tas
Home » » Rahasia Strategi Ria Ricis Menjadi Selebgram dengan Jutaan Followers

Rahasia Strategi Ria Ricis Menjadi Selebgram dengan Jutaan Followers

Written By Prito Windiarto on 20 January 2016 | 11:57 AM

Rahasia Strategi Ria Ricis Menjadi Selebgram dengan Jutaan Followers

Prito Windiarto

Sahabat sekalian pernah dengar nama Ria Ricis? Bagi para blogger, facebooker, nama tersebut memang belum tenar. Namun di dunia instagram, ia adalah salah satu selebritisnya. Ia punya pengikut (followers) mencapai 3,5 juta lebih. Dan akan terus bertambah.

Saya sendiri (lebih tepatnya istri saya, saya ikut) merupakan salah satu followernya sejak lama. Bahkan saat pengikutnya di IG baru ribu/puluhan ribu.

Ketenarannya terus berlanjut, hingga kini punya jutaan followers. Tebtu saja pencapaian itu tidak diraih secara kebetulan. Ia didisain sedemikian rupa. Ada strategi di baliknya.

 Rahasia Strategi Ria Ricis Menjadi Selebgram dengan Jutaan Followers
 Sebelum lebih lanjut, mari kita lihat biodata Ria Ricis:


    Nama Lengkap Ria Yunita
    Tanggal Lahir 1 Juli 1995
    Intagram: RiaRicis1795
    Twitter@riaricis


Nah pada kesempatan ini, selaku salah satu pengamat media, izinkan saya menganalisis strategi Ria Ricis Menjadi Selebram dengan jutaan followers. Semoga ini bermanfaat, membantu dunia marketing.

Strategi utama Ria Ricis adalah:

1. Membuat konten yang unik dan menarik.
Tak syak lagi, konten yang dibuat gadis bungsu ini amat menarik. Unik. Bahkan Ria Ricis nya sendiri adalah keunikan. Ia, muslimah berhijab, yang begitu atraktif, enerjik, bahkan mungkin bagi sebagian orang over. Meski begitu, itulah kelebihannya.
Konten utamanya adalah meme dan video lucu. Kepolosan, keimutan, dll yang dibuatnya membuat banyak orang tertarik. Meme dan video yang ia unggah tak jarang adalah sindiran atau bahkan kritik. Tapi tentu dilakukan dengan smooth.

2. Konsisten
Ini rahasia strategi berikutnya. Ia cukup konsisten mengelola Instagram miliknya. Rutin. Saya belum mendata pasti, meski begitu saya yakin dalam seminggu, minimal, ia mengunggah foto/video baru. Ia konsisten. Meski awalnya hanya ribuan saja yang lihat.
Konsistensi penting. Ia adalah pertaruhan kreativitas. Ada banyak contoh orang yang punya konten bagus tapi berhenti di tengah jalan. Misal karena hasil yang didapatkan jauh panggang dari api. Ria Ricis tidak, ia pantang menyerah.

3. Promosi
Promosi dalam dunia marketing adalah bumbu. Pun dalam bersosial media. Bagusnya, Ria Ricis melakukannya dengan lembut. Ada contoh orang yang promosi tapi kasar, contoh: like ya meme ini awas kalau enggak.

Kalau Ria Ricis smooth, contoh: tap dua kali yang merasa baper kaya gitu, tag juga temanmu yang mudah baperan kaya gini, dll.

4. Punya tim yang solid
Dalam membuat meme atau videonya Ria Ricis tidak bekerja sendirian, ia dibantu teman-temannya. Perkawanan yang solid. Misal, dengan Bacun Hakim. Mereka kompak melakukan “Kegilaan-kegilaan yang mengundang tawa.”

5. Supel, ramah dan peduli dengan followernya
Salah satu aspek penting bersosial media adalah kesediaan untuk berinteraksi hangat. Kehangatan interaksi adalah pondasi dasar sebuah hubungan. Pun dalam bersosial media. Sikap jutek dan judes tentu tidak disukai banyak orang. Ria Ricis berhasil menunjukan sikap ramahnya itu. Walau tentu tidak mungkin menyapa satu persatu. Ia sering menyapa fansnya. Walau dengan hum, misal 3,5 m/ juta kesayangan Ria Ricis.

Selain itu ia juga sering mengadakan meet and great bersama fansnya. Salah satunya pernah diadakan di dekat musem fatahillah. Yang datang banyak, ribuan orang.

Contoh Kreativitas Ria Ricis

Selain faktor utama di atas, ada beberapa faktor lain yang menjadi pendukung. Diantaranya:

a. Ia adalah adik bungsu dari artis dan penceramah Oki Setiana Dewi. Secara langsung atau tidak hal ini memengaruhi kecepatan popularitas yang diraih Ria Ricis.

b. Punya wajah cantik

Cantik memang relatif. Namun begitu secara penilaian standar Ria Ricis termasuk cantik, atau minimal menarik. Lucu, begitu komentar sebagian orang.

c. Tampil di televisi
Koneksi yang dimiliki sang kaka yang terjun lebih dulu ke dunia entertaint memuluskan langkah untuk Ria Ricis masuk dunia televisi. Tentu, kehadirannya di tv berpengaruh signifikan terhadap penambahan followers

d. Efek Viral
Inilah kehebatan dunia maya, sesuatu bisa memiral. Video/ meme Ria Ricis menyebar baik di flatfoam Instagram maupun lain. Meme dan video nya sudah menyebar baik di fb maupun youtube. Videonya sukses ditonton jutaan orang.

Demikian lah beberapa rahasia strategi Ria Ricis Menjadi Selebram dengan jutaan followers

Share this article :

Cari Materi Pelajaran Lain

Mari Bergabung

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger