tas
Home » » UNIVERSITAS GALUH KAMPUS KEBANGAAN MASYARAKAT PRIANGAN TIMUR

UNIVERSITAS GALUH KAMPUS KEBANGAAN MASYARAKAT PRIANGAN TIMUR

Written By Prito Windiarto on 13 July 2010 | 9:15 PM


 Khazanah lokal
Setiap orang di Priangan Timur khususnya tentu mengenal kerajaan Galuh, kerajaan yang amat besar dan amat terkenal. Nah kerajaan Galuh memang sekarang tinggal sejarah namun nama Galuh akan tetap eksis setidaknya sampai saat ini, tahu kenapa ? ya karena nama Galuh ini kemudian diabadikan (ditasbihkan) menjadi nama Universitas di Ciamis – Universitas Galuh.
Universitas Galuh beranjak perlahan menjadi Universitas unggulan, meneruskan tradisi unggul kerajaan Galuh. Sekarang mari mengenal Universitas ini lebih dekat.

 Sejarah singkat Universitas Galuh**
Ternyata sejarah perjalanan Universitas Galuh sengat panjang dan berliku.
Bermula ketika masyarakat Tatar Galuh begitu mendambakan agar mereka memiliki perguruan tinggi sendiri, oleh karenanya tahun 1969 di Ciamis diselenggarakan Perguruan Tinggi IKIP Bandung kelas jauh, berkampus di jalan Jendral Sudirman. Sayang Perguruan Tinggi itu tak bertahan lama berdasarkan SK Sektor IKIP Bandung sejak1 juli 1975 IKIP Bandung extention Ciamis ditutup.
Penutupan IKIP Bandung Extention itu tak menyulutkan semangat pemuda Ciamis untuk bergerak mewujudkan Perguruan Tinggi (PT) yang memadai. Di motori oleh Mayor R Alibasya (alm), Letkol H.Ibing Kalyubi (alm), Drs. K.H. Djuan Ahmad Asy’ari, Drs. H.Odjo Sudjaja Gazali, Drs. H. Idit Suhendi (alm), Drs. Syafe’i Bastaman beserta kawan lainnya merumuskan untuk mendirikan PT di Ciamis yang di sampaikan pada Musda KNPI Ciamis 1977.
Dengan hasrat semangat yang tinggi akhirnya rencana ini didukung banyak tokoh masyarakat maka di bentuklah Yayasan Pendidikan Galuh , dengan akta Notaris No.44 tanggal 31 Desember 1977 yang diketuai oleh mayor R. Alibasya Yudanegara. Tahun 1978 dipersiapkan IKIP Galuh menerima mahasiswa baru.
Kemudian setelah itu perkembangan Perguruan Tinggi di bawah yayasan pendirian Galuh semkin cepat. Diantaranya dengan berdirinya STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Kependidikan) ,STP (Sekolah Tinggi Pertanian) ,STISIP (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
) ,STIE(Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi), dan STH (Sekolah Tinggi hukum).
Harapan utama masyarakat Tatar Galuh adalah memiliki Univetsitas yang unggul, karenanya untuk mewujudkan harapan itu, YPB kemudian mengeluarkan surat keputusan pembentukan penitia pendirian Universitas Galuh (UNIGAL).
Pada tanggal 8 April 1998 turunlah SK NO 114/SK/Disdik/98 yang menetapkan penggabungan sekolah – sekolah tinggi menjadi fakultas – fakultas di dalam Universitas Galuh dengan penambahan Fakultas Teknik.
Peresmian sendiri diadakan tanggal 10 Mei 1988 oleh mantan Bupati Ciamis sekaligus Gubernur Bidang Kesra H. Dedem Ruchlia.
Akhirnya berkat dukungan dari berbagai lapisan masyarakat dan civites akademika, baik mahasiswa, dosen dan karyawan akhirnya Universitas ini resmi berdiri dan terus berkembang kearah yang lebih baik.

 Fakultas dan Prodi Di Kampus UNIGAL
Universitas Galuh Ciamis kini memiliki 7 Fakultas dan Program Pasca Sarjana, uraiannya sebagai berikut ;
1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
- Program Studi
a) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
b) Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
c) Pendidikan Akuntansi (S1)
d) Pendidikan Sejarah (S1)
e) Pendidikan Biologi (S1)
f) Pendidikan Jasmani Kesehatan Jasmani Rekreasi (PJKR) (S1)

2. Fakultas Hukum
- Program Studi
a) Ilmu Hukum (S1)

3. Fakultas Ekonomi
- Proram Studi
a) Akuntansi (S1)
b) Manajemen (S1)

4. Fakultas Pertanian
- Program Studi
a) Sosial Ekonomi Pertanian (Agrobisnis)

5. Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik (FISIP)
a) Ilmu Administasi Negara (S1)
b) Ilmu Pemerintahan (S1)

6. Fakultas Teknik
a) Teknik Elektro (D3)
b) Teknik Sipil (S1)
c) Teknik Industri (S1)
d) Teknik Mesin (S1)

7. Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES)
- Program Studi
a) Ilmu Keperawatan (S1)
b) Ilmu Kebidanan (D3)

8. Program Paska Sarjana
a) Magister Manajemen (S2) Kosentrasi Manajemen Pemerintahan
b) Magister Manajemen (S2) konsentrasi MSDM
c) Magister Manajemen Pendidikan (S2)

 Menuju Universitas Berkelas
Universitas Galuh sebagai Universitas kebanggaan tatar galuh terus berbenah, menghasilkan output lulusan yang berkualitas, sebagaimana tercantum dalam visinya “ mempertegas kinerja profesionalme kelembagaan dan mutu akademik melalui proses transformasi ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berbasis lingkungan dan masyarakat dalam menekankan asas prakasa, kemitraan, kemanfaatan dan keunggulan”.
Dengan visi itu UNIGAL yang saat ini dipimpin oleh rektor Prof Dr. H Koswara dibantu elemen lainnya terus berbenah menjadikan Universitas Galuh sebagai Universitas unggulan, berkelas dan membanggakan masyarakat Tatar Galuh.





** Data Diolah dari buku panduan bimbingan mahasiswa baru universitas galuh 2009/2010
***foto dari koleksi pribadi dan akses internet www.univgaluh.blogspot.com

di-posting di warnet b'azka 6 Juli 2010
Penulis adalah mahasiswa FKIP unigal Prodi Disestrasia
artikel ini ditulis untuk mengenalkan sekilas sejarah Unigal, semoga bermanfaat sebagai referensi bagi pelajar yang akan menereruskan pendidikan ke perguruan tinggi.
Artiket ini juga diikut sertakan dalam awacis blog competition 2010
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Cari Materi Pelajaran Lain

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger