20.2.16

Daftar Sepuluh Penerbit Besar di Indonesia

Daftar Sepuluh Penerbit Besar di Indonesia

Meski literasi Indonesia tak sesemarak negara maju, namun geliatnya masih terasa. Setiap minggu ratusan judul buku baru terbit memperkaya khazanah perbukuan tanah air. Salah satu unsurnya adalah penerbit. Ikapi mencatan ratusan bahkan ribuan penerbit Indonesia. Baik yang skala kecil, bahkan indie, hingga skala besar nan raksasa. Apapun itu, mereka memberi andil dalam dunia perbukuan Indonesia.

Berikut akan kami sajikan daftar penulis terkenal di Indonesia. (Urutan tidak menunjukkan peringkat)

(1) GRAMEDIA
Gramedia Penerbit Besar di Indonesia

Penerbit ini boleh dibilang penerbit nomor wahid. Banyak penulis yang bermimpi dapat menerbitkan buku di penerbit yang berpusat di Pal Merah, Jakarta itu.
Bukan tanpa alasan. Banyak penulis yang karyanya dipublikasikan Gramedia mencetak best seller. Banyak faktor yang melatarinya. Salah satunya karena mereka memiliki jaringan toko buku terbesar di Indonesia.

Gramedia adalah bagian dari raksasa media Kompas Gramedia (KG). Ia merupakan penerbit dengan banyak lini (imprint). Lininya tersebut bahkan boleh dikata sudah bisa mandiri.



Beberapa lini penerbit gramedia adalah...

1. Penerbit utama (induknya) bernama Gramedia Pustaka Utama. Menerbitkan buku fiksi maupun nonfiksi. Banyak penulis besar yang menerbitkan tulisannya di sini. Sebut saja Goris Keraf, Ahmad Tohari, A. Fuadi, Tere Liye, Ilana Tan, Ranum Rais, Rhenal Kasali, dll. Kirim naskah ke Gramedia, kirim naskah via e-mail: fiksi@gramediapublishers.com atau nonfiksi@gramediapublishers.com

2. Elex Media Komputindo
Penerbit Besar di Indonesia


Awalnya lini ini fokus menerbitkan buku komputer dan teknologi informasi. Lalu menerbitkan buku komik. Sekarang ke banyak jenis buku. Diantaranya buku Fenomenal 7 Keajaiban Rezekinya Ippho Santosa. Elex juga punya lini penerbitan khusus karya Islam bertajuk Quanta. Penulis andalannya antara lain Ahmad Rifai Rif'an. Kirim naskah redaksi.emk@gramediapublishers.com

3. Grasindo (fiksi & nonfiksi)

4. BIP (Bhuana Ilmu Poluler), dll

(2) MIZAN

Mizan Penerbit Besar di Indonesia
Menyebut penerbitan Islami, nama mizan bisa dibilang yang terdepan. Mizan merupakan grup penerbitan yang berpusat di Bandung. Selain bergerak di bidang penerbitan, mizan juga bergerak dalam bidang distribusi.

Brand dan lini utama mizan antara lain.
1. Mizan (lebih ke buku nonfiksi), brand lainnya Mizania, Dar! Mizan, Kaifa, dll.

2. Noura
Lini penerbitan ini merupakan lehuran dari beberapa penerbit sebelumnya. Fiksi dan nonfiksi. Salah satu buku yang booming adalah Sepatu Dahlan.

3. Bentang Pustaka
Dulu Penerbit yang berpusat di Yogyakarta ini berdiri sendiri. Karena ada masalah finansial kemudian diakuisisi oleh Grup Mizan. Buku fenomenal nya adalah tetralogi Laskar Pelangi, perahu kertas, Galaksi Kinanthi, dll. Kirim naskah via email bentang.pustaka@mizan.com

4. Asma Nadia Publishing House
Penerbit ini dulunya bermana lingkar pena Publishing house, fokus menerbitkan buku penulis anggota forum lingkar pena (flp). Karena ada masalah finansial kemudian direname menjadi Asma Nadia Publishing house. Memang sesuai namanya penerbit ini lebih banyak menerbitkan karya Asma Nadia.

5. Qanita
Lini penerbitan ini lebih fokus pada buku-buku terjemah.


(3) Agro Media Grup
Menurut pengamatan kami, grup penerbitan ini adalah penerbit yang paling banyak memiliki lini. Setiap lini punya lini (imprint) tersendiri. Berikut penjelasannya.
1. Agro media, fokus pada buku pertanian, peternakan, perikanan, dll.
2. C Publishing. Fokus ke buku psikotes, dll.
3. Gagas Media. Salah satu lini tersukses. Penerbit inilah yang melambungkan nama Raditya Dika.
4. Wahyu Media
5. Wahyu Qalbu, lini dari Wahyu Media, fokus ke buku islami
6. Bukune, lini gagas media
7. Qultum Media. Fokus ke buku islami.
8. Trans media, dll.

(4) Republika Penerbit
Penerbit yang merupakan anak dari koran Republika ini bagian dari Mahaka Grup. Lininya adalah Mahaka Publisher.
Fokusnya pada buku islami. Penulis ternama dari Penerbit ini diantaranya Habibburahman El Shirazy, Tere Liye, dll. Banyak buku terbitan Republika sukses besar menjadi best seller.


(5) Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Brand Tiga Serangkai lekat dengan buku pelajaran. Banyak buku produksinya dipakai di sekolah-sekolah. Meski begitu, penerbit ini juga menerbitkan buku umum. Lininya antara lain metamind dan metagraf.


(6) Erlangga
Sama seperti Tiga Serangkai penerbit ini juga dikenal sebagai pemasok bukun pelajaran andal. Meski begitu ia juga punya lini imprint untuk buku umum, yakni Esis.


(7) Andi Publisher
Penerbit yang berpusat di Yogyakarta ini awalnya banyak menerbitkan buku komputer. Namun kini lebih terbuka pada genre lain. Salah satu lininya yang terkenal adalah sheila.


(8) Diva Press Grup
Grup Penerbit ini berpusat di Yogyakarta. Pemiliknya Edi Mulyono. Lini, atau mungkin lebih tepatnya brandnya adalah dee teens, sabil, dll.


(9) Indiva Media Kreasi
Penerbit ini terbilang baru. Namun sudah eksis di belantika perbukuan Indonesia. Utamanya buku ini menerbitkan karya Afifah Afra, Riawani Elyta, dll.


(10) Media Pressindo (Medpress)
Penerbit ini juga berpusat di Yogyakarta. Menerbitkan buku umum, fiksi maupun nonfiksi. Juga menerbitkan buku Islami.


Ada yang mau menambahkan? Atau memberi saran. Jangan lupa bantu bagikan (share) ya. Terima kasih.

Demikianlah daftar sepuluh Penerbit terkenal di Indonesia


Info CPNS PPPK 2019 & Pelajaran Bahasa Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...