Lembar Pengamatan Praktik Pembelajaran dan Penilaian
Kelompok
6 (TeksFabel)
PritoWindiarto
SitiMusfiroh
Nova Ropiqoh
Mengamatikelompok 5
LK 6.1
LEMBAR PENGAMATAN PRAKTIK PEMBELAJARAN DAN PENILAIAN
A.
Identitas
Namasesi : PraktikPembelajarandanPenilaianHari, tanggal : ...
Pukul :
09.10
Instruktur :
Pengamat : Instruktur/SesamaPeserta
(coretyangtidakperlu)
B.
Petunjuk
1.
Amatipembelajarandariawalsampaiakhir.
2.
Berilahtanda √ padakolomketerlaksanaansejumlahbutiramatansesuaidenganapa
yang terjadi.
3.
Isilahcatatanseperlunyaterkaitketerlaksanaanbutir-butiryangdiamati.
4.
PadaPenerapanPendekatan/ModelPembelajaran*),HANYA isipadabutir-butirpendekatan/modelpembelajaran yang diterapkan.
C.
LembarObservasi
No
|
Butir-butirAmatan
|
Keterlaksanaan
|
Catatan
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
|||||||
A
|
KegiatanPendahuluan
|
|
|
|
||||
1.
|
Mengondisikansuasanapembelajaranyang menyenangkan.
|
V
|
|
Menegursiswakurang
|
||||
2.
|
Mengecek penguasaankompetensi yang sudahdipelajarisebelumnya.
|
V
|
|
|
||||
3.
|
Menyampaikankompetensi yang akandicapaidanmanfaatnyadalamkehidupansehari-hari.
|
V
|
|
|
||||
4.
|
Menyampaikangarisbesarcakupanmateridankegiatan
yangakandilakukan.
|
V
|
|
|
||||
5.
|
Menyampaikanlingkupdanteknikpenilaianyangakandigunakan.
|
|
V
|
|
||||
6.
|
Mengecek pengetahuan prasyarat
|
V
|
|
|
||||
7.
|
Mengimplementasikan PPK
|
V
|
|
Relijius,
nasionalis
|
||||
8.
|
Mengembangkan kemampuan literasi
|
V
|
|
Kurang –
tayanganfantasi
|
||||
B
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
||||
1
|
PengelolaanPembelajaran
|
|
|
|
||||
|
a.GurumembantuPesertadidik membentukkelompok.
|
V
|
|
|
||||
|
b.GurumembimbingPesertadidikdalamkerjakelompok.
|
V
|
|
|
||||
|
c.Guru menguasaimateripelajaran.
|
V
|
|
|
||||
|
d.Melaksanakanpembelajaran yangmenumbuhkanpartisipasiaktifpesertadidik.
|
V
|
|
|
||||
|
e.Guru
memulaidanmengakhiri prosespembelajarantepatwaktu.
|
|
V
|
|
||||
|
f.GurumembantuPesertadidikmendefinisikandanmengorganisasikantugasyangakandilakukan.
|
V
|
|
|
||||
|
g.Gurumenggunakanbahasayangbaikdanbenar.
|
V
|
|
|
||||
|
h.GurumendorongPesertadidikuntukmemanfaatkansumberbelajar yangada
di sekolahmaupundi luarsekolah.
|
V
|
|
Buku, pf
|
||||
|
i. GurumemanfaatkanteknologidanInformasi.
|
V
|
|
|
||||
|
a. Guru mengimplementasikan
PPK
|
V
|
|
|
||||
|
b. Guru mengembangkan
kemampuan literasi
|
V
|
|
|
||||
2.
|
PenerapanPendekatan/ModelPembelajaran*)
|
|
|
|
||||
|
PendekatanSaintifik
|
|
|
|
||||
|
a.Memfasilitasipesertadidikuntukmengamati.
|
|
|
|
||||
|
b.Memancing/memfasilitasipesertadidikuntukmerumuskanpertanyaan.
|
|
|
|
||||
|
c.Menfasilitasipesertadidikdalammengumpulkaninformasi/mencoba.
|
|
|
|
||||
|
d.Memfasilitasipesertadidikdalammengolah/menganalisisinformasiuntukmembuatkesimpulan.
|
|
|
|
||||
|
e.Menfasilitasidanmenyajikankegiatanbagipesertadidikuntukmengkomunikasikanpengetahuandanketrampilanyang diperolehnya.
|
|
|
|
||||
|
f.Menfasilitasipesertadidikuntukmelakukankegiatanmencipta.
|
|
|
|
||||
|
Genre-based Approach
|
|
|
|
||||
|
a.MelaksanakantahapBuildingKnowledge of the Field(BKoF)
|
|
|
|
||||
|
b.MelaksanakantahapModelling of theTexts
(MoT)
|
|
|
|
||||
|
c.MelaksanakantahapJointConstruction of the Texts(JCoT)
|
|
|
|
||||
|
d.MelaksanakantahapIndependentConstruction of
the Texts (ICoT)
|
|
|
|
||||
|
Discovery/InquiryLearning
|
|
|
|
||||
|
a. Melaksanakan tahap 1 merencanakan pertanyaan
|
|
|
|
||||
|
b.Melaksanakantahap 2.Merencanakan
|
|
|
|
||||
|
c.Melaksanakantahap 3.Mengumpulkandanmenganalisisdata
|
|
|
|
||||
|
d.Melaksanakantahap 4.Menariksimpulan
|
|
|
|
||||
|
b.MelaksanakanLangkah 2
Brainstorming
|
|
|
|
||||
|
c.MelaksanakanLangkah 3PengumpulanInformasidanData
|
|
|
|
||||
|
d.MelaksanakanLangkah 4BerbagiInformasidanBerdiskusiuntukMenemukanSolusiPenyelesaianMasalah
|
|
|
|
||||
|
e.MelaksanakanLangkah 5PresentasiHasilPenyelesaianMasalah
|
|
|
|
||||
|
f.MelaksanakanLangkah 6Refleksi
|
|
|
|
||||
|
Project-based Learning
|
|
|
|
||||
|
a.Melaksanakantahap 1 Penentuanprojek
|
V
|
|
|
||||
|
b.Melaksanakantahap 2 Perancanganlangkah-langkahpenyelesaianprojek
|
V
|
|
Penyampaiankurangjelas–siswaada
yang kebingungan
|
||||
|
c.Melaksanakantahap 3 Penyusunanjadwalpelaksanaanprojek
|
V
|
|
|
||||
|
d.Melaksanakantahap 4 Penyelesaianprojekdenganfasilitasidanmonitoringguru
|
V
|
|
Guru kurangmendekatisiswa
|
||||
|
e.Melaksanakantahap 5 Penyusunanlaporandanpresentasi/publikasihasilprojek
|
V
|
|
Presentasikurang
|
||||
|
f.Melaksanakantahap 6 Evaluasiprosesdanhasilprojek
|
|
V
|
|
||||
|
Problem
Based Learning
|
|
|
|
||||
|
a. Melaksanakan langkah 1.
Klarifikasi permasalahan
|
|
|
|
||||
|
b. Melaksanakan langkah 2.
Brainstorming
|
|
|
|
||||
|
c. Melaksanakan langkah 3 PengumpulanInformasidan Data
d.
|
|
|
|
||||
|
d.
Melaksanakan langkah 4 BerbagiInformasidanBerdiskusiuntukMenemukanSolusiPenyelesaianMasalah
|
|
|
|
||||
|
e. Melaksanakan langkah 5 PresentasiHasilPenyelesaianMasalah
f.
|
|
|
|
||||
|
f. Melaksanakan
langkah 6: Refleksi
|
|
|
|
||||
3.
|
PelaksanaanPenilaian
|
|
|
|
||||
|
a.MelaksanakanPenilaian/
PencatatanPerkembanganSikap
|
V
|
|
|
||||
|
b.MelaksanakanPenilaianPengetahuan
|
V
|
|
Tidakspesifiktiapanak
|
||||
|
c.MelaksanakanPenilaianKetrampilan
|
|
V
|
|
||||
C.
|
KegiatanPenutup
|
|
|
|
||||
1
|
Menfasilitasidanmembimbingpesertadidikuntukmembuatsimpulankegiatanpembelajaran.
|
V
|
|
|
||||
2
|
Melakukanpenilaiandan/ataurefleksiterhadapkegiatanyang sudahdilaksanakansecarakonsistendanterprogram.
|
V
|
|
|
||||
3
|
Memberikanumpanbalikterhadapprosesdanhasilpembelajaran.
|
V
|
|
|
||||
4
|
Merencanakankegiatantindaklanjutdalambentukpembelajaranremedi, programpengayaan, layanankonselingdan/ataumemberikantugasbaiktugasindividualmaupunkelompoksesuaidenganhasilbelajarpesertadidik.
|
V
|
|
|
||||
5
|
Menyampaikanrencanapembelajaranpadapertemuanberikutnya.
|
V
|
|
|
||||
6
|
Mengimplementasikan
PPK
|
V
|
|
|
||||
7
|
Mengimplementasikan
literasi
|
V
|
|
|
||||
..............................................................................
Pengamat,
...............................................................................