13.7.10

Universitas Galuh (sebuah deskripsi singkat)








 Pengantar
Nah, kalau pada postingan sebelumnya penulis menyampaikan sekilas tentang sejarah Universitas Galuh dengan penyampian yang terkesan resmi, pada tulisan kali ini penulis ingin menyampaikan sisi lain Universitas Galuh dengan bahasa yang cair, tidak keberatan bukan ? semoga tidak, mari menyusuri !
 Alasan memilih belajar di Universitas Galuh
1. Letak Strategis
Kampus Universitas Galuh (UNIGAL) berada di jalan R.E. Martadinata No.150, Baregbeg, Ciamis . Orang Ciamis tentu hafal lokasi ini, lokasinya strategis di samping jalan jalur Ciamis – Cirebon, kalau dari Terminal/Pasar bisa juga menumpang angkot 01 dan 02.
Memasuki pintu gerbang disana terpampang jelas pang bertulisan
-Universitas Galuh Ciamis-
-Udkhuluha Bisalamin Aminin- (dengan huruf arab)
Artinya:
“Masuklah kedalamnya dengan aman dan damai”
200 meter kemudian gedung rektorat hijau berdiri megah, bangunan 2 lantai yang menghabiskan dana sekitar 3 miliar, ini seolah menyambut tamu ramah, disebelah kirinya sedang dibangun Gor, selain itu juga tampak pengerjaan gedung Paska Sarjana.
Universitas Galuh terus berbenah, memberikan pelayanan pendidikan bagi masyarakat Tatar Galuh.
Gedung – gedung nan megah lainnya berdiri tegak, gedung FH ,F E,dan ruang kelas lainnya. Tak kalah indah adalah masjid Raudhatul Muttaqin yang berada tepat pinggir jalan.
Nah, mungkin yang agak kurang adalah area parkir yang masih terbatas, terkesan sempit tak cukup menampung kendaraan, juga belum ada tempat parkir khusus, sehingga kadang kendaraan mahasiswa masuk sampai ke depan kelas, suara bising mengganggu konsentrasi, selanjutnya infrastruktur kelas, meja dan kursi yang masih kurang, wc yang kotor dan lain sebagainya. Sebuah pekerjaan rumah yang harus dipikirkan seluruh civitas akademika.
Suasana lingkungan sendiri cukup asri, pohon rindang meneduhkan, namun entah kenapa alang – alang pun tumbuh subur, taman nampak kurang tertata rapi.
Tulisan ini tidak bermaksud menjelekkan atau menyalahkan siapapun, ini PR bersama.
2. Tenaga Pengajar
UNIGAL dibina oleh para guru besar UPI,ITB,UNPAD,STPDN, dan Dosen Kopersis baik lulusan dalam maupan luar negeri dan Dosen staf yayasan.
Kadang – kadang lulusan S1 alumni Galuh yang lulus cum laude juga di perbantukan sebagai asisten dosen dan di dorong untuk melanjutkan ke S2.
3. Fasilitas
Selain gedung belajar, juga tersedia Laboratorium bahasa, Laboratorium biologi, Lab. akuntansi, Lab. fisik, Lab.fisika, Lab. Komputer, Lab. Keperawatan, Lab. Kebidanan, Lab. Pertanian, dan Rumah Kaca yang tidak begitu terurus. Ada pula perpustakaan dan warintek, area hot spot sementara baru bisa diakses disekitar gedung rektorat.

4. Kegiatan Mahasiswa
Anda suka berorganisasi ? atas suka seni musik ?, kiranya bakat dan minat anda bisa tersalurkan, melalui Hima (Himpunan Mahasiswa) , BEM (Badan Eksekutif mahasiswa) , dan Unit Kegiatan Mahasiswa lainnya.
HIMA (Himpunan Mahasiswa) merupakan himpunan para mahasiswa yang aktif berorganisasi di tingkat Program Studi, sementara BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa), atau juga Senat Mahasiswa di tingkat Fakultas dan Universitas.
Unit kegiatan mahasiswa (UKM) sendiri antara lain :
1. UKM Tarung Drajat
2. UKM Teater Tangtu Tilu
3. UKM Gamapala (Pecinta Alam)
4. UKM Hokey
5. UKM Bola Basket
6. UKM Panduan Suara Mahasiswa (Pasma)
7. UKM Seni Musik
8. UKM Resimen Mahasiswa (Menwa)
9. UKM Pramuka
10. UKM Lembaga Dakwah Kampus (LDK)
5. Biaya
Kalau tadi penulis telah menyampaikan fasilitas, Pengajar Dksb, sekarang mungkin ada yang ingin tahu biaya kuliahnya
a) Uang Bangunan Rp. 1.500.000
b) Kemahasiswaan Rp. 100.000
c) Bimbingan Akademik Rp. 225.000
- Induction Cuorse (B. Inggris) Rp. 75.000
- Tes Fisik (Khusus PJKR) Rp. 75.000
d) SPP Per Semester
- Progi ilmu – ilmu Sosial Rp. 750.000
e) Prodi Ilmu Ekstra Rp. 800.000
f) Biaya Per-Sks Rp. 40.000

Keterangan :
Untuk Program Pasca Sarjana dan FIKES diatur sendiri.
6. Lama Pendidikan
 6 Semester (D3)
 8 Semester (S1)
 4 Semester (S2)



 Kesimpulan
Nah, membaca uraian saya diatas semoga anda memiliki sedikit gambaran mengenai Unigal ini dengan kelebihan dan kekurangannya. Anda menilainya baik atau buruk itu hak anda. Bila berkenan silakan langsung menghubungi Kampus Unigal Jln. R.E. Martadinata 150, Ciamis . Telp (0265) 776787, blog : www.unigalciamis.blogspot.com





6 Juli 2010
Mohon maaf apabila ada yang kurang berkenan dalam tulisan ini, komplain di 085223929033
Referensi : Brosur resmi Unigal dan Blognya. foto : detiknews.com dan univgaluh.blogspot.com

di-posting di warnet b'azka 13 Juli 2010
Penulis adalah mahasiswa FKIP unigal Prodi Disestrasia
artikel ini ditulis untuk mengenalkan sekilas sejarah Unigal, semoga bermanfaat sebagai referensi bagi pelajar yang akan menereruskan pendidikan ke perguruan tinggi.
Artiket ini juga diikut sertakan dalam awacis blog competition 2010

1 komentar:

ade mengatakan...

http://klikdisini.com/4u
http://klikdisini.com/ChatingAsyik

Info CPNS PPPK 2019 & Pelajaran Bahasa Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...