tas
Home » , , » Inagurasi Berkesan Hati

Inagurasi Berkesan Hati

Written By Prito Windiarto on 20 December 2011 | 8:00 AM







Inagurasi Berkesan di Hati

Linguistika, Ciamis.
Pagi (26/9) lapangan basket FKIP Unigal tampak semarak. Seratusan lebih mahasiswa baru Diksatrasia duduk menyemut mendengarkan arahan pengurus HIMA Diksatrasia. Mahasisiwa baru tersebut adalah peserta Inagurasi Diksatrasia tahun 2011 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Diksatrasia.
Sekitar pukul 10.00. WIB peserta inagurasi diberangkatkan menuju Pangandaran dengan menggunakan 4 bus yang telah disediakan. Perjalanan Ciamis-Pangandaran yang berjarak sekitar 80 Kilometer ini tak terasa membosankan karena selama perjalanan peserta dihibur dengan game juga pembagian doorprise.
Rombongan tiba di Hotel Sinar Rahayu 2 sekitar pukul 13.30. WIB Setibanya di sana mereka dipersilakan beristirahat sembari meyantap makan siang. Adapun upacara pembukaan inagurasi dimulai pukul 15.30. WIB Pada kesempatan itu ketua pelaksana inagurasi, Asep Nurjaman menyampaikan bahwa inagurasi tahun ini mengambil tema “Dengan iangurasi kita jadikan mahasiswa Diksatrasia yang kritis, kreatif dan inovatif”. Ia juga menyampaikan salah satu tujuan Inagurasi adalah untuk mempererat tali silaturahim sesama mahasiswa Diksatrasia. Diharapkan dengan eratnya silaturahim itu mahasiswa mampu bersatu-padu untuk mencapai prestasi dan kejayaan Diksatrasia. Sementara itu, dalam sambutannya, ketua Program Studi (Prodi) Diksatrasia, Ibu Teti Gumiati, Dra, M.Pd. menyambut baik terlaksananya kegiatan inagurasi. Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong kreatifitas mahasiswa sehingga Visi Prodi Diksatrasia menjadi prodi yang unggul, terpercaya, professional di bidang bahasa dan sastra Indonesia di wilayah Priangan dapat tercapai.
Selepas upcara pembukaan acara dilanjutkan dengan Bincang Bareng Ketua Prodi. Pada kesempatan ini beliau menegaskan perihal visi dan misi prodi Diksatrasia. Acara semakin semarak dengan dibukanya sesi tanya-jawab, para mahasiswa antusias bertanya perihal pelbagai hal kepada ketua Prodi. Acara bincang bareng ini berakhir sekitar pukul 17.00. WIB Setelahnya acara dilanjutkan dengan perkenalan pengurus HIMA Diksatrasia. Para peserta diperkenalkan jajaran HIMA mulai dari ketua hingga anggota masing-masing departemen.
Sekitar pukul 19.30 WIB kegiatan inagurasi diisi dengan siraman rohani bersama Bapak Ending Jahrudin, Drs. M.Pd. Beliau membawakan tema “sex before married”. Acara berlangsung meriah diselingi gelak tawa, beliau mampu menyampaikan siraman rohani secara aktraktif, sehingga peserta tampak antusias.
Kegaitan inagurasi semakin semarak dengan penampilan Drama dari pengurus HIMA. Pentas Drama berjudul “Tanahku Surgaku” ini berhasil memukau penonton. Mereka menyaksikan pertunjukan dengan penuh perhatian.
Acara setelahnya juga tak kalah meriah yaitu pemilihan surat cinta terbaik, dua orang penulis surat terbaik diminta maju untuk membacakan suratnya. Disertai celotehan peserta inagurasi mereka berdua membaca surat dengan takjim. Panitia memilih juara 1 yang berhak mendapatkan doorprise berupa handphone.
Acara malam itu ditutup dengan hiburan. Perwakilan peserta diminta menyanyikan beberapa nomer lagu. Peserta lainya asyik berjoget. Suasana semakin meriah manakala dosen Prodi Diksatrasia, Bapak Hendaryan, Drs. M.M. tampil diatas tanggung. Tak kalah meriah ketika Pembantu Dekan III Bapak Awang Kustiawan, Drs, M.Pd. membawakan beberapa nomer lagu.

Perjalanan malam
Udara malam yang dingin tak menyurutkan semangat para peserta guna mengikuti perjalanan malam. Mereka dibangunkan panitia sekitar pukul 02.30. WIB Perjalanan malam ini unik karena semua mata peserta ditutup dengan kain, berjalan bergeromol dituntun panitia. Di perjalanan mereka diharuskan menjawab berbagai pertanyaan di pos-pos yang telah ditentukan. Perjalanan malam berakhir menjelang shalat shubuh.
Pagi hari diisi dengan senam pagi kemudian observasi bahasa dan wisata. Para peserta tampak gembira. Sebagian berkerumun di pasar wisata untuk membeli oleh-oleh sebagian lainnya bergeromol berfose berlatar laut lepas.
Pukul 11.00 peserta berkemas. Sebelum pemberangkatan pulang dilangsungkan upacara penutupan. Pada kesempatan itu Pembantu Dekan III FKIP Bapak Awang Kustiawan, Drs, M.M.s bersyukur semua kegiatan dapat berjalan lancar. Beliau berharap peserta beroleh manfaat dari kegiatan inagurasi ini. Sebelum pulang peserta dan panitia saling bersalaman meminta maaf jika ada hal yang mengganjal selama pelaksanaan inagurasi. Wajah mereka tmapak lelah namum sejatinya mereka merasakan kebahagiaan, sebuah penggalan kehidupan yang akan menjadi kenangan mengesankan. Karena inagurasi begitu berkesan di hati.
Sampai jumpa di kegiatan ingurasi tahun depan.
Linguistika (pritowindiarto.blogspot.com)
***

Di Balik Layar Inagurasi

Suksesnya inagurasi tahun ini tak terlepas dari kerjasama apik berbagai pihak, juga kerjakeras panitia itu sendiri. Pada kesempatan ini redaksi kami Prito Windiarto berhasil mewawancararai ketua panitia ingaurasi Asep Nurjaman sebgai perwakilan panitia secara keseluruhan. Berikut petikan wawancara tersebut.

Kesan menjadi ketua pelaksana?
Kegiatan tersebut cukup memuaskan ya. Bagi seorang ketua mengatur dalam kepemimpinan itu lumayan sulit. Alhamdulillah, acara tersebut meskipun ada sedikit kesalahan, teknis atau apapun, tapi menurut saya sendiri itu sangat memuaskan dan sangat berjalan lancar.

Manfaat kegiatan tersebut bagi Anda pribadi?
Menjadikan suatu dorongan bagi saya untuk ke depannya meningkatkan dalam hal kepemimpinan dan kepribadian. Khususnya saya sebagai seorang laki-laki untuk menjadi pemimpin yang baik dan dipercaya.

Kendala yang dihadapi selama menjadi ketua pelaksana?
Tentang kendala, tiap organisasi pasti ada kendala. Pada inagurasi ini kendalanya, kurangnya koordinasi antara senior dan junior dalam melancarkan acara ini. Juga kurangnya konsultasi kita dengan dosan.

Perbaikan ke depan?
Ke depan. Masukannya sebelum mengambil keputusan sebaiknya konsultasi dengan dosen. Karena bisa jadi ada perbedaan pendapat. Ke depan, pokoknya harus sering konsultasi.

Pesan atau ucapan terakhir?
Pesan untuk pembaca linguistika, Untuk jaga silaturahmi dan kekompakan kalian, khususnya dalam prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.


Profil Ketua Pelaksana Inagurasi
Nama : Asep Nurjaman
Kelas : 2 A Diksatrasia
TTl : Tasikmalaya, 20 Juli 1991
Amanah organisasi : Ketua Dinas Keagamaan Hima Diksatrasia
Divisi Kaderisasi LDK RM


Komentar Peserta Inagurasi.
Inagurasi sejatinya adalah ajang silaturahim bagi para peserta. Seperti berita linguistika “Inagurasi berkesan di hati”, benarkah inagurasi memberikan kesan mendalam bagi peserta. Nah. Pada kesempatan ini kami akan mencoba menanyakan hal tersebut kepada para peserta.

1. Muntasir kelas 1 B:
Kesan : Puyeng waktu ditutup mata, terus disuruh jalan lumayan jauh. Yang paling menyebalkan dibangunkan ketika sedang tudur lelap. Inagurasi sendiri menurut saya positif. Saya jadi lebih dekat dan mengenal teman-teman lain kelas.
Pesan : Jangan kapok ya! Tetap semangat dan optimis dalam menjalankan kegiatan, silaturahminya lebih dieratkan lagi.



Inagurasi Berkesan Hati


Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Cari Materi Pelajaran Lain

Terpopuler

Langganan Youtube

Powered by Blogger.
 
Support : Designer | Organized | Chanel
Copyright © 2013. Pelajaran Bahasa Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger