Membedakan Fakta dan Opini dalam Iklan
Prito W., S.Pd.
IKLAN
Materi Membedakan fakta
dan opini dalam iklan termasuk pelajaran bahasa Indonesia kelas 9 SMP
Pengertian Iklan
Iklan adalah arana
promosi dari institusi untuk khalayak umum
Jenis Iklan
Berdasarkan
jenisnya iklan dibagi 3 :
1.
Audio, contoh :
radio
2.
Visual, contoh :
Koran, Bilboard, Internet
3.
Audio-Visual, contoh
: Televisi, Internet
Koran : -
Display
- Baris (Iklan Kecil)
- Iklan Pariwara
Berdasarkan
fungsinya iklan dibagi 3 :
1.
Niaga (Jual
beli)
2.
Keluarga
3.
Pemberitahuan
Contoh Iklan :
|
Membedakan Fakta dan Opini dalam Iklan
Pengertian fakta
Fakta adalah sesuatu yang nyata dan pasti. Terukur. Berbasis data.
Contoh: Gula 1 Kg. Ibukota Jawa Tengah, Semarang
Pengertian opini
Opini adalah sesuatu yang belum pasti. Tidak terukur dan berupa perkiraan.
Contoh cantik, luas, murah, sekitar, dll.
Perhatikan iklan berikut:
a. Dijual motor Honda Beat
b. Harga murah
c. Kondisi mulus
d. Berminat hubungi 08788877999
Jika kita lihat, bagian iklan yang ternasuk fakta adalah bagian a dan d. Sementara b dan c adalah opini
IKLAN
BARIS
Pengertian Iklan baris
Iklan Baris
adalah Iklan singkat (kecil) yang terdiri atas beberapa baris. Nama lainnya
iklan mini. Ditulis secara singkat dengan singkatan yang biasa digunakan.
Pembayarannya dihitung berdasarkan jumlah baris.
Contoh Iklan
Baris :
|
(Biro
Iklan)
Pak Andi ingin
menjual rumah yang berlokasi di Kertasuro, Surakarta. Rumah itu memiliki luas
tanah 350 m2, luas bangunan 300 m2. Rumah itu dijual dengan harga
Rp.800.000.000,- namun bias di tawar. Fasilitas yang ada : Listrik, telepon.
Lokasi amat strategis, pinggir jalan raya. Yang berminat hubungi nomor pak Andi 087826263364.
|
||||
|
Demikianlah materi Membedakan Fakta dan Opini dalam Iklan