tas
Home » » Pekan Indonesia Kreatif Diksatrasia Unigal

Pekan Indonesia Kreatif Diksatrasia Unigal

Written By Prito Windiarto on 27 February 2011 | 9:47 PM

Selama tiga hari (20-22/11) auditorium Universitas Galuh Ciamis tampak ramai oleh aktifitas mahasiswa. Mereka antusias mengikuti rangkaian acara Pekan Indonesia Kreatif. Acara yang digelar rutin setiap tahun oleh program studi pendidikan bahasa dan sastra indonesia (Diksatrasia) ini diadakan dalam rangka bulan bahasa.
Menurut ketua pelaksana, Drs. Sri mulyani M.Pd tema yang diusung tahun ini adalah “Bulan bahasa kita jadikan momentum untuk mewujukan program studi yang unggul kreatif”. Sabtu pagi (20/11) acara dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh Rektor Universitas Galuh Prof. Dr. H.S Koswara. Dalam sambutannya beliau menyambut baik terlaksananya acara ini.
Rangkaian acara pertama adalah pendidikan singkat (Diklat) jurnalistik. Tampil sebagai pemateri pertama Redaktur Pelaksana Harian Umum Pikiran Rakyat Drs. Islaminur Pempasa, M.Si. Materi yang beliau sampaikan seputar media jurnalistik. Pembicara kedua Kepala Pusat Data dan Analisis Redaksi Pikiran Rakyat Drs. Tendy K. Somantri. Beliau menyajikan materi tentang bahasa dalam jurnalistik. Diklat yang diikuti lebih dari 500 peserta ini berlansung aktraktif. Para mahasiswa antusias bertanya pada sesi tanya jawab.
Masih di hari yang sama juga berlangsung seminar penelitian bahasa, tampil sebagai pemakalah Prof. DR Suherli Kusmana, M.Pd, Drs S. munir MM dan Drs.R. Hendaryan M.M. Ketiganya merupakan dosen prodi Diksatrasia Unigal. Seminar ini diikuti lebih dari seratus peseta mahasiswa tingkat empat prodi Diksatrasia Unigal.
Hari kedua dan ketiga diisi dengan lomba pentas drama “kreasi untuk kampusku”. 23 tim dilingkungan prodi Diksatrasia Unigal berkompetisi memperebutkan 6 gelar ; penata musik terbaik, tata busana, aktor, aktris, sutradara dan pementasan terbaik. Dewan juri pentas drama adalah Godi Suwarna (budayawan nasional), Yus Rusmana (dosen sastra Diksatrasia) dan Yus Supriatna S.Sn (pegiat teater ciamis).
Selepas pengumuman dan pembagian hadiah untuk pemenang, rangkaian acara ditutup secara resmi oleh Ketua Prodi Diksatrasia Drs. Teti Gumiati M.Pd. Dalam sambuta terakhirnya beliau menegaskan, rangkaian acara Pekan Indonesia Kreatif bulan bahasa akan diadakan rutin setiap tahun. Kita tunggu saja Pekan Indonesia Kreatif tahun depan.

***

Pernah dikirimkan ke redaksi PR, sayang tidak dimuat
Prito Windiarto
Mahasiswa tingkat 2f Diksatrasia, Unigal Ciamis
Bergiat di Komunitas Pena Santri, www.pena-santri.blogspot.com
Email pritowindiarto@gmail.com
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Cari Materi Pelajaran Lain

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger