Contoh Format Supervisi Akademik Beserta LK Lembar Kerja
TIM SUPAK SMP MUH. 1 DAYEUHLUHUR
LK-5
Tujuan Kegiatan
Supervisi Akademik
Berdasarkan
Kasus yang Dimiliki!
TUJUAN
SUPERVISI AKADEMIK
1.
Meningkatkan kinerja guru
2.
mengetahui kekurangan dan kelemahan proses pembelajaran
3.
Memotivasi guru membuat perangkat pembelajaran
4. Menindaklanjuti
kegiatan pembelajaran
5.
Mengapresiasi kinerja guru
LK-6
Jadwal Supervisi Akademik Sesuai Kasus di Sekolah atau Kasus yang
Sudah Ada Dalam Kegiatan Pembelajaran
Jadwal Supervisi Akademik
NO
|
HARI/
TANGGAL
|
NAMA
GURU
|
MATA
PELAJARAN/POKOK BAHASAN/
KOMPETENSI
DASAR
|
KELAS/
*PROGRAM
KEAHLIAN
|
JAM
KE
|
FOKUS
MASALAH
|
1.
|
Senin,
7 Februari
2016
|
Drs. Narsono
|
Bahasa
Indonesia / Kata baku dan tidak baku
|
8 A
|
2-3
|
|
2.
|
Selasa,
2 Februari
2016
|
Prito
Windiarto, S.Pd.
|
Bahasa Indonesia
/ Menulis kreatif puisi
|
7 A
|
6-7
|
Siswa
kesulitan menentukan diksi
|
3.
|
Rabu,
10 Februari
2016
|
Endang
Darwati, S.Pd.
|
IPA / Gerak tumbuhan
|
8 B
|
1-2
|
|
4.
|
Kamis,
11 Februari
2016
|
Lilis
Suryanti, S.Pd.
|
Matematika /
Operasi himpunan
|
7 B
|
3-4
|
Siswa belum bisa menggambarkan ke dalam diagram venn
|
5.
|
Kamis,
18 Februari
2016
|
Nurul Ilmi
P., S.Pd.
|
Bahasa
Inggris / Shoping list
|
7 A
|
3-4
|
Siswa kurang
menguasai takaran ukur barang
|
Keterangan : *Khusus untuk SMK
Dayeuhluhur, Februari 2016 Kepala sekolah,
Sumartono,
S.Pd.
NBM.
760 467
TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH
Nama
Sekolah : SMP MUHAMMADIYAH 1
DAYEUHLUHUR
Alamat : Jl. Prawiranegara No.
52 Dayeuhluhur
2.
Buatlah daftar teknik supervisi akademik lain yang dapat saudara gunakan selain
yang ada di atas!
3. Buatlah daftar teknik supervisi akademik lain yang dapat saudara
gunakan selain yang ada di atas!
TEKNIK SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH
Nama
Sekolah : SMP MUHAMMADIYAH 1
DAYEUHLUHUR
Alamat : Jl. Prawiranegara No.
52 Dayeuhluhur
1. Pilihlah salah
satu teknik yang menurut
Saudara tepat digunakan untuk melaksanakan supervisi
akademik sesuai dengan studi
kasus/skenario yang Saudara miliki.
Menurut Gwyn
(dalam
Kementerian
Pendidikan
Nasional,
2010:
23),
teknik-tekniksupervisi akademik meliputi dua macam, yaitu: individual dan kelompok.
Teknik supervise individual adalah pelaksanaan supervisi perseorangan terhadap
guru. Dari lima macam Teknik
supervisi individual yang akan digunakan disini hanya empat macam yaitu kunjungan
kelas, observasi kelas, pertemuan individu dan menilai diri sendiri
NO
|
TEKNIK SUPERVISI
|
PRINSIP DASAR SUPERVISI
|
TUJUAN SUPERVISI
|
1
|
Observasi
kelas
|
Pemantauan secara sepintas pada
kegiatan belajar-mengajar
|
Memvalidasi
informasi
dan pengujian hipotesa awal
tentang tujuan pendidikan yang dilakukan
oleh guru
oleh guru
|
2
|
Kunjungan kelas
|
Perekaman
informasi secara langsung dalam kegiatan belajar-mengajar
|
Memvalidasi
keberhasilan tujuan
pendidikan yang dilakukan
oleh guru
|
3
|
Pertemuan individual
(wawancara)
|
Dilaksanakan setelah observasi
dilakukan, sehingga terjalin
hubungan akrab
|
Menganalisa
kesulitan-kesulitan belajar baik yang ditimbulkan oleh guru maupun oleh
komponen
yang lain
|
4
|
Menilai diri sendiri
|
Menumbuhkan dan mengembangkan potensi
diri secara akurat
|
Menumbuhkan dan membangkitkan
keberanian diri pada guru
|
2. Buatlah daftar teknik supervisi akademik lain yang dapat Saudara gunakan selain yang
ada di atas!
Tekhnik Dokumentasi, Memberikan bantuan
dalam pengembangan perangkat pembelajaran dan penilaian hasil belajar.
Meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru dalam pembelajaran
3. Buatlah daftar teknik supervisi akademik lain yang dapat Saudara gunakan selain yang
ada di atas!
Teknik supervisi kelompok
adalah satu cara melaksanakan program supervise
yang ditujukan pada dua orang atau lebih. Guru-guru
yang diduga, sesuai dengan analisis
kebutuhan, memiliki masalah atau kebutuhan
atau kelemahan-kelemahan yang sama dikelompokkan atau dikumpulkan menjadi satu/bersama-sama. Kemudian kepada
mereka diberikan layanan supervisi sesuai dengan permasalahan atau kebutuhan
yang mereka hadapi,
ada tiga belas teknik supervisi kelompok yaitu: kepanitiaan-kepanitiaan, kerja kelompok,
laboratorium
dan
kurikulum,
membaca terpimpin, demonstrasi pembelajaran, darmawisata,
kuliah/studi, diskusi
panel,
perpustakaan,
organisasi
profesional,
buletin supervisi, pertemuan guru, lokakarya
atau
konferensi
kelompok.
LK-9
Mengidentifikasi
Instrumen Supervisi Akademik
Bagi saudara yang mengimplementasikan kurikulum KTSP 2006, gunakan
instrumen: 9-a, 9-b, 9-d dan 9-e. Bagi yang mengimpeentasikan 2013 gunakan
instrumen: 9-a, 9-b1, 9-c1,9-d dan 9-e!
Instrumen 9-a:
Administrasi
perencanaan pembelajaran (berdasarkan standar proses)
Administrasi Perencanaan Pembelajaran
Nama sekolah/madrasah :...........................
Nama guru :............................
Pangkat/golongan :............................
Mata pelajaran :............................
Jumlah jam tatap muka :.............................
Semester/kelas :..............................
No
|
KOMPONEN
ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
|
KONDISI
|
SKOR
|
KETERANGAN
KETERCAPAIAN
|
||||
ADA
|
TIDAK
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1.
|
Program tahunan
|
4 = Sangat baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
|
||||||
2.
|
Program semester
|
|||||||
3.
|
Silabus
|
|||||||
4.
|
RPP
|
|||||||
5.
|
Kalender pendidikan
|
|||||||
6.
|
Jadwal pelajaran
|
|||||||
7.
|
Agenda harian
|
|||||||
8.
|
Daftar nilai
|
|||||||
9.
|
KKM
|
|||||||
10.
|
Absensi peserta didik
|
|||||||
11.
|
Buku pedoman guru
|
|||||||
12.
|
Buku teks pelajaran
|
Keterangan :Nilai akhir = Skor perolehan x 100%
Skor
maksimal (40)
Ketercapaian :86% - 100% = Baik sekali
70% -
85% = Baik
55% -
69% = Cukup
Di bawah
55% = Kurang
Guru yang di
supervisi
..........................................
|
Kepala
sekolah,
Sumartono,S.Pd.
NBM. 760 467
|
Instrumen 9-b:
Check list rencana pelaksanaan
pembelajaran berdasarkan dokumen RPP guru
Instrumen ini harus di isi
derdasarkan dokumen rencana pelaksanaan pembelajaraan (RPP) guru yang di
supervisis akademik. Sertakan dokumen RPP guru saudara sebagai pendukung dan
bukti instrumen ini!
Instrumen Check
List Rencana Pembelajaraan
Nama guru :............................
Nama sekolah/madrasah :...........................
Kelas/Semester :..............................
Identitas Mata pelajaran :............................
Standar Kompetensi :............................
Kompetensi dasar :.............................
Hari/tanggal supervisi akademik :..............................
No
|
ELEMEN PENGAMATAN
|
BERI TANDA CENTANG
|
KOMENTAR
|
SARAN PERBAIKAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
||||
A
|
RPP yang lengkap dan sistematis, memuat komponen:
|
||||
1.
|
Identitas satuan pendidikan;
|
||||
2.
|
Identitas mata pelajaran atau tema/subtema;
|
||||
3.
|
Kelas/program/semester
|
||||
4.
|
Materi pokok
|
||||
5.
|
Alokasi waktu
|
||||
6.
|
Kompetesi dasar yang harus di kuasai peserta;
|
||||
7.
|
Indikator pencapaian kompetensi;
|
||||
8.
|
Tujuan pembelajaran;
|
||||
9.
|
Materi ajar;
|
||||
10.
|
Metode pembelajaran
|
||||
11.
|
Media pembelajaran
|
||||
12.
|
Langkah-langkah pembelajaran; pendahuluan, inti, penutup
|
||||
13.
|
Sumber belajar
|
||||
14.
|
Penilaian pembelajaran
|
||||
B
|
Perinsip penyusunan RPP
|
||||
15.
|
Mempertimbangkan perbedaan kebutuhan setiap peserta didik
|
||||
16.
|
Mendorong partisipasi aktif peserta didik (pembelajaran aktif)
|
||||
17.
|
Berpusat pada peserta didik untuk mendorong semangat belajar
|
||||
18.
|
Mengembangkan budaya membaca dan menulis
|
||||
19.
|
Memberikan umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan
program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidi
|
||||
20.
|
Menekankan keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi,
penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar
|
||||
21.
|
Mengakomodasi pembelajaran tematik–terpadu, keterpaduan lintas
mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya
|
||||
22.
|
Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi,
sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
|
Guru yang di
supervisi
..........................................
|
Kepala Sekolah,
Sumartono,S.Pd.
NBM. 760 467
|
Instrumen 9-b1:
Check List Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Berdasarkan Dokumen RPP Guru
1. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor (1, 2, 3) sesuai dengan kriteria yang tertera pada
kolom tersebut. Berikan catatan atau saran untuk perbaikan RPP sesuai penilaian Anda!
2. Isi identintitas RPP yang
ditelaah!
Nama :
....................................................
Tema/Subtema : ....................................................
Pembelajaran ke :
....................................................
NO.
|
KOMPONEN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENELAAHAN DAN SKOR
|
CATATAN
|
||
1
|
2
|
3
|
|||
A.
|
Identitas Mata Pelajaran
|
Tidak Ada
|
Kurang Lengkap
|
Sudah
lengkap
|
|
1.
|
Terdapat: satuan pendidikan, kelas, semseter, program/program
keahlian, mata pelajaran atau tema pelajaran/subtema, jumlah pertemuan
|
||||
B.
|
Perumusan Indikator
|
Tidak
Sesuai
|
Sesuai
Sebagian
|
Sesuai
Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan Kompetensi Dasar
|
||||
2.
|
Kesesuaian penggunaan kata kerja operasional dengan kompetisi
yang diukur
|
||||
3.
|
Kesesuaian rumusan dengan aspek pengetahuan
|
||||
4.
|
Kesesuaian rumusan dengan aspek keterampilan
|
||||
C.
|
Perumusan Tujuan Pembelajaran
|
Tidak
Sesuai
|
Sesuai
Sebagian
|
Sesuai
Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan Indikator
|
||||
2.
|
Kesesuaian perumusan dengan aspek Audience, Behaviour,
Condition, dan Degree
|
||||
D.
|
Pemilihan Materi Ajar
|
Tidak
Sesuai
|
Sesuai
Sebagian
|
Sesuai
Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
||||
2.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
||||
3.
|
Keruntutan uraian materi ajar
|
||||
E.
|
Pemilihan Sumber Belajar
|
Tidak
Sesuai
|
Sesuai
Sebagian
|
Sesuai
Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
||||
2.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
||||
3.
|
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik
|
||||
4.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
||||
F.
|
Pemilihan Media Belajar
|
Tidak
Sesuai
|
Sesuai
Sebagian
|
Sesuai
Seluruhnya
|
|
1.
|
Keseuaian dengan tujuan pembelajaran
|
||||
2.
|
Kesesuaian dengan materi pembelajaran
|
||||
3.
|
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik
|
||||
4.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
||||
G.
|
Metode Pembelajaran
|
Tidak
Sesuai
|
Sesuai
Sebagian
|
Sesuai
Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
|
||||
2.
|
Kesesuaian dengan pendekatan saintifik
|
||||
3.
|
Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
|
||||
H.
|
Skenario Pembelajran
|
Tidak
Sesuai
|
Sesuai
Sebagian
|
Sesuai
Seluruhnya
|
|
1.
|
Menampilkan kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan jelas
|
||||
2.
|
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen penilaian sikap
|
||||
3.
|
Kesesuaian antara bentuk, teknik dan instrumen penilaian
pengetahuan
|
||||
4.
|
Kesesuaian kegiatan dengan sistematika/keruntutan materi
|
||||
5.
|
Kesesuaian alokasi waktu kegiatan pendahuluan,kegiatan inti dan
kegiatan penutup
|
||||
I.
|
Rencana Penilaian Otentik
|
Tidak
Sesuai
|
Sesuai
Sebagian
|
Sesuai
Seluruhnya
|
|
1.
|
Kesesuaian bentuk, teknik, dan instrumen dengan indikator
pencapaian kompetensi
|
||||
2.
|
Kesesuaian antara bentuk, teknik, dan istrumen penilaian sikap
|
||||
3.
|
Kesesuaian antara bentuk, teknik, dan istrumen penilaian
pengetahuan
|
||||
4.
|
Kesesuaian antara bentuk, teknik, dan istrumen penilaian
keterampilan
|
RUBLIK PENILAIAN TELAAH RPP
Langkah-langkah penilaian RPP sebagai berikut:
1.
Cermati format penilaian RPP dan RPP yang akan dinilai!
2.
Berikan nilai pada setiap komponen RPP dengan cara membubuhkan tanda cek (√)
pada kolom pilihan (skor = 1), (skor = 2), atau (skor = 3) sesuai dengan
penilian Anda terhadap RPP yang ditelaah atau dinilai!
3.
Berikan catatan khusus atau saran perbaikan perencanaan pembelajaran!
4.
Setelah selesai penilaian hitunglah jumlah skor yang diperoleh!
5.
Tentuka nilai menggunakan rumus berikut!
PERINGKAT
|
NILAI
|
Amat
Baik (AB)
|
90
< AB < 100
|
Baik
(B)
|
80
< B < 90
|
Cukup
(C)
|
70
< B < 80
|
Kurang
(K)
|
<
80
|
LK-10
Menyusun
Rencana Tindak Lanjut In-1
NO
|
KEGIATAN
|
TAGIHAN
|
WAKTU
|
PIHAK TERKAIT
|
TOPIK I
|
||||
1.
|
Identitas/analisis
kebutuhan
|
|||
2.
|
Penetapan
tujuan
|
|||
3.
|
Menyusun
jadwal
|
|||
4.
|
Memilih
teknik
|
|||
5.
|
Melilih
instrumen
|
|||
6.
|
Mempersiapkan
laporan dan presentasi
|
|||
TOPIK II
|
||||
TOPIK III
|
||||
TOPIK IV
|
||||
TOPIK V
|
||||
LK – 11
Identifikasi Masalah Hasil Temuan Pembelajaran di Sekolah Saudara
NO
|
ASPEK YANG
DIIDENTIFIKASI
|
MASALAH YANG DITEMUKAN
|
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
|
1.
|
Perangkat
pembelajaran
|
Perangkat
kurang lengkap
|
Pengadaan
perangkat
|
2.
|
Proses
pembelajaran
|
a. Media
pembelajaran tidak lengkap
b. Motivasi
belajar siswa kurang
c. Sarana
pembelajaran kurang; contoh: buku pegangan guru, buku siswa
|
a. Melengkapi
media pembelajaran
b. Pemberian
motivasi belajar
c. Melengkapi
sarana pembelajaran
|
3.
|
Penilaian
pembelajaran
|
Kurangnya
pemahaman tentang cara penilaian
|
Pelatihan
pengolahan nilai
|
Rangkuman analisis hasil identifikasi masalah pembelajaran.
NO
|
KEGIATAN
|
TEMUAN MASALAH
|
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
|
1
|
Pembuatan perangkat pembelajaran
|
a. Perangkat yang dibuat tidak terealisasi
b. Pelaksanaan kurang sesuai perencanaan
c. Waktu tidak sesuai dengan pelaksanaan yang direncanakan
d. Terlalu mengacu pada LKS
e. Mengejar target materi
|
a. Merealiasaikan perangkat yang dibuat
b. Menyesuaikan perencanaan dengan pelaksanaan
d. Penyesuaian waktu
e. Memanfaatkan sumber belajar yang lain
e. Melakukan penyampaian materi secara terstruktur dan sistematis
|
2.
|
Proses pembelajaran
|
a. Media kurang lengkap
b. Minat belajar siswa kurang
c. Buku panduan guru kurang
d. Kemampuan ekonomi siswa yang terbatas sehingga tidak memiliki
sarana belajar yang mendukung, contoh kamus, LKS, dll
|
a. Pengadaan media pembelajaran (in focus, laptop, dll)
b. Pemberian motivasi belajar
c. Pengadaan buku pegangan
d. Bantuan beasiswa dari pemerintah dan atau pihak lain
|
3.
|
Penilaian pembelajaran
|
a. Kurangnya pemahaman tentang cara penilaian
b. Nilai yang diperoleh siswa di bawah KKM
c. Remedial dan pengayaan tidak terlaksana dengan baik
|
a. Pelatihan guru
b. Tambahan materi
c. Dibuat jadwal remedial serentak selepas UTS / UAS
|
LK – 14
Melakukan Supervisi Akademik Proses Pembelajaran Guru di Kelas
NO
|
ASPEK YANG
DIOBSERVASI
|
HASIL
OBSERVASI (CATATAN/TEMUAN/KETERANGAN
|
1.
|
Usaha-usaha dan aktivitas guru-peserta didik dalam proses
pembelajaran
|
|
2.
|
Cara menggunakan media pemebelajaran
|
|
3.
|
Variasi metode pembelajaran
|
|
4.
|
Ketepatan penggunaan media dengan materi
|
|
5.
|
Ketepatan penggunaan metode dengan tujuan pembelajaran
|
|
6.
|
Interaksi para peserta didik dalam proses pembelajaran
|
|
7.
|
Metode/strategi penilaian dan efektivitasnya untuk meningkatkan
proses/mencapai tujuan pembelajaran
|
|
LK-15
Rekapitulasi Hasil Supervisi Akademik
NO
|
NAMA
|
NILAI
|
|
|||
PERANGKAT
PEMBELAJARAN
|
PROSES
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
PEMBELAJARAN
|
SKOR
RATA-
RAYA
|
CATATAN HASIL
TEMUAN
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rentang
penilaian:
91-100 = A
75-90 = B
55-74 = C
<55 = K
|
..................................,.....................................
Kepala
Sekolah,
Sumartono,
S.Pd.
|
LK-17
Analisis Data Supervisi Akademik
No
|
KOMPONEN
PENGAMATAN SUPERVISI AKADEMIK
|
MASALAH YANG
DITEMUKAN
|
FAKTOR
PENYEBAB
|
PRIOROTAS
PERBAIKAN
|
RENCANA/METODE
PEMBERIAN MASUKAN/UMPAN BALIK KEPADA GURU
|
1.
|
Perencanaan pembelajaran
(RPP)
|
|
|
|
|
|
Pelaksanaan
pembelajaran:
A.
Kegiatan
pendahuluan
|
|
|
|
|
|
B.
Kegiatan
inti: eksplorasi
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Elaborasi
|
|
|
|
|
|
Kegiatan inti: Konfirmasi
|
|
|
|
|
|
C.
Kegiatan
Penutup
|
|
|
|
|
|
Penilaian hasil Belajar Siswa
|
|
|
|
|
|
Penilaian Hasil BelajarSiswa
|
|
|
|
|
Contoh Format Supervisi Akademik Beserta LK Lembar Kerja