22.2.16

Contoh Soal UAS Semester 1 Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 7 dan Kisi-kisinya


 Contoh Soal UAS Semester 1 Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 7 dan Kisi-kisinya

 

Yayasan Ibadurrahman

Pondok Pesantren Modern Darul Huda

SMP IT Al Fawwaz

Kota Banjar



 Kelas

 VII


ULANGAN AKHIR SEMESTER (UAS) 1

TAHUN PELAJARAN 2015/2016



Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia

Hari / tanggal        : Senin, 7 Desember 2015



A.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan memilih a, b, c, atau d!



Bacalah teks berita berikut dengan saksama!

Telah terjadi musibah tanah longsor di Desa Ciater, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Cilacap. Musibah itu terjadi pada Sabtu sore (28/11). Kejadian itu diduga karena hujan deras yang mengguyuri kawasan yang telah gundul tersebut. Dua warga dinyatakan hilang. Sepuluh rumah rata dengan tanah. Para warga dibantu beberapa pihak lain bahu-membahu mencari korban hilang tersebut.

1.      Pokok teks berita di atas sebagai berikut, kecuali...

a.       Dua orang warga desa dinyatakan hilang

b.      Warga sekitar sedih atas musibah tanah longsor

c.       Musibah terjadi di Desa Ciater, Kecamatan Wanaraja

d.      Tanah longsor terjadi Sabtu sore tanggal 28 November



2.      Salah satu unsur berita adalah siapa (who). Yang termasuk unsur siapa dalam teks berita di atas adalah...

a.       Sabtu sore tanggal 28 November

b.      Desa Ciater, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Cilacap

c.       Para warga dan pihak lain

d.      Kepala Desa Ciater



3.      “Kejadian itu diduga karena hujan deras yang mengguyuri kawasan yang telah gundul tersebut”. Kutipan berita tersebut merupakan unsur...

a.       Kapan

b.      Di mana

c.       Bagaimana

d.      Mengapa



4.      “Banjir yang melanda Ibukota mengakibatkan aktivitas perekonomian lumpuh total. Sebagian masyarakat sibuk mengungsi atau membersihkan rumah mereka dari genangan air.”

Pokok masalah berita tersebut adalah...

a.        Sebagian masyarakat

b.      Sibuk membersihakan rumah

c.       Banjir yang mengakibatkan kelumpuhan ekonomi

d.      Banjir yang membuat orang malas beraktivitas ekonomi



5.      Di bawah ini merupakan contoh pengalaman yang mengesankan, kecuali...

a.       Membantu bapak mencari pakan rumput

b.      Lupa membawa ongkos ketika berpegian naik bus

c.       Menjadi juara lomba baca puisi tingkat kabupaten

d.      Rencana tamasya ke Curug Cimandaway.



6.      Perhatikan paragraf berikut!

Pagi itu aku berjalan cepat sambil tak hentinya merutuki jam weker usang yang telah mati. Ya, pagi itu aku bangun kesiangan. Sambil jalan tergopoh-gopoh aku benahi dasi dan topi. Karena bisa tontonan gratis ketika tidak menggunakan dua atribut itu saat upacara. Dengan wajah, masih cemberut aku buka pintu gerbang yang tumben-tumbennya masih menutup rapat saat jam menunjukkan pukul 06.50. Disitulah awal peristiwa memalukan itu terjadi.(...). Kelas sepi, aku pikir mereka telah berbaris di lapangan. Namun ketika sampai di lapangan, aku hanya bisa termenung karena tak ada satupun orang di sana. ...

            Kalimat efektif yang sesuai untuk melengkapi paragraf di atas adalah ...

a.       Tanpa tengok kanan-kiri aku menuju kelas paling luar.

b.      Tanpa tengak-tengok kanan-kiri aku menuju kelas paling luar.

c.       Tanpa lihat kanan-kiri aku menuju kelas paling luar.

d.      Tanpa menghiraukan kanan-kiri aku menuju kelas paling luar.



7.      Perhatikan kalimat berikut!

“Para siswa-siswa pada berbaris di lapangan guna untuk mengikuti upacara.”

Kalimat tersebut dapat diefektifkan menjadi...

a.       Para siswa pada berbaris di lapangan guna untuk mengikuti upacara.

b.      Para siswa berbaris di lapangan guna untuk mengikuti upacara.

c.       Para siswa berbaris di lapangan guna mengikuti upacara.

d.      Para siswa-siswa berbaris di lapangan untuk mengikuti upacara.



Bacalah kutipan teks berikut!

Biograf modern biasanya ditulis berdasarkan penelitian cermat. Isinya cenderung objektif. Biografi gaya lama biasanadisusun untuk memberikan teladan kepada pembacanya. Kisah hidup ini dapat berupa tulisan hasil telaah ilmiah  atau dalam bentuk karya sastra.



8.      Makna kata biografi dalam teks di atas adalah ...

a.       Riwayat hidup seseorang yang ditulis diri sendiri

b.      Riwayat hidup sesorang yang ditulis orang lain

c.       Riwayat hidup seseorang

d.      Riwayat hidup



9.      Makna kata telaah ilmiah dalam kalimat di atas adalah ...

a.       Terapan                 b. penelitian                 c. karangan                  d. tulisan



10.  Tidak ada masa depan yang lebih baik tanpa memupuk persatuan dan kesatuan di tengah-tengah kebhinekaan, tanpa semangat berkontribusi bagi kemajuan bersama. Inilah tantangan generasi penerus bangsa.

Makna kata bercetak miring dalam teks di atas adalah ...

a.       Mengajak              b. melayani                  c. memedulikan           d.menumbangkan



11.  Bacalah paragraf berikut!

Menurut Undang-Uandang Ketenagakerjaan, semua perusahaan diwajibkan menjamin keselamatan dan kesehatan tenag kerjanya. Jam kerja para karyawan ditentukan. Biasanya 8 jam sehari. Tiga jam setelah bekerja mereka diberi kesempatan untuk beristirahat sekitar 15 menit. Selain itu para pekerja diwajibkan mengenakan masker khusus bagi tenaga kerja yang bekerja di area berasap, berdebudan berbau.

Simpulan teks di atas adalah ...

a.       Setiap karyawan wajib mamatuhi peraturan di perusahaan tempatnya bekerja.

b.      Undang-Undang ketenagakerjaan berisi peraturan bagi setiap tenaga kerja dalam perusahaan.

c.       Setiap perusahaan mewajibkan semua karyawan mematuhi peraturan.

d.      Karyawan yang tidak mematuhi peraturan akan mendapat sanksi dari perusahaan.



12.  Bacalah paragraf berikut!

Lingkungan hidup yang sehat tentu memberikan dampak yang banyak terutama bagi kesehatan kita dan keluarga. Alam dan lingkungan dewasa ini perlu kita gunakan semaksimal mungkin untuk kesejahtaraan kita bersama. Sebagai contoh kita bisa memanfaatkan lingkungan untuk menunjang prekonomian kita.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...

a.          Alam dan lingkungan perlu dimanfaatkan semaksimal mungkin.

b.         Lingkungan hidup sehat memberikan dampak positif bagi keluarga.

c.          Pemanfaatan lingkungan yang baik dapat menunjang perekonomian.

d.         Lingkungan hidup sehat mampu membenahi perekonomian.



13.  Berikut adalah hal yang harus diperhatikan ketika membacakan teks perangkat upacara, kecuali...

a.       Pengucapan yang tepat

b.      Penjedaan yang sesuai

c.       Intonasi yang pas

d.      Mencari tempat yang pas



14.  Penjedaan pembacaan teks Pancasila yang tepat adalah...

a.       //Empat// Kerakyatan yang dipimpin / oleh hikmat kebijaksanaan / dalam permusyawaratan / perwakillan //

b.      //Empat// Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan / dalam permusyawaratan  perwakillan //

c.       //Empat// Kerakyatan yang dipimpin oleh / hikmat kebijaksanaan / dalam permusyawaratan / perwakillan //

d.      //Empat// Kerakyatan yang dipimpin / oleh / hikmat kebijaksanaan / dalam permusyawaratan / perwakillan //  

Perhatikan contoh catatan harian berikut!

Senin, 30 November 2015 (1)

            Hari ini aku sedih sekali (2). Ketika pengumuman juara kelas aku gagal jadi juara satu. Amira yang jadi juara (3). Uh.. Tapi aku gak menyalahkan dia kok. Aku menyalahkan diri sendiri karena tidak belajar dengan maksimal. Heu... (4)

15.  Unsur suasana/perasaaan yang tampak dalam kutipan buku harian tersebut ditunjukan nomor...

a.       1 (satu)                 b. 2 (dua)                     c. 3 (tiga)                     d.4 (empat)



16.  Unsur waktu yang tampak dalam kutipan buku harian tersebut ditunjukan nomor...

a.       1 (satu)                  b. 2 (dua)                     c. 3 (tiga)                     d. 4 (empat)



17.  Unsur yang ditunjukan nomor 3 (tiga) merupakan unsur...

a.       Waktu                   b. Tempat                    c. Suasana                   d. Peristiwa



18.  Bacalah ilustrasi berikut!

Shinta bergembira. Hatinya sedang senang. Piala yang menyebutkan dia juara satu lomba tahfis. Ia menungkapkan perasaannya dalam buku harian.

Catatan buku harian Shinta sesuai ilustrasi tersebut adalah ...

a.       Hasil lomba telah diumumkan. Shinta menjadi juara pertama lomba tahfiz.

b.      Akhirnya semua gundah pudar setelah pengumuman dibacakan. Sekolahnya mendapat juara 1.

c.       Detik ini aku tak bisa menahan rasa gembisa. Air mataku buncah. Juara 1 lomba tahfiz ku raih. Syukur ku ucap.

d.       Shinta menjadi terbaik di Lomba tahfiz. Akhirnya, perjuangannya tak sia-sia. Menghafal kembali siang malam hafalannya.



19.  Cermatilah ilustrasi berikut!

Pada hari Jumat, Mamah Mita meninggal dunia. Mamah mita meninggal karena kanker payudara. Hati Mita sedih karena Mamahnya satu-satunya keluarga yang dia punya.
Berdasarkan ilustrasi peristiwa tersebut, peulisan buku harian yang tepat adalah ...

a.       Pada Jumat itu, Mita sedih karena Ibunya meninggal dunia. Dia merasa sebatangkara.

b.      Pada Jumat itu, Mita sebatang kara. Ibunya meninggal dunia karena kanker payudara.

c.       Kematian datang tiba-tiba. Benar-benar tragis nasib Mita. Sebatang kara diusianya yang masih belia. Semoga Tuhan memberi ketabahan.



20.  Berikut yang merupakan perbedaan surat resmi dan surat pribadi yang tepat adalah...


   

Surat resmi
   

Surat pribadi

A
   

Ditulis dengan komputer
   

Ditulis tangan

B
   

Terdapat alamat yang dituju
   

Tidak terdapat alamat yang dituju

C
   

Menggunakan bahasa resmi
   

Menggunakan bahasa sehari-hari

D
   

Ada nama pengirim
   

Tidak ada nama pengirim



21.  Penulisan tanggal surat yang tepat adalah...

a.       Cilacap 25 November 2015

b.      Cilacap. 25 November 2015

c.       Cilacap, 25-November-2015

d.      Cilacap, 25 November 2015



22.  Bacalah ilustrasi berikut!

Desa Sirat terkena bencana lahar dingin. Bencana itu telah menhancurkan rumah penduduk dan juga sawah. Ahmad ingin membantu mereka dengan mencari dana. Dia menghubungi Tanto, temannya yang berada di Bnadung dengan menggunakan surat.

Isi surat pribadi yang tepat dibuat Ahmad adalah ...

a.         Tanto mau enggak kamu membantuku mengumpulkan dana untuk korban bencana lahar dingin? Kasihan loh, Desa Sirat terkena bencana lahar dingin. Rumah-rumah dan persawahan hancur.

b.         Sungguh kasihan warga Desa Sirat. Mereka terkena lahar dingin. Kamu mau enggak mengumpulkan dana untuk mereka?

c.         Tanto kamu mau enggak mengumpulkan dana untuk korban lahar dingin di Desa Sirat?bencana itu telah menghancurkan rumah-rumah dan persawahan milik penduduk.

d.        Tanto, kamu mau kan menyumbangkorban bencana lahar dingin. Kebanyakan rumah-rumah dan persawahan mereka hancur. Mereka kasihan loh.



23.  Kalimat berikut yang tepat sebagai kalimat pembuka surat pribadi adalah ..

a.       Hai Risma! Aku amat senang memebaca suratmu. Aku sehat-sehat saja begitu juga kesehatan keluargaku. Aku sangat senang jika sahabatku mengajak menonton festival

b.      Dengan datangnya suratku ini, aku ingin memberitahukan bahwa ak bermaksuk menyampaikan permintaan maaf kepadamu.

c.       Hai, Risma! Apa kabarmu? Bagaimana keadaan kedua orangtuamu disana? Semoga dirimudan keluargamu sehat.

d.      Semoga keadaanmu baik-baik saja. Aku senang bersahabat denganmu.



24.  Kalimat berikut yang tepat untuk menutup surat pribadi adalah....

a.       Kita jadi pergi ke pantai kan?

b.      Semoga kamu baik-baik saja.

c.       Sekian dulu ya, jangan lupa dibalas.

d.      Semoga kita dapat berjumpa lain kali.



25.  Wakil bidang kesiswaan mengimbau seluruh siswa kelas IX segera mengumpulkan foto diri ukuran 3x4 untuk kartu US.

Isi pengumuman sesuai ilustrasi tersebut adalah ...

a.       Siswa kelas IX dimohon segera mengumpulkan foto ukuran 3x4 untuk kartu US ke bagian TU.

b.      Dimohon kelas IX segera mengumpulkan foto di bagian TU.

c.       Bidang TU menunggu pengumpulan foto kelas IX.

d.      Siswa kelas IX dimohon mengumpulkan foto ukuran 3x4 untuk kartu US.



26.  Perhatikan ilustrasi berikut!

Setelah ujian semester berakhir, SMP Karangnunggal akan mengadakan pertandingan antarkelas. Jenis pertandingannya adalah vili, cerdas cermat, basket dan baca puisi.

Pengumuman yang sesuai ilustrasi berikut adalah ...

a.       Diberitahukan bahwa menurut rencana, setelah ujian semester berakhir SMP 2 Karangnunggal akan diadakan pertandingan antar kelas. Jenis pertandigan tersebut adalah voli, cerdas cermat, basket dan baca puisi.

b.       Diberitahkan bahwa setelah ujian semester berakhir, SMP 2 Karangngngal akan mengadakan pertadingan anatarkelas. Adapun jenis pertandingan meliputi voli, cerdas cermat, basket dan baca puisi.

c.       Dengan ini kami beritahukan bahwa rencana pertandingan antar kelas dilaksanakan setelah ujian semester berakir. Adapun jenis pertandingan menliputi, voli, cerdas cermat, basket, dan baca puisi.

d.      Diberitahukan bahwa setelah ujian semester berakhir,  SMP 2 Karangngngal akan mengadakan pertandingan antarkelas. Semua siswa diharap ikutberpartisipasi dalam seluruh pertandingan yang diadakan.



27.  Perhatikan pengumuman berikut...

OSIS SMP Al Ikhlas akan mengadakan bakti sosial. Puncak acara akan diadakan pada peringatan Hardiknas di Panti Asihan Mari Berbagi. Peminat jangan mendaftar paling lambat 1 Mei 2015.

Perbaikan isi pengumuman yang tepat adalah...

a.       Peminat baru mendaftar paling lambat 1 Mei 2015

b.      Peminat hanya mendaftar paling lambat 1 Mei 2015

c.       Peminat supaya mendaftar paling lambat 1 Mei 2015

d.      Peminat mampu mendaftar paling lambat 1 Mei 2015



Perhatikan cerita berikut!

Suatu pagi nenek dan kakek pergi di hutan. Di sana mereka mencari kayu bakar. Ketika sedang asyik mencari kayu bakar, sang nenek berseru. Ia melihat seekor burung terjatuh dari pohon. Ia terluka.



28.  Berdasarkan kutipan dongeng di atas, latar yang digambarkan adalah...

a.       Rumah                                                       c. Hutan

b.      Tempat burung                                          d. Pegunungan



Perhatikan cerita berikut! (Soal nomor 29 dan 30)

Matahari kian condong ke arah barat ketika Timun Mas memasuki negeri antah berantah itu (1). Ia terus berlari menghindari kejaran raksasa (2). Keadaan begitu meisaukan. Kini di tangannya hanya tinggal satu benda ajaib, yakni garam. (3). Ia berharap raksasa itu segera mati (4).



29.  Bukti latar waktu dan tempat pada kutipan dongeng di atas di tunjukan nomor...

a.       (1)                                                  c. (3)

b.      (2)                                                  d. (4)



30.  Bukti latar waktu dan tempat pada kutipan dongeng di atas di tunjukan nomor...

a.       (1)                                                  c. (3)

b.      (2)                                                  d. (4)



31.  Perhatikan cerita berikut!

Ibu tirinya, yang tak bukan adalah ibu bawang merah, terus menyuruhnya bekerja. Padahal sudah sejak pagi bawang putih belum makan. Ia kelelahan dan kelaparan. Tapi ibu tirinya itu tak memedulikannya.

Tema kutipan dongeng tersebut adalah...

a.       Kasih sayang seorang ibu

b.      Kekejaman ibu tiri

c.       Bawang putih yang rajin

d.      Kebaikan bawang putih







Perhatikan kutipan cerita berikut!

Tiba-tiba dari arah timur semburat merah menyapa. Sangkuriang tercengang. Sudah pagikah? Ia mengira pagi menjelang. Akhirnya ia menghentikan pekerjaannya. Marah mendera karena tak dapat memenuhi syarat yang diajukan Dayang Sumbi.

Dengan kekuatannya ia menjebok bendungan yang telah dibuatnya. Banjir bandang menerpa seluruh kota. Sangkuriang lantas menendang sampan besar. Sampan itu jatuh menelungkup menjadi gunung yang dikenal sebagai “Tangkuban Perahu”



32.  Amanat dari kutipan cerita tersebut adalah...

a.       Jangan marah-marah

b.      Jangan mudah tertipu

c.        Harus bekerja keras

d.      Perjuangkan rasa cintamu



33.   Watak Sangkuriang dalam kutipan cerita di atas adalah...

a.       Baik hati

b.      Suka berbuat onar

c.       Sakti mandraguna

d.      Mudah tersinggung



Perhatikan cerita berikut! (Soal nomor 34 dan 35)

Malin kundang tak menggubris sapaan ibunya. Ia tak peduli, bahkan membentak dan menendang ibunya itu. Sang ibu sakit hati. Ia mengutuk anaknya menjadi batu.

34.  Sifat Malin Kundang dalam cerita tersebut adalah...

a.       Baik hati                                                    c. Sombong

b.      Penyabar                                                   d. Durhaka



35.  Relevansi dongeng tersebut dengan situasi sekarang adalah...

a.       Mendurhakai orang tua adalah hal yang dilarang

b.      Kesuksesan adalah tujuan hidup

c.       Menyakiti hati orang tua adalah hal biasa

d.      Ibu adalah orang yang disayang



36.  Berikut yang merupakan judul yang tepat untuk cerita fabel adalah...

a.       Si buta dari gua hantu

b.      Malin kundang

c.       Semut dan burung dara

d.      Pembalasan Nyi Roro Kidul



37.  Siang itu panas sekali. Matahari bersinar garang. Tapi hal itu tidak terlalu dirasakan oleh kancil. Dia sedang tidur nyenyak di bawah pohon yang rindang. Tiba-tib saja mimpi indahnya terputus.

“Tolong! Tolong!” terdenagr teriakan dan jeritan berulang-ulang. Lalu terdengar kaki binatang yang berlari-lari.

“Ada apa sih?” kata kancil. Matanya berkerjap-kerjap terasa berat untuk dibuka.

“Kebakaran! Kebakaran!” teriak kambing.

Memang benar asap tebal membumbung tinggi ke angkasa. Kancilketakutan 

Isi dari cerita anak di atas adalah ...

a.       Hewan-hewan di hutan lari tunggang langgang karena kebakaran.

b.      Kebakaran mengusik tidur kancil

c.       Kancil yang takut akan kebakaran

d.      Kebakaran hutan mengakibatkan kambing menghampiri Kancil



38.  Berikut adalah ciri-ciri pantun, kecuali...

a.       Bersajak aa aa

b.      Baris pertama kedua sampiran, tiga empay isi

c.       Satu bait terdiri dari empat baris

d.      Setiap baris terdiri dari 8 – 12 suku kata

Perhatikan pantun berikut!

Jalan-jalan ke Pasar Cikadu

Hendak berbelanja telur puyuh

................................................... (3)

.................................................... (4)

39.  Larik yang tepat untuk melengkapi baris nomor 3 (tiga) adalah...

a.       Jika kamu mencari jodoh

b.      Berbelanja bersama Mang Uju

c.       Jika ingin mencari kerja

d.      Jika hendak mencari ilmu



40.  Larik yang tepat untuk melengkapi baris nomor 4 (empat) adalah...

a.       Haruslah semangat dan sungguh-sungguh

b.      Jangan lupa terus berdoa

c.       Hendaklah dilakukan dengan semangat

d.      Pergi ke hutan mencari suluh



41.  Perhatikan pantun berikut!

Kalau ada sumur di ladang

Boleh kita menumpang mandi

Kalau kita punya banyak uang

Boleh kita menikah lagi



Berdasarkan isinya, pantun tersebut termasuk jenis pantun...

a.       Jenaka                   b.Nasihat                     c. Remaja                    d. Sedih



Bacalah dongeng berikut! (Soal nomor 42 – 48)

Diam-diam di sudut dapur, ada yang selau bersedih setiap kali Oma dan Ana bertengkar. Dialah Lala si bubuk lada. Ia sedih karena merasa bersalah selalu membuat Oma dan Ana bertengkar.

Lala makin sedih ketika Gugu Gula dan Gaga Garam,  teman-temannya, ikut-ikutan menyalahkanya. “ Lala! Lagi-lagi kamu membuat Ana menangis karena kepedasan.” Bentak Gugu Gula membuyarkan lamunan Lala. “ Tidak seperti aku, aku bisa membuat masakan menjadi manis sehingga Ana suka.” Gugu Gula benar, ana memang suka kue buatan Oma, terutama kue brownis. Ya! Kue brownis itu manis bukan pedas. Jadi Ana suka aku. “ Atau seperti aku. Aku bisa membuat semua masakan menjadi gurih dan enak. Tidak seperti kamu. Uek.... pedas!” Gaga Garam mencibir.

42.  Tema dongeng di atas adalah ...

a.       Kemurungan Lala Lada

b.      Kesombongan Gugu Gula dan Gaga Garam

c.       Keceriaan Gaga Garam

d.      Kesetiakawanan



43.  Latar dongeng di atas adalah ...

a.       Di ruang tamu                                           c. di dapur

b.      Di kamar                                                   d. di taman



44.  Bagaimana watak Gugu Gula berdasarkan dongeng di atas ...

a.       Baik                                                           c. Pemarah

b.      Sombong                                                   d. Penyayang



45.  Amanat dongeng di atas adalah ...

a.       Jangan berbuat kesalahan

b.      Jangan suka bertengkar

c.       Jangan suka melamun

d.      Jangan suka menyalahkan orang lain, lebih baik memberikan solusi



46.  Relevansi cerita di atas dengan kehidupan sehari-hari adalah...

a.       Orang yang dianggap membawa masalah selalu diejek

b.      Diam-diam bumbu yang diletakan di sudut dapur dapat berbicara

c.       Di dalam kehidupan sehari-hari garam dinamakan gaga

d.      Orang selalu melamun setiap hari



47.  Hal menarik dari kutipan cerita di atas adalah...

a.       Bumbu-bumbu diletakan di dapur

b.      Lada, gula, dan garam dapat berbicara

c.       Oma dan Ana selalu bertengkar

d.      Setiap bumbu masakah selalu memiliki rasa masing-masing



48.  Konflik dalam kutipan cerita di atas adalah...

a.       Ana dan Oma suka makan brownis

b.      Lala Lada diejek Gugu Gula dan Gaga Garam

c.       Gugu Gula dan Gaga Garam memuji Lala Lada

d.      Lala Lada melamun

Perhatikan kutipan cerita berikut...

Pangeran Albert adalah pangeran cilik yang tampan dan pintar. Sayang, ia suka berkata kasar. Teman-temannya di kastil pernah menjadi korban. Semua hanya bisa mengelus dada.

49.  Tema kutipan cerita di atas adalah...

a.       Pangeran yang tampan

b.      Pangeran yang menghuni kastil

c.       Teman-teman pangeran yang sabar

d.      Pangeran yang suka berkata kasar



50.  Amanat kutipan cerita di atas adalah...

a.       Jangan jadi orang pintar dan tampan

b.      Jangan tinggal di kastil

c.       Jangan suka berkata kasar

d.      Jangan jadi pangeran






Catatan : Untuk kisi-kisi bisa dilihat di sini

Demikianlah  Contoh Soal UAS Semester 1 Ganjil Bahasa Indonesia Kelas 7 dan Kisi-kisinya

Info CPNS PPPK 2019 & Pelajaran Bahasa Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...