Prito Windiarto on 06 October 2015 | 9:09 AM

Intip Berapa Bayaran Upah Dukun Bayi

Meski zaman sudah semakin maju, keberadaan dukun bayi (pijet bayi), atau indung beurang masih sangat diperlukan. Dukun bati bisa menjadi partner yang baik untuk bidan.
Bidan dari sisi modern, dukun bari sisi tradisional. Kedua unsur berkolaborasi demi persalinan yang sukses. Artinya tidak ada persaingan, namun kerjasama.
Berapa biaya persalinan di bidan?
Biaya persalinan oleh bidan tentu saja bervariasi. Tergantung tingkat kesulitan dan reputasi sang bidan. Sepupu saya untuk biaya persalinan membayar 950.000 rupiah. Persalinan normal. Istri saya, karena bidannya kenalan, sekitar 700.000. Ada juga yang bilang harga / tarif nya 1.500.000. Itu yang normal lho. Kalau ada tindakan khusus, tentu lebih mahal.

Sekarang kita balik membahas tentang dukun bayi. Dukun bayi membantu persalinan ketika mulai bukaan sekian. Setelah bayi brojol, ia akan fokus mengurus bayi. Menyekai, membersihkan.
Setelah selesai, mereka biasanya mengurusi ari-ari, dan lain sebagainya. Setelah hari persalinan dukun bari datang mengunjungi keesokan harinya, hampir selama seminggu. Tugasnya : memandikan bayi, memijit, memijit ibunya, lantas bantu memasang gurita, dll.

Sekarang kita bahas hal utama kita, berapa sih bayaran / upah dukun bayi / indung berang?
Sejujurnya tidak ada standar baku dalam hal besarnya bayaran. Jadi yang disajikan di sini sekadar perkiraannya saja. Bismillah.
Biaya  yang dikeluarkan, rinciannya :
1. Biaya booking, artinya memesan agar dukun bayi terikat dengan kita. Biasanya dengan bahan pokok, bukan uang. Beras 5 kilo, plus minyak goeng, gula, teh, dll.
2. Biaya melahirkan. Biasanya itu sepaket dengan bidan. Jika terpisah, estimasinya sekitar 100.000
3. Biaya perawatan, pijit. Kalai dirata-ratakan sekitar 50.000 persekali. Jadi kalai 7 hari, sekitar 350.000
4. Penyerahan. Setelah 7 hari, atau setelah pupak, biasany mbah dukun menyrahkan tugas, artinya sudahan perawatannya. Kalau berkehendak, biasanya si mbah diberi oleh-oleh, misal beras, gula, dll.
Kalau dihitung total, ada lah sekitar 500.000 biaya dukun bayi.
Demikian ulasan mengenai berapa bayaran upah biaya dukun bayi. Semoga membantu.

Share this article :

Cari Materi Pelajaran Lain

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger