tas
Home » » Daftar Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Daftar Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Written By Prito Windiarto on 20 February 2016 | 6:58 AM

Daftar Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Prito Windiarto (Penulis, Pembaca Buku)

Novel merupakan salah satu jenis buku yang laris diserbu orang. Walau memang tak semua novel menjadi best seller. Beberapa malah hanya dibaca sedikit orang. Sampai saat ini belum ada standar baku yang menjadi ukuran bagaimana novel menjadi best seller. Kata cunci utamanya adalah novel itu harus mengena di si pembaca.
Dalam jagat lietrasi Indonesia, ada beberapa novel yang mencuat, best seller bahkan bisa dibilang fenomenal.

Berikut adalah daftar novel fenomenal dan besr seller di Indonesia.

1. Laskar Pelangi
Laskar Pelangi Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Novel hasil kreasi Andrea Hirata ini bisa dibilang yang paling fenomenal. Novel terbitan Bentang Pustaka (grup mizan ini ) konon ia telah terjual lebih dari 600.000 eksemplar. Itu yang legal saja. Belum lagi versi bajakan dan ebook nya. Bisa jutaan. Pembacanya bisa berkali lipat. Novel ini kemudian juga sukses direformat pada versi drama musikal dan film. Versi film ditonton di bioskop 4,6 orang lebih. Angka yang membuatnya bertahan menjadi film paling laris sepanjang masa Indonesia. Novel ini berkisah tentang kehidupan 10 orang anggota laskar pelangi. Mereka bersekolah di tempat terpencil, dengan fasilitas seadanya. Hal tersebut tak mengurangi keceriaan dan kesemangatan sekolah yang dikepalasekolahi K.A. Harfan Efendi Noor, dengan guru Muslimah Hafsari itu. Tiga tokoh menonjok dari film itu adalah Ikal, Mahar, dan Lintang. Novel ini berbentuk tetralogi, kelanjutanya adalah Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov. Novel ini telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Dan menuai cukup banyak kesuksesan di luar negeri.

2. Ayat-ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Novel berseting Mesir ini dikarang oleh Habibburahman El Shirazy. Beliau yang akrab disapa kang abik ini berhasil menyedot perhatian pembaca sastra Islami. Novel AAC konon laku sebanyak 400.000 eksemplar. Penerbitnya republika penerbit. Angka 400.000 versi legal, belum versi KW dan ebooknya. Novel ini kemudian diekranisasi dalam format film, sukses ditonton lebih dari 3,8, yang menjadikanya film terlaris ke 3 sepanjang masa Indonesia. Kisah novel ini seputar kehidupan Fahri Abdullah. Mahasiswa Al Azhar yang mencari ilmu dengan kesungguhan. Ia terlibat cinta segitiga dengan Aisya dan Maria. Belum lagi difitnah melakukan kekejian pada Noura. Novel ini sudah ada sekuelnya yakni Ayat-ayat Cinta 2 yang mulai edar akhir tahun lalu.


3. Negeri 5 Menara
Negeri 5 Menara Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Novel karangan Ahmad Fuadi ini terjual lebih dari 100.000 eksemplar dalam jangka waktu kurang dari satu tahun. Novel ini berkisah tentang kehidupan sang tokoh utama, Alif Fikri, bersama teman-temannya mengiring hari menimba ilmu di Pondok Madani. Latar pesantren serta lika likunya membari warna dan sentuhan hangat. Tak mengherankan saat novel ini kemudian memperoleh predikat laris. Novel ini sudah difilmkan dengan raihan penonton di kisaran 700.000. Sekuel novel ini adalah “Ranah 3 Warna” dan “Rantau 1 Muara.”

4. Surat Kecil untuk Tuhan
Surat Kecil Untuk TuhanNovel Fenomenal Best Seller Indonesia

Novel duet adik kakak, Agnes Davonar ini sukses mengharu birukan banyak orang. Proses ekranisasinya menjadi film pun terbilang sukses. Kisah tentang seorang anak penderita kangker yang survive ini amat menginspirasi. Tak pelak, ratusan ribu eksemplar buku ini laris manis di pasaran. Novel ini kian mencorong ketika diangkat menjadi sinetron dan mendapat rating yang cukup tinggi.

5. Hafalan Shalat Delisa
Hafalan Sakat Delisa Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Novel berlatar tsunami ini dikreasikan oleh Tere Liye. Berkisah tentang Delisa yang ceria sedang menghafal bacaan shalat ketika tsunami menerjang dahsyat. Delisa selamat, namu umi dan kakak-kakanya tidak. Novel ini telah diadaptasi dalam bentuk film dan cukup sukses menyedot perhatian penonton tanah air.

6. Ketika Cinta Bertasbih
KCB Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Setelah sukses membesut Ayat-ayat Cinta, Habibburahman El Shirazy melanjutkan cetakan suksesnya dengan merilis Ketika Cinta Bertaabih. Novel berformat dwilogi ini masih bersetting Mesir. Tokoh nya Azzam. Ia harus bekerja keras demi menyelesaikan kuliah dan membiayai adik-adiknya. Belum perkara cinta yang rumit. Novel ini konon sudah dibaca jutaan orang. Filmnya (KCB 1 & 2 ) ditonton lebih dari 5 juta penonton. Sinetron nya juga mendapat sambutan yang hangat dari penonton tanah air.

7. 5 CM
5 Cm Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Novel yang banyak menceritakan perihal penjelajahan mendaki semeru ini dikarang Dhony Dirgantara. Namanya, seblum meledaknya novel ini tidak begitu dikenal dalam literatur sastra. Namun, dengan 5 CM Dhony menghentak. Novelnya dicetak ualng berkali-kali. Kisah petualangan plus bumbu percintaan membawa novel ini ke tataran Fenomenal. Bahkan, filmnya mampu menyedot lebih dari 3.000.000 penonton.

Yang kami sajikan di atas adalah deretan novel fenomenal dekade 2000 an. Nah, pada kesempatan ini kami akan hadirkan pula novel fenomenal dekade silam. Maksudnya adalah novel yang sudah terbit sebelum dekade 2000 an.

8. Ronggeng Dukuh Paruk
Ronggeng Dukuh Paruk Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Novel yang aslinya trilogi ini dikarang oleh budayawan asal banyumas, Ahmad Tohari. Novel ini berkisah seputar profesi ronggeng di dukuh paruk. Srintil, adalah ronggeng terpilih berikutnya yang mendapat inang untuk menjadi ronggeng. Perkawanan nya dengan Rasus membenih cinta. Situasi politik kala itu membuatnya harus beradaptasi dengan banyak hal. Pendeskripsian yang ciamik adalah ciri khas sastrawan yang juga kyai ini. Novel Ronggeng Dukuh Paruk telah berkali-kali cetak ualang dan diterjemahkan ke dalam banyak bahasa. Novel ini telah dua kali difilmkan. Di film terakhir, judulnya diganti menjadi Sang Penari. Garapannya apik sehingga mendapat penghargaan piala citra Festival Film Indonesia (FFI)

9. Bumi Manusia
Bumi Manusia Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Salah satu sastrawan besar Indonesia adalah Pramoedya Ananta Toer. Salah satu masterpieces penulis hebat ini adalah Bumi Manusia. Novel ini telah dikaji banyak orang dan diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa. Novel ini juga rencananya akan segera difilmkan.

10. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Tenggelamnya Kapan Van Det Wijck Novel Fenomenal Best Seller Indonesia

Prof. Dr. HAMKA, namanya selain dikenal sebagai ulama, beliau juga adalah sastrawan kenamaan. Banyak karya fiksi kreasinya antara lain Dalam Lindungan Ka'bah dan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk. Dua novel itu telah difilmkan. Judul terakhir adalah yang paling fenomenal. Sedari awal banyak kontroversi yang melingkupinya. Ada yang menuduhnya plagiat, padahal bukan. Novel ini telah dicetak ulang berkali-kali. Filmnya sukses besar meraup 3 juta penonton.

11. Siti Nurbaya
Siti Nurbaya Novel Fenomenal Best Seller Indonesia


Jikalah ditanya novel melegenda Indonesia apa? Maka jawabannya adalah Siti Nurbaya. Novel fenomenal karya Marah Roesli ini boleh dikata sebagai pelopor angkatan balai pustaka. Proses dramatisasinya ke dalam bentuk sinetron terbilang sukses besar.

12. Serial Lupus
Serial Lupus
Novel fenomenal dekade silam berikutnya adalah serial lupus. Banyak sekali serinya. Yang pasti tapi tokoh utamanya adalah Lupus. Anak muda yang urakan, supel, kadang konyol, dan suka mengunyah permen karet. Serial ini telah difilmkan dan disinetronkan. Menuai sukses, utamanya di sinetron. Orang dibalik layar (penulis) Lupus tak lain adalah Hilman Hariwijaya.
Daftar Novel Fenomenal Best Seller Indonesia
Share this article :

Cari Materi Pelajaran Lain

Mari Bergabung

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger