11.1.19

CPNS Challenge : Bahagianya Ibu Rumah Tangga yang Lolos CPNS

CPNS Challenge: Bahagianya Ibu Rumah Tangga yang Lolos CPNS

Oleh : Elia Susanti
CPNS CHALLENGE 2018

Kisahku dimulai saat ini.
Ketika aku dinyatakan lulus cpns 2018.

Bukan untuk menyombongkan diri tetapi ini wujud kebahagiaan yang tak terhingga...

Alhamdulillah.

Wujud rasa syukur atas anugrah terindah dari Allah SWT...

Aku...
Tak lain hanya seorang ibu rumah tangga yang bermimpi menjadi orang sukses.


Ini bukan yang pertama...

Setidaknya aku sudah 2 kali mengalami kegagalan...

Tahun 2010 waktu pertama kali aku ikut CPNS... Cpns di kab T****s yang kupilih

Dulu sistem tes tak begini transparan. Tesnya pun masih lewat selembar kertas.

Ikut tes hanya adu peruntungan atau adu
kekayaan...

Maaf bukan brmaksud untuk menebar hoax...

Tapi itulah yang tersebar di masyarakat...
Yang berduit itu yang beruntung.

 Dan aku termasuk pada orang-orang yang kurang beruntung...
Mendapat hasil gagal karena tak berduit... Hiks


Tahun 2015 kali kedua aku ikut tes cpns... Niat masih ingin ikut cpnsd t***s sebenarnya...

Namun, kala itu begitu banyak desakan orang sekitar yang terus saja menyulut hati ibuku untuk memaksaku daftar sesegera mungkin...
Akhirnyam membuatku salah dalam memilih...

Aku mendaftar di ke***d... Karena cpnsd memang belum pembukaan lowongan...

Yah bgitulah orang-orang sekitar selalu membuat ibuku tertekan dengan tudingan mereka...

Ini tudiangn mereka: Ya aku yang seorang sarjana hanya jadi ibu rumah tangga lah...
 Aku anak seorang guru malah hanya di rumah saja lah... mau jadi pns kok enggak honor...
Sudah sarjana kok gaj kerja...


Hhhh tidak bisakah mreka menghargai perasaan orang lain...

 Itu membuatku terpasung dalam dilema...

Akhirnya tahun itu aku ikut tes ke****d... Dengan formasi daerah kalimantan...

 Inipun akhirnya jadi dilema kalau benar-benar di erima apakah sanggup meninggalkan ayah dan ibu...
Karena saya adalah anak semata wayangnya...

Namun akhirnya nekat dengan niat dijalani saja dulu... Sistem tesnya pertama kali menggunakan sistem CAT Alhamdulillah aku termasuk yang lulus passing grade..  Setelah lulus OG, Tahap ke2 yaitu pemberkasan...

Semua berkas sudah siap dan dikirimkan... Namun sayang ternyata aku gagal di pemberkasan. Hiks...
Mungkin memang belum rejeki tahn itu...


Tahun 2018... Berita pembukaan Cpns ini sudah tersebar di awal tahun...
Sudah kuniatkan untuk ikut...

 Dan ibu sangat mendukung aku untuk ikuut...

Namun, sampai di bulan April kenyataan pahit menerpaku.. Ibuku meninggal dunia...

Ya hatiku hancur kala itu..  Ia meninggalkan harapan yang besar untuk kubisa menjadi pns...

Sejak itu kuputuskan PNS adalah cita-citaku..

Tahun 2018 aku mendaftar formasi guru smp di kabupatrn Ta****s...
Dari awal pengumuman sudah kumulai dengn giat belajar, ikut grup-grup wa cpns, belajar bersama orang-orang yang punya keinginan dan tekad yang sama...

Download aplikasi soal-soal cpns... Dan tak lupa berdoa, lebih mendekatkan diri pada sang khaliq...
 Menerapkan sunnah...

Sholat malam jadi saat-saat terindahku mencurahkan doa dan permohonan...

Dan seleksi administrasi alhmdllah lulus. .. Lanjut ke tes skd...

Alhamdulillah nilaiku  mencapai passing grade... Dan satu-satunyanya yang lanjut ke tes selanjutnya...

 Ini adalah anugrah yang tak ternilai...


Tes skb aku tak lagi mempunyai lawan di formasiku dan tak ada batasan nilai pada tes ini dan akhirnya pagi hari tgl 1 januari...

Pengumuman ... Alhamdulillah aku lulus... Semua rasa sakit itu terbayar indah...

 Tak ada yg tak mungkin atas kun fayakun-Nya...

Subhanallah

Alhamdulillah

Allahu akbar

Semga lancar hingga benar-benar mndapat NIP...

Benar-benar mewujudkan harapan terakhir ibuku... 😭😭😭😭

#CPNSCHALLENGE
Terima kasih untuk pemerintah, penyelenggara, yang telah memberi kesempatan pada kami yang hanya bermodalkan kemampuan dan kepasrahan pada sang khaliq untuk menjadi cpns dan abdi negara...

Wabilkhusus untuk @bkn.id

Demikian kisah haru biru ibu rumah tangga yang lolos CPNS

Info CPNS PPPK 2019 & Pelajaran Bahasa Indonesia

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...